Senin, 13 November 2017

Selesaikan Shahih Bukhari, Kajian Hadis Kini Bahas Shahih Muslim

WhatsApp Image 2017-11-12 at 06.04.11(1)

stiba.ac.id – Dirasah Ta’shiliyah Hadits merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler di STIBA Makassar yang dikemas dalam bentuk kajian rutin di masjid kampus dan harus diikuti oleh setiap mahasiswa. Kendati demikian, taklim pekanan ini juga terbuka untuk umum.

Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D., selama 19 tahun mengampu dirasah ta’shiliyah ini dengan membahas bab-bab tertentu dari kitab Shahih Bukhari. Di antara bab yang telah diselesaikan pembahasannya oleh Ustadz Yusran adalah Kitab al-‘Ilm, Kitab ash-Shaum, Kitab al-Adab, Kitab al-Isti’dzan, dan Kitab al-I’tisham.

“Walaupun kita tidak membahas semua kitab yang ada dalam Shahih Bukhari, namun mudah-mudahan apa yang telah kita bahas bisa mewakili kitab-kitab lainnya yang sangat penting dalam Shahih Bukhari,” ujar Ustadz Yusran.

Menurut ketua STIBA Makassar ini, paling tidak setelah mengikuti pembahasan Shahih Bukhari ini para mahasiswa telah memiliki gambaran bagaimana ketelitian Imam Bukhari dalam menyeleksi dan menempatkan hadis, demikian pula penjudulan setiap bab serta pelajaran-pelajaran berharga dari kitab paling shahih setelah Kitabullah ini.

Setelah belasan tahun disuguhi pembahasan beberapa bab dalam kitab Shahih Bukhari, mahasiswa STIBA Makassar kembali akan memperdalam khazanah keilmuan mereka khususnya dalam bidang hadits dengan pembahasan kitab Shahih Muslim.