Selasa, 26 Desember 2017

Wakor I Kopertais Bawakan Orasi di Wisuda I STIBA

sab

Prof. Dr. H. Sabaruddin Garancang, M.A yang merupakan Wakil Koordinator Kopertais Wilayah VIII menyampaikan sambutan dan orasi di acara Wisuda I STIBA Makassar. Prof. Sabaruddin mewakili Ketua Kopertais Wil. VIII Prof. Dr. H. Musafir Pababbari, M.Si. yang berhalangan hadir karena telah memiliki agenda di tempat lain.

Pada sambutannya, Prof. Sabaruddin menyampaikan bahwa ketika suatu daerah ingin maju maka  bangunlah institusi pendidikan semisal perguruan tinggi di daerah tersebut. Ia kemudian menyebutkan beberapa contoh, di antaranya Kampus II UIN yang terletak di daerah Samata dan STIBA Makassar di Manggala.

Apresiasi kepada STIBA Makassar juga disampaikan oleh Wakor Kopertais ini. Pasalnya, mahasiswa STIBA berasal dari Sumatra hingga Papua. “STIBA Makassar telah menasional,” tuturnya.

Berbeda dengan perguruan-perguruan tinggi agama Islam lainnya di Sulawesi yang daerah asal mahasiswanya hanya sekitar Sulawesi atau dari Indonesia Timur.

Sementara dalam orasi tertulisnya, Prof. Sabaruddin menyoroti zona perdagangan bebas terbesar di dunia yaitu MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Menurutnya MEA yang mulai berlaku aktif awal 2016 lalu akan menyebabkan produk-produk maupun tenaga kerja asal negara-negara ASEAN lainnya akan membanjiri Indonesia. Ketika produk dan SDM Indonesia tidak mampu bersaing, maka akan terjadi banyak pengangguran.

Karena itu,  para guru maupun dosen dituntut untuk lebih meningkatkan profesionalismenya agar dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan siap bersaing.

sab1