Jumat, 3 November 2017

Tambah Wawasan Ilmu Sejarah Depsos DEMA Adakan Bedah Buku

IMG-20171103-WA0009

Bedah buku dirangkaikan dengan donor darah

stiba.ac.id – Departemen Sosial Dewan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (Depsos DEMA STIBA) Makassar pada Sabtu (28/10) mengadakan bedah buku “Napak Tilas Kejayan Islam Abad Pertengahan” dengan mengundang penulis buku Ustadz Mahardi Purnama M.Hum. sebagai pembedah.

Acara yang diadakan di Masjid Anas bin Malik ini diikuti oleh mahasiswa STIBA Makasar dan masyarakat luar yang antusias ingin mendengar bagaimana sejarah kegemilangan Islam di abad pertengahan itu. Sebagaimana kata Ustadz Mahardi, “Sejarah banyak dipelesetkan oleh para orientalis sehingga kejayaan Islam di abad pertengahan tidak terlihat. Maka, napak tilas sejarah Islam sangat penting. Pada abad pertengahan Islam mencapai puncak kejayaannya dengan peradaban ilmunya di mana perpustakaan-perpustakaan besar banyak tersebar dan lahirnya ilmuwan-ilmuwan muslim seperti Ibnu Sina, al-Khawarizmi, dan lain-lain.”

Setelah kegiatan bedah buku selesai acara dilanjutkan dengan donor darah  yang diikuti Mahasiswa STIBA 176 orang dan masyarakat umum enam orang. Depsos STIBA Makassar dalam rangka menyukseskan acara ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Peserta yang mengikuti donor darah diberi bingkisan sebagai balas jasa karena telah menyisihkan sedikit darah yang dimiliki untuk sesama yang membutuhkan.

Menurut Ketua Depsos DEMA STIBA Makassar, tujuan diadakannya kegiatan bedah buku tersebut adalah untuk menambah wawasan ilmu sejarah dan sarana untuk lebih mengenal hakikat sejarah yang banyak disimpangkan oleh para orientalis. Sedangkan donor darah adalah bentuk amal jariyah dan solidaritas atau kepedulian terhadap sesama. Selain itu, mendonorkan darah juga bermanfaat untuk kesehatan pendonor.

(Wahyudin-Pers DEMA STIBA)