(STIBA.ac.id) Makassar –  Salah satu keistimewaan STIBA Makassar adalah sistem pembinaan dalam bentuk halaqah atau kelompok-kelompok tarbiyah. Sebanyak 1452 mahasiswa dibagi dalam 84 halaqah tarbiyah, 56 halaqah putra dan 28 halaqah putri. Masing-masing halaqah tarbiyah dibina oleh seorang murabbi yang merupakan dosen STIBA Makassar ataupun dai-dai Wahdah Islamiyah lainnya.

Baru-baru ini, Bagian Kemahasiswaan sebagai penanggung jawab tarbiyah di STIBA Makassar mengadakan pertemuan untuk para murabbi, Selasa (14/8/2018) di lantai 2 Masjid Anas bin Malik.

Pertemuan yang dihadiri oleh para murabbi ini dibuka oleh Ketua STIBA Makassar, Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. 

Dalam sambutannya, Ustaz Yusran mengatakan bahwa pertemuan murabbi bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk menyamakan visi dan pandangan para murabbi agar tujuan dari program pembinaan yang mulia ini dapat tercapai. Apalagi, menurutnya, spesialisasi kampus STIBA adalah tarbiyah. 

“Mahasiswa STIBA adalah calon-calon dai, murabbi, dan pemimpin masa depan,” ujarnya.

Karena itu, Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ini berharap kepada para murabbi agar semangat dalam membina halaqah masing-masing.

Sementara Ustaz Muhammad Taufan Djafry, Lc., M.H.I. selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Kerja Sama menyampaikan bahwa harapan dari penanggung jawab tarbiyah STIBA sangat besar kepada murabbi untuk mengawal kaderisasi. 

“Kaderisasi di STIBA adalah kaderisasi plus. Karenanya, kurang pantas jika ternyata kaderisasi di kampus-kampus lain justru lebih bisa melahirkan kader-kader yang lebih militan dibanding mahasiswa STIBA. Harusnya STIBA yang berada pada posisi itu. Kebangkitan umat dipimpin oleh penuntut ilmu,” harap Ustaz Taufan.

Pada sesi terakhir acara, para murabbi dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendiskusikan saran-saran untuk pelaksanaan tarbiyah khusus di kalangan STIBA Makassar. Masukan-masukan ini akan jadi acuan pihak kemahasiswaan untuk menyusun konsep tarbiyah di STIBA Makassar.

Foto: Insan Kamil

 

Loading

Tinggalkan Balasan