Kamis, 4 Januari 2018

STIBA Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Unhas

111

(stiba.ac.id) Makassar – Kuliah Perdana Semester Genap TA. 1438-1439 H/2017-2018 M yang diadakan baru-baru ini menghadirkan dua tokoh akademisi sebagai narasumber. Pembantu Rektor IV Universitas Hasanuddin Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerja Sama Prof. dr. Budu, Sp.M(K), M.Med.Ed., Ph.D. sebagai pemateri pertama dan Ketua Jurusan Ilmu Politik UIN Alaudin Makassar Dr. Syarifuddin Jurdi, M.Si sebagai pemateri kedua.

Walaupun basis keilmuan kedua narasumber ini tidak secara langsung berkaitan dengan ilmu-ilmu syar’i seperti yang dipelajari di STIBA, tapi menurut Ketua STIBA Makassar Ustadz Muhammad Yusran Anshar saat memberikan sambutannya,  sebagai seorang dai perlu untuk terus menambah wawasan. “Ambil manfaat dari berbagai kalangan, karena alhikmah dhallatul mu’min, hikmah adalah barang berharga kaum Mukmin yang hilang. Di mana saja ia menemukannya, ia lebih berhak terhadapnya,” ujar Ustadz Yusran.

Ketua STIBA Makassar juga menyebutkan kemungkinan adanya peluang untuk diadakannya kerja sama dalam bidang-bidang tertentu antara STIBA Makassar dengan Universitas Hasanuddin.

Sementara Ustadz Syaibani Mujiono, salah seorang alumni STIBA Makassar yang saat ini mengemban amanah sebagai Sekretaris Jendral DPP Wahdah Islamiyah mengisahkan pengalaman suka dukanya saat menuntut ilmu di STIBA Makassar.

Ia kemudian menjabarkan bagaimana peran strategis STIBA Makassar dalam pencapaian visi dan misi Wahdah Islamiyah tahun 2030, di mana 80% kabupaten kota di seluruh Indonesia telah berdiri cabang WI. Salah satu indikator pencapaiannya, menurut praktisi thibbun nabawi ini adalah adanya empat orang alumni STIBA atau lembaga pendidikan lain setingkat STIBA di DPD-DPD tersebut.

“Maka sebagai mahasiswa STIBA, jangan khawatir soal pekerjaan dan lahan dakwah. Banyak lahan dakwah yang telah disiapkan. Dan ini menjadi amanah yang besar bagi para dosen dan pengelola untuk mewujudkan cita-cita tersebut,” tuturnya.

Kuliah Perdana semester ini kembali diadakan di Masjid Anas bin Malik, pada Senin (1/1/2018).

112