: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Hadiri Workshop Pelatihan dan Pengelolaan Jurnal, P3M STIBA Teken MoU dengan Tohoku University Jepang

(STIBA.ac.id) Makassar –  Kepala P3M STIBA Makassar, Ustaz Syandri, Lc., M.Ag. menghadiri kegiatan yang dilaksanakan oleh Yapis Takalar, (26-27/8/2018). Kegiatan bertema Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal ini dihadiri oleh beberapa institusi di bawah naungan Kopertais Wilayah VIII.

Yang menarik dalam kegiatan ini adalah hadirnya tiga peneliti senior, yaitu Prof. Dr. Peter John Wanner (Tohoku University, Jepang), Muhammad Nida’ Fadhlan, M.Hum (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta) dan juga Dr. Ismail Suardi Wekke (Masika-ICMI).

Dalam kegiatan ini para pemateri selain menjelaskan tentang teknik penulisan jurnal, tidak kalah pentingnya adalah pemaparan tentang teknik pengelolaan jurnal.

Mengelola jurnal perlu dimulai dengan niat. Niat mengelola jurnal tak lain dan tak bukan adalah upaya untuk menghambakan diri kepada Allah melalui knowledge management. Sehingga, sebuah jurnal perlu dikelola dengan keikhlasan. Kalau sekadar materi, jurnal tidak bisa menyediakan itu. Bisa saja berakibat putus asa.

Para pemateri juga membeberkan empat tantangan pengelolaan jurnal, di antarnya minimnya naskah, artikel titipan, birokratisasi lembaga, dan apresiasi finansial rendah. Tapi di samping itu, disebutkan pula kunci-kunci sukses penulisan jurnal, yaitu komunitas akademik, soliditas manajemen, dan pemahaman kaidah penulisan akademik.

Dalam pelatihan ini juga disampaikan bahwa jurnal walau sudah daring (online), tetap saja diperlukan cetak. Ini bisa menjadi souvenir dan juga bagian dari marketing. Jargon lama tetap relevan “tidak ada yang instan”. Sehingga diperlukan perspektif akademik yang komprehensif.

Di penghujung kegiatan ini, beberapa institusi termaksud di dalamnya P3M STIBA Makassar, menandatangani MoU Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan Tohoku University Japan yang diwakili oleh Prof. Peter John Wanner (Associate Professor Graduate School of International Cultural Studies Division of International Cultural Studies Department of Applied Linguistics) dan juga MoU bersama Masika-ICMI yang diwakili oleh Dr. Ismail Suardi Wekke.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image