: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Ulama Saudi Sampaikan Tips Menuntut Ilmu dalam Kuliah Perdana STIBA

(STIBA.ac.id) Makassar –  Kuliah Perdana STIBA Makassar Tahun Akademik 1439—1440 H/2018—2019 M menghadirkan beberapa hal-hal yang baru. Di antaranya MC dalam tiga bahasa yang kemudian mendapatkan apresiasi dari Syaikh Abdullah bin Salim al-Harbi selaku narasumber utama pada kegiatan tersebut.

Acara yang berlangsung pada Senin (6/8/2018) di Masjid Anas in Malik ini diawali dengan sambutan Ketua STIBA Makassar yang memberikan motivasi kepada para mahasiswa, “Hari ini kita memulai kembali perjuangan kita. Meskipun sebenarnya tidak ada kata istirahat untuk perjuangan.” Selanjutnya beliau memberikan kabar gembira kepada sivitas academica tentang semakin meningkatnya antusias masyarakat terhadap STIBA, baik dalam maupun luar negeri. “Alhamdulillah, tahun ini kita kedatangan mahasiswa baru dari negeri tetangga Malaysia. Maka semoga ke depan kita bisa melihat mahasiswa-mahasiswa kita dari beberapa negeri,” ujarnya.

Kuliah perdana dibuka oleh Ustaz Dr. Rahmat Abdurrahman, Lc., M.A. selaku Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah. Namun sebelum memulai sambutannya, Ustaz Rahmat terlebih dahulu meminta kepada para hadirin untuk sejenak mendoakan masyarakat Lombok dan sekitarnya yang sedang ditimpa musibah.

Acara tersebut menghadirkan Syekh Abdullah bin Salim al-Harbi. Beliau merupakan imam dan khatib Mesjid Jami’ Ridwan Dammam, Saudi Arabia. Dalam kuliahnya, syekh mengibaratkan penuntut ilmu itu seperti pelita yang menerangi dalam kegelapan. “Penuntut ilmu itu seperti orang yang datang membawa pelita di daerah yang gelap dan berbahaya karena binatang buas. Dan penuntut ilmulah yang menerangi jalan orang-orang untuk selamat.”

Syekh juga menyebutkan beberapa tips jitu dari Imam Syafi’i dalam menuntut ilmu. “Ilmu tidak akan digapai kecuali dengan menempuh enam hal; kecerdasan, semangat, bersabar, mempunyai modal, dekat dengan ustaz, dan butuh waktu yang lam,” kata Syekh.

Acara ini ditutup dengan penyampaian-penyampaian dari seluruh Wakil Ketua STIBA, disusul dengan pembagian hadiah dan beberapa penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa dan dosen berprestasi. 

Penulis berita: Muhammad bin Yusran

Foto: Insan Kamil

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *