: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

STIBA Putri Adakan Muslimah Event 2018

 

 (STIBA.ac.id) Makassar –  Departemen Diklat Dema Putri dan  Bidang Hafalan UKM Raudhatul Huffaazh Putri STIBA Makassar  mengadakan Muslimah Event 2018. Kegiatan ini mengambil tema Merasakan Manisnya Alqur’an dengan Memahami Bahasa Arab”. Muslimah Event berlangsung pada 11-19 Safar 1440 H (20-28/10/2018), dirangkaikan dengan beberapa musaabaqah dan diakhiri dengan kegiatan akbar Seminar Nasional bertajuk Alqur’an dan Bahasa Arab.

            Cabang musaabaqah yang diperlombakan di antaranya adalah Musaabaqah Hifzhil Qur’an 5 dan 10 Juz, Musaabaqah Fahmil Qur’an, Musaabaqah Sirah Nabawiyyah dan  Musaabaqah Al-Majallah Al-Haaithiyyah (lomba mading). Sejumlah 185 peserta muslimah dari tingkat SMP/MTS/sederajat hingga mahasiswi terlibat dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Musaabaqah ini diadakan di Aula Ummul Mu’minin ‘Aisyah radhiyahllahu ‘anha Kampus Putri STIBA Makassar.  

Adapun nama-nama yang keluar sebagai pemenang pada setiap cabang Musaabaqah di antaranya:

·         Musaabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz:

Juara 1: Sabrina Miftahul Jannah (Darul Marhamah Sukamaju)

Juara 2: Aisyah Abdurrahman (SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar)

Juara 3: Sukmawati (Institut Agama Islam Muhammadiyah) Sinjai

·         Musaabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz:

Juara 1: Evi Faura Luthfiyah (QMS Al-Birr Markaz Andi Tonro)

Juara 2: Nur Aini (QMS Al-Birr Putri)

Juara 3: Arfia Tunnisa (Kampus Al-Birr Putri)

·         Musaabaqah Fahmil Qur’an:

Juara 1: Tim STIBA Makassar

Juara 2: Tim UNHAS

Juara 3: Tim Darul Marhamah

·         Musaabaqah Sirah Nabawiyyah:

Juara 1: Tim STIBA Makassar 1

Juara 2: Tim STIBA Makassar 2

Juara 3: Tim STIBA Makassar 3

Juara Harapan: Tim Darul Falah Enrekang

·         Musaabaqah Al-Majallah Al-Haaithiyyah:

 Juara 1: Tim SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar

Juara 2: Tim Tahfizh Qur’an WI

Juara 3: Tim SMA Negeri 12 Makassar

Puncak acara Muslimah Event diakhiri dengan seminar nasional bertajuk Alqur’an dan Bahasa Arab yang diadakan pada hari Ahad, (28/10/2018) di Grand Diamond Ballroom Myko Hotel and Convention Center Makassar. Seminar tersebut dihadiri oleh 1.118 muslimah dari berbagai kalangan dan daerah di Sulawesi Selatan.

Berbeda dari seminar-seminar sebelumnya, seminar kali ini merupakan gabungan antara Seminar Bahasa Arab yang diusung oleh Departemen Diklat BEM Putri dan Seminar Alqur’an yang diusung oleh UKM RH Putri STIBA Makassar. Sehingga penyajian materi juga dibawakan oleh dua pemateri yang ahli di bidangnya masing-masing. Mereka adalah Ustadzah Kokohi Iman Ilmu Amal, Lc. dan Ustadzah Sartini Lambajo, Lc., M.H.

Turut hadir dalam kegiatan ini Istri Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina Sudirman, S.T. selaku keynote speaker. Ia mengimbau kepada peserta untuk mendidik anak-anak mereka lebih cinta kepada bahasa Arab.

”Saya mengharapkan seluruh ibu-ibu, tolong jangan suruh anak-anaknya untuk belajar bahasa Inggris saja, tetapi agar juga mempelajari bahasa Arab, karena bagaimana anak-anak kita dapat memahami Alqur’an tanpa mempelajari dan menguasai bahasa Arab,” ujarnya. 

            Panitia Muslimah Event berharap dengan dilaksanakannya rangkaian kegiatan Muslimah Event ini dapat meningkatkan minat peserta untuk mempelajari bahasa Arab. Sebab bahasa Arab merupakan kunci untuk memahami Alqur’an. Tanpa pemahaman terhadap bahasa Arab, seseorang tidak akan dapat mentadabburi Alquran, padahal Alquran adalah pedoman hidup seorang muslim.

 Penulis: Tim Humas Putri

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image