: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Mapala STIBA Bekali Anggotanya Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar

bhd

Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) STIBA Makassar mengadakan pelatihan dengan  tema “Bantuan Hidup Dasar”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh divisi SAR Mapala STIBA Makassar. Kegiatan ini diadakan pada Sabtu malam, (10/2/2018) di Sekretariat Mapala.

Kegiatan ini dimulai dengan sepatah kata dari ketua Mapala STIBA yaitu Muh. Ilham bin Darman. Ia menuturkan bahwasanya Mapala STIBA Makassar adalah UKM yang selalu siap terjun ke lapangan apabila dibutuhkan, baik kegiatan yang bersangkutan dengan Mapala ataupun kerja-kerja keumatan  yang lainnya.  “Kami adalah UKM serbaguna,” ungkapnya.

Kegiatan ini diisi oleh Andi Irwanto, A.M.K., S.Pd.I.  yang merupakan salah seorang petugas kesehatan Rumah Sakit Wahidin Kota Makassar. Dalam pemaparannya Andi Irwanto mengatakan, di antara pentingnya mempelajari teknik pertolongan pertama pada orang yang terkena penyakit jantung atau jantungnya tiba-tiba berhenti berdetak adalah seorang bisa sigap melakukan penyelamatan pada penderita yaitu dengan cara memompa jantung korban. Karena apabila otak dan jantung tidak memperoleh oksigen selama 3-8 menit maka ini akan berakibat fatal (kematian).

Selanjutnya, ia memaparkan bahwa penyebab banyaknya korban yang tidak tertolong diakibatkan terlambatnya bantuan dari pihak kesehatan. Maka dari itulah pengetahuan tentang BHD (Bantuan Hidup Dasar) begitu penting untuk diketahui.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Mapala STIBA Makassar sebanyak 28 orang dengan tujuan meningkatkan skill dan pengetahuan anggota Mapala STIBA Makassar. (Ilham Al Makassari).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *