: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Buka Daurah Orientasi, Ketua STIBA Ucapkan Selamat kepada Mahasiswa Baru

(stiba.ac.id) Makassar – Sebanyak 500 mahasiswa baru STIBA Makassar yang terdiri dari  320 mahasiswa dan 180 mahasiswi mengikuti Daurah Orientasi. Daurah yang berlangsung di Masjid Anas bin Malik ini dimulai Senin, 30 Juli 2018 dan akan berlangsung hingga hari Jumat, 4 Agustus 2018.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Imran Yunus, Lc. menjelaskan bahwa dari ratusan camaba yang mendaftar lewat situs pmb.stiba.ac.id, mereka terseleksi melalui seleksi berkas, tes tulis, wawancara, dan tes kesehatan. 

“Bahkan Daurah Orientasi dan proses pembelajaran di kelas merupakan bentuk seleksi siapa yang bersungguh-sungguh hingga akhir perjalanan sebagai mahasiswa STIBA,” ujarnya.

Ustaz Muhammad Yusran Anshar selaku Ketua STIBA Makassar menyampaikan taujihat dalam pembukaan Daurah. Beliau menegaskan kita perlu saling mengingatkan atas segala nikmat. 

“Di antara nikmat terbesar yang ada pada kita adalah nikmat ikhtiyar, istifa’, ijtiba’  yang semuanya bermakna pemilihan yang datang dari Allah. Dan Antum adalah orang-orang terpilih dari sekian banyak ikhwah dan akhwat yang mendaftar,” paparnya.

Masa orientasi lazim diadakan di seluruh kampus, namun Ustaz Yusran menegaskan bahwa masa orientasi di STIBA akan diisi dengan hal-hal yang bermanfaat.  “Jadi Antum tidak salah pilih kampus,” tegasnya. 

Ia mengakhiri sambutannya dengan ungkapan bahwa menuntut ilmu (syar’i) ujungnya (finishnya) adalah surga.

Daurah Orientasi yang akan berlangsung selama lima hari ini akan diisi dengan penyampaian 22 materi oleh para dosen STIBA Makassar, di antaranya materi Syakhsiyah Muslim, Fiqh Ta’amul, Adab penuntut Ilmu, dan Potret Ulama Rabbani. Selain penyampaian materi, daurah juga akan diisi dengan shalat tahajud berjamaah, kultum, dan lainnya.

Penulis berita: Muh. Ihsan Dahri

Foto: Abdullah Mubarak

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *