: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Peduli Daerah Minoritas Muslim dan Terpencil, STIBA dan Yayasan Hadji Kalla Luncurkan Program Tebar Dai Ramadhan 1440 H

(STIBA.ac.id) Makassar –  Bulan Ramadhan selain dikenal sebagai bulan puasa, juga dikenal sebagai bulan perjuangan. Memaknai puasa sebagai bulan perjuangan, STIBA Makassar bekerja sama dengan Yayasan Hadji Kalla meluncurkan program Tebar Dai Ramadhan 1440 H. Program ini berupa pengutusan sejumlah dai ke beberapa lokasi minoritas muslim dan terpencil.

Total dai yang dikirimkan adalah 29 orang yang tersebar di berbagai daerah terpencil di Sulawesi Selatan semisal Kampung Muallaf di Kabupaten Pinrang, Desa Seko di Kabupaten Luwu Utara dan lain-lain. STIBA Makassar menyiapkan tenaga dai dari para mahasiswanya yang mendaftarkan diri untuk berpartisipasi akfif dalam kegiatan ini. Sementara Yayasan Hadji Kalla menyiapkan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh dai.

Program ini dimulai dengan pembekalan sejumlah materi kepada para dai. Hadir pada saat pembukaan Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla, Mohammad Zuhair. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ustaz Muhammad Yusran, Lc., M.A., Ph.D. dengan materi “Bekal-bekal Dai”, Ustaz Dr. Ahmad Hanafi, Lc., M.A. membawakan materi “Fikik Imamah”, dan Ustaz Muh. Taufan Djafry, Lc., M.H.I. untuk pembahasan “Rambu-rambu Keberhasilan Dakwah”. Materi ini juga ditambah dengan pelatihan dan simulasi penyelenggaraan jenazah yang dibawakan oleh Tim Departemen Sosial Wahdah Islamiyah.

Seluruh muatan materinya diharapkan dapat menjadi hal yang diperhatikan dan dilaksanakan oleh para dai untuk menyukseskan agenda-agenda dakwah di lokasi mereka masing-masing.

Para dai bertugas sebulan penuh selama Ramadhan. Mereka diharapkan dapat membina masyarakat muslim yang ada dan mendakwahi orang-orang non-muslim untuk kembali ke dalam agama Islam.

Reporter: Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image