Senin, 5 Februari 2018

Bekali Mahasiswa  Jiwa Entrepreneurship, UKM STIBA Makassar Adakan Diklat Wirausaha

WhatsApp Image 2018-02-03 at 13.52.45

(stiba.ac.id) Makassar – Unit Kegiatan Mahasiswa Sekolah tinggi ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar adakan Diklat Wirausaha di ruang rapat STIBA Makassar, Sabtu, 15 Jumadal Ula 1439 (3 Februari 2018).

Kegiatan dibuka dengan sambutan ketua IKatan Pengusaha Wahdah Islamiyah (IPWI) Bapak Saiful Parewangi. Dilanjutkan narasumber selanjutnya Ustadz Akhyar Amnur. Ia membawakan materi “Selayang Pandang Ikatan Pengusaha Wahdah Islamiyah”. Dan ditutup oleh Ustadz Ariesman dengan materi “Budi Daya Jamur Tiram” sebagai narasumber terakhir.

Diklat wirausaha ini diadakan dalam rangka membekali mahasiswa pengetahuan tentang kewirausahaan sehingga kelak dapat bermanfaat saat menapaki jalan dakwah. Setali tiga uang dengan tujuan ini, Ustadz Ariesman juga mengatakan, ”Dengan Diklat Wirausaha ini diharapkan mahasiswa STIBA tidak hanya berkhidmat untuk umat dengan dakwah, namun bisa memenuhi kebutuhan finansialnya dengan meniti karir di bidang wirausaha, ” ujarnya pada pengantar materi.

Sebelum memasuki inti pembahasan, Ariesman mengawali materi dengan memperkenalkan keluarga nabi dan rasul yang tugas pokoknya sebagai dai dan juga bergelut di bidang wirausaha dengan keahlian masing-masing. Ia juga menyertakan beberapa dalil dari Al-Qur’an dan Assunnah sebagai fakta ilmiah dari kisah tersebut.

Ustadz Ariesman memberikan tips-tips jalan sukses wirausaha di antaranya:

  1. Niat semata-mata mengharapkan Ridha Allah.
  2. Jujur

‎أَوْفُوا الْكَيْلَ وَلَا تَكُونُوا مِنَ الْمُخْسِرِينَ (181) وَزِنُوا بِالْقِسْطَاسِ الْمُسْتَقِيمِ (182) وَلَا تَبْخَسُوا النَّاسَ أَشْيَاءَهُمْ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ (183) وَاتَّقُوا الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالْجِبِلَّةَ الْأَوَّلِينَ (184)

“Sempurnakanlah takaran dan janganlah kalian termasuk orang-orang yang merugikan; dan timbanglah dengan timbangan yang lurus. Dan janganlah kalian merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kalian merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan; dan bertakwalah kepada Allah yang telah menciptakan kalian dan umat-umat yang dahulu.” (QS. Assyuaro: 181-183).

“Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.” (QS. Arrahman: 9).

“Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil.” (QS. Al-An’am: 152).

  1. Menjual barang berkualitas.
  2. Mengambil keuntungan sewajarnya.
  3. Disiplin.
  4. Profesional.
  5. Tidak mudah putus asa.
  6. 3S = sapa, senyum, salam dan bersikap ramah.
  7. Kesenangan atau pembawaan hobi.

Kegiatan berlangsung dari pukul 08:00 pagi dan berakhir pada pukul 12:15. Di akhir kegiatan Ustadz Ariesman menampilkan beberapa kisah inspiratif dalam meniti karir di bidang wirausaha khususnya budidaya jamur tiram. (Muh. Syafaat_UKM Pers)

WhatsApp Image 2018-02-03 at 13.53.05