(STIBA.ac.id) Makassar –  Jelang pengutusan mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab semester VII ke lokasi Kuliah Kerja Nyata, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STIBA Makassar mengadakan pembekalan kepada 255 mahasiswanya. Angka ini terdiri dari 126 ikhwan dan akhwat 129 orang.

Pembekalan bagi mahasiswa yang akan mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gel. II  TA. 1439—1440 H/2018—2019 M ini dilaksanakan di Masjid Anas bin Malik. Acara ini akan berlangsung selama sepekan, 7—12 Januari 2019.

Menurut Ketua P3M Ustadz Syandri Syaban, Lc., M.Ag., selama pembekalan, mahasiswa yang akan mengikuti program KKN disuguhi dua bekal utama. Pertama, pembekalan yang sifatnya penguatan spiritual dan moral, di mana dengan ini diharapkan para peserta KKN bisa tetap konsisten dengan menjaga diri dari pengaruh-pengaruh yang tidak diinginkan di tengah masyarakat.

Bedanya pembekalan ini dari pembekalan sebelumnya adalah karena adanya pembekalan tambahan yaitu Pelatihan Ruqyah Syar’iah. Hal ini dilakukan, melihat pengalaman tahun sebelumnya di lokasi-lokasi KKN.  Banyak masyarakat yang memanfaatkan kemampuan meruqyah mahasiswa STIBA. Karena itu dilakukan pelatihan khusus meruqyah pada pembekalan tahun ini.

Selain penambahan dari sisi pembekalan skill, hal yang menarik juga dari KKN Gel.II kali ini adalah akan disebarnya beberapa tim mahasiswa ke beberpa wilayah terdampak bencana gempa dan tsunami di Sulawsi Tengah (Palu, Sigi, dan Donggala), sebagai upaya melanjutkan agenda-agenda kegiatan yang telah dimulai oleh mahasiswa Tim Relawan bencana yang lalu.

Kesemua pembekalan yang sifatnya materi dan pengembangan skill praktis, diharapkan dengan skill ini peserta KKN bisa memberikan sumbangsih terbaik mereka dalam masyarakat.

Pembekalan yang berlangsung sepekan penuh ini diisi dengan beberapa materi:

Filosofi KKN, oleh Ustadz Kasman Bakry

Membangun Citra Lembaga, oleh Ust. Syaibani

Cara menyusun program kerja & Proposal oleh Ust. Iskandar Kato

Pemberdayaan Masyarakat Desa (Daerah Binaan) oleh Ust Syamsuddin Kurru

Manajemen Masjid/Pengelolaan TPA oleh Ust. Hendra Ismail

Metode Dirosa oleh Ust. Qomari

Akhlaq Dai oleh Ust. Sofyan Nur

Orientasi Dakwah oleh Ust. Irwan Fitri

Etika Pergaulan, Komunikasi, dan Public Speaking oleh Ust. Qasim Saguni

Latihan penyelenggaraan jenazah oleh Tim Depsos DPP WI

Format laporan akhir KKN, oleh Ust. Syandri

Sosialisasi dan taujihat Ketua STIBA Makassar Ust. Muhammad Yusran Anshar

          Beberapa materi yang khusus disampaikan kepada peserta akhwat adalah:

Membangun Citra lembaga

1. Ustadzah Risna Rina, S.E

2. Ustadzah Syahruni Hafid, S.Ag.

Metode Dirosa/Iqra

Ustadzah  St. Nurjannah, S.S.

Etika Pergaulan dan Komunkisai

Ustadzah Hj. Liza harits, S.P.

Ustadzah Hj. Herlinda, S.S.

Loading

Tinggalkan Balasan