: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Kerja Sama dengan UNICEF, STIBA Adakan Penyuluhan tentang Campak dan Rubella

WhatsApp Image 2018-03-08 at 13.08.06

(stiba.ac.id) Makassar – STIBA Makassar bekerjasama dengan UNICEF, Pemkot Makassar, dan Pemprov Sulsel mengadakan kegiatan sosialisasi campak dan rubella. Kegiatan yang diikuti seluruh Mahasiswa STIBA ini berlangsung di Aula Gedung Aisyah STIBA Makassar, Kamis (8/3/2018).

Ibrahim Rauf Mande, S.K.M., Ns. selaku kepala klinik STIBA Makassar mengungkapkan bahwa STIBA sebagai Kampus berbasis pesantren dan diasramakan berdampak pada munculnya kasus-kasus penyakit baik yang menular maupun tidak. Ia melanjutkan bahwa sebanyak 20 Mahasiswa sudah terkena cacar, dan kasus terbaru penyakit sarampa yang menjangkiti tiga orang mahasiswa.

Agussalim Makka selaku pemateri dalam kegiatan ini memaparkan bahwa salah satu usaha untuk mencegah penyakit yaitu imunisasi. Menurutnya, beberap penyakit bisa dicegah dengan imunisasi seperti campak, hepatitis B dan malaria.

“Sebagai mahasiswa STIBA yang tinggal bersama dalam satu asrama,” lanjutnya, “tentunya penularan penyakit-penyakit ini lebih mudah karena melalui virus.”

Ia menambahkan, imunisasi mencegah kematian 2-3 juta bayi setiap tahunnya di seluruh dunia. Selain juga karena terjangkau oleh semua kalangan karena tidak berbayar.

Indonesia termasuk negara yang terbanyak terjangkit campak dan rubella. Cara untuk mencegahnya adalah imunisasi MR. Bahkan, Agussalim mengutip ayat  dalam surat An-Nisa, “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (QS. An-Nisa: 9).

“Wahdah Islamiyah sendiri mendukung Kampanya Imunisasi MR ini,” tutupnya.

Sosialisasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa. (Muh. Ihsan Dahri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *