: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Lokasi Terdampak Longsor, Mahasiswa KKN STIBA di Parigi Bantu Warga Buka Akses Jalan

(STIBA.ac.id) Gowa –  Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa, saat ini menampung sebanyak 25 orang mahasiswa KKN STIBA Makassar.

Wilayah kecamatan ini terbagi ke dalam lima wilayah pemerintahan desa, yakni Desa Majannang sebagai Ibukota Kecamatan Parigi, kemudian berturut-turut Desa Manimbahoi, Desa Bilangrengi, Desa Jonjo serta Desa Sicini. Setiap desa menerima lima mahasiswa STIBA Makassar.

Keadaan alam di wilayah ini terdiri dari bentang alam pegunungan yang berpusat pada Gunung Bawakaraeng. Diselingi ngarai-ngarai yang di dasarnya mengalir Sungai Je’neberang dan Sungai Kunisi’ di sebelah selatan dan Sungai Liangpimbali di sebelah utara Parigi.

Dengan topografi yang didominasi pegunungan ini, menjadikan daerah inilah yang paling banyak mengalami dampak tanah longsor dalam bencana banjir dan tanah longsor di Sulsel, Selasa (22/01/2019). Akibat intensitas hujan yang tinggi disertai angin yang bertiup kencang selama dua hari berturut-turut, beberapa titik di Kecamatan Parigi mengalami musibah tanah longsor.

Tak hanya menutup akses jalan, longsor ini bahkan menimbun perkampungan warga serta merenggut puluhan nyawa.

Di bawah komando Mohamad Rizki Ismail selaku korcam, ke-25 mahasiswa ini, selain aktif menjalankan program-program kerjanya seperti mengisi khotbah Jumat di setiap masjid,  pengajaran baca Alquran untuk dewasa dan TK/TPA, mereka turut berpartisipasi membersihkan gundukan tanah longsor yang memutus jalan yang menghubungkan Desa Bilanrengi dan Desa Majannang.

Kordes Bilanrengi, Mudabbir Anshar mengatakan bahwa keterlibatan para mahasiswa KKN dalam aksi tersebut merupakan bentuk simpati atas musibah tersebut.

“Ini adalah bentuk simpati kami, karena musibah ini telah menyebabkan tiga rumah warga desa ini hancur,” ujar Mudabbir.

Bersyukur, tidak ada korban jiwa dari warga Desa Bilanrengi dalam peristiwa tersebut.

Reporter: Mohamad Rizky Ismail (Korcam Kec. Parigi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image