: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Siapkan Tenaga Handal untuk Peningkatan Mutu, STIBA Utus Tiga Karyawan Ikuti Lokakarya Penjaminan Mutu

(STIBA.ac.id) Makassar –  STIBA Makassar mengutus Kepala Program Studi PMH Ustaz Saifullah Anshar, Lc., M.H.I., Kabag. Administrasi Kemahasiswaan Ustaz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I., dan Kabag. Administrasi Umum Ustaz Askar Fatahuddin, S.Si., M.E.I. mengikuti Lokakarya Forum Penjaminan Mutu PTKIN. Kegiatan yang bertempat di Hotel Gammara Makassar ini berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (26-27/02/2019).

Lokakarya yang bertemakan “PTKIN Maju Bersama Menyusun Standar Mutu Mengacu 9 Kriteria APT 3.0 Menuju Unggul” ini diprakarsai oleh UIN Alauddin Makassar, bekerjasama dengan Forum Penjaminan Mutu PTKIN.

Ketua LPM UIN Prof. Dr. H. Muhammad Galib, M.A. saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa acara yang mereka gagas ini merupakan bagian dari kesyukuran UIN Makassar atas pencapaian akreditasi AIPT-nya dengan perolehan A. Menurutnya, predikat A yang dicapai tersebut setelah melalui upaya dan kerja berat.

Di akhir sambutannnya, Prof. Galib mengutip syair Arab:

الحياة حركة والموت سكون، فمن لم يتحرك فإنه مات قبل أجله

Orang Hidup itu senatiasa dinamis (bergerak)

Orang mati itu ditandai dengan statisnya (tidak bergerak)

Maka siapa yang tidak bergerak

Sejatinya telah mati sebelum ajalnya

Mewakili Rektor UIN Alauddin Makassar, Warek. I UIN Prof. Dr. H. Mardan. M.Ag. menyampaikan upaya institusinya untuk mengkhidmat peserta dalam acara yang dihadiri oleh 53 universitas ini dengan penyediaan fasilitas dan akomodasi.

Prof. Adam Pramudji Raharjo dari BAN PT dan salah satu penyusun 9 kriteria APT 3.0. menjadi narasumber di hari pertama. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan tentang perbedaan Lembar Evaluasi Diri (LED) dan Lembar Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT), dan perbedaan Standar VII dan Standar IX yang mesti disiapkan setiap PT yang ingin melakukan akreditasi PT.

Di akhir materi Prof. Adam, Steering kegiatan membagi peserta dalam 25 kelompok kerja untuk menyusun masing-masing satu standar dari total 24 standar yang mewakili pendidikan, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat yang tediri dari masing-masing 8 standar serta Instrumen Monev yang dikerja oleh kelompok 25.

Memasuki hari kedua lokakarya, tampil sebagai pemateri Prof. Dr. Indri Safitri Mukono, dari Asesor BAN PT. Ia menjelaskan tentang Indikator Kineja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) kriteria 1 s.d. 9. Ia juga sempat mengkiritisi hasil presentasi kerja kelompok V perihal S.1.5 Standar Dosen Tendik. Di poin tersebut, Prof. Indri menjelaskan hasil temuan assesment lapangannya tentang sebuah kampus yang tidak tersandar dalam pemilihan ketua prodi.

Reporter: Askar Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image