Rabu, 15 November 2017

Persiapkan Dai Mumpuni, STIBA Makassar Adakan Daurah Hisbah

ihtisab

stiba.ac.id, Makassar – Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar mengadakan Daurah Hisbah (Pelatihan Amar Ma’ruf Nahi Munkar) Kaidah dan Keahlian di lantai dua Masjid Anas bin Malik untuk mahasiswa dan di Aula Gedung Aisyah khusus mahasiswi pada Sabtu-Ahad, 22-23 Shafar 1439 H (11-12/11/2017 M).

Pembukaan daurah dilaksanakan pada hari Sabtu (11/11/2017) yang dibuka langsung oleh Ketua STIBA Makassar, Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. Ketua STIBA dalam pembukaan daurah hisbah mengingatkan mahasiswa dan mahasiswi akan pentingnya mengikuti pelatihan semacam ini karena para peserta akan dibekali fiqh beramar makruf nahi munkar.

Daurah hisbah ini dihadiri oleh 331 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi Prodi Perbandingan Madzhab (PM) semester tujuh program Pengaderan Ulama (PKU) semester 1-3.

Kegiatan ini dilaksanakan secara live streaming dari Riyadh, dengan narasumber Syaikh Dr. Abdullah bin Abdurrahman Al-Wathban, Ketua Markaz al-Muhtasab Saudi Arabia.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali mahasiswa dan mahasiswi semester akhir tentang fiqh amar makruf nahi munkar. Fikih ini sangat penting untuk dipahami mengingat tak lama lagi mereka akan meninggalkan kampus menuju medan dakwah.

Secara umum materi yang disampaikan oleh Syaikh menjelaskan tentang fikih ihtisab mulai dari definisi ihtisab, pilar-pilar dakwah, pentingnya ihtisab, dan bahaya meninggalkan ihtisab. Syaikh juga menguraikan bekal-bekal apa saja yang penting dipersiapkan oleh seorang dai sebelum beramar makruf nahi mungkar di tengah masyarakat nantinya.

Daurah yang diadakan di STIBA Makassar ini terlaksana atas kerja sama STIBA Makassar dengan Yayasan Nasihat dan Taujih serta Markaz al Mohtasab di Riyadh, Kerajaan Saudi Arabiyah (KSA) (Isra Syarif_Infokom Dema STIBA Makassar)

ihtisab2