: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

STIBA Makassar Adakan Rihlah Tarbawiyah

(stiba.ac.id) Makassar – STIBA Makassar kembali mengadakan Rihlah Tarbawiyah yang diikuti oleh para Mahasiswa dan Dosen. Kegiatan akbar yang terakhir kali diadakan dua tahun lalu ini berlokasi di Lembanna, Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada Sabtu-Ahad (14-15 April 2018).

Ketua SC kepanitiaan Ustaz Syandri Sya’ban mengungkapkan persiapan dari kegiatan ini cukup minim, karena adanya perubahan agenda kegiatan UKM. Meskipun begitu, tambah beliau, kegiatan ini terbilang sukses dan berjalan lancar.

Ustaz Muhammad Yusran Anshar selaku Ketua STIBA menyampaikan taujihat setelah Shalat Subuh sebelum pemberangkatan. Beliau menyampaikan bahwa rihlah ini merupakan bagian dari kebersamaan kita dalam ketaatan, dalam ukhuwah islamiyah imaniyah dalam rangka perjuangan meninggikan agama Allah Subhanahu wata’ala.

“Ini amrun jami’, maka tidak pantas untuk ada diantara kita yang mau takhalluf dari kegiatan ini,” tegasnya.

Ustadz Yusran menambahkan bahwa risalah Islam adalah risalah yang universal, relevan di semua waktu dan tempat, sunnah Nabi juga begitu lengkap dan tidak menyisakan sesuatu kecuali sudah jelas sunnahnya. Maka lanjut beliau, dalam kondisi safar seperti ini kesempatan mengamalkan sunnah yang belum sempat kita praktikkan sebelumnya, seperti bertakbir ketika jalan mendaki dan bertasbih ketika jalan menurun, sunnah shalat menggunakan sandal, dan lainnya.

Harapannya agar meskipun dengan padatnya kegiatan kemahasiswaan,  tidak membuat ikhwan lalai dan melupakan agenda yang lebih utama yaitu belajar di kelas dan halaqah tarbiyah. Beliau juga mengingatkan akan dekatnya ujian akhir dan bulan Ramadan serta pentingnya bersiap menghadapi dua agenda besar ini. Tak lupa yang utama tentu saja persiapan dalam menghadapi kematian, yang bisa datang kapan dan di mana saja.

Sementara Kabag UKM Ustaz Ahmad Syaripudin menyampaikan nasihat pada malam hari setelah shalat Maghrib Isya. Dalam nasihatnya ia berpesan untuk menjaga alam sekitar agar kita mencintai alam dan alam pun mencintai kita. Selain itu beliau mengagendakan kunjungan ke perkemahan yang ada di sekitar selain dalam rangka dakwah juga mengenalkan STIBA kepada masyarakat.

Kegiatan ini berakhir pada Ahad sore dengan pembagian hadiah dan penyampaian pesan dan kesan dari peserta. Muh Ridwan mahasiswa semester 8 menyampaikan pesan dan kesan bahwasanya rihlah ini seharusnya mempererat ukhuwah kita, dan itu dimulai dengan mengenal satu sama lain. Selain itu dia berharap agar ke depannya kegiatan rihlah seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. (Muhammad Ihsan Dahri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image