: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Sebanyak 956 Orang Berebut Kursi Mahasiswa di STIBA Makassar

(STIBA.ac.id) Makassar –  Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar menyelenggarakan ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Tahun Ajaran 1440-1441 H/2019-2020 M, Rabu (3/7/2019).

Tercatat jumlah calon pendaftar yang telah membuat akun di situs web stiba.ac.id tahun ini sebanyak 1.697 orang. Terjadi peningkatan sebanyak 239 orang jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 1.458. Dari akun-akun tersebut, hanya 956 orang yang dinyatakan lulus validasi berkas yang terdiri dari 471 ikhwan dan 485 akhwat. Mereka inilah yang berhak untuk mengikuti ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Menurut keterangan Ketua PMB Ustaz Imran Yunus, Lc., setelah mempertimbangkan kapasitas gedung kelas maupun asrama serta jumlah dosen, tahun ini STIBA hanya akan menerima sebanyak 660 orang mahasiswa.

Calon mahasiswa baru diwajibkan mengikuti tes sebanyak dua kali, yaitu tes tertulis dan tes wawancara. Ujian tulis camaba putra berpusat di masjid Anas bin Malik dan camaba Putri di gedung Aisyah.

Ada lima kategori soal yang diujikan dalam tes tulisan, yaitu akidah, fikih, bahasa Arab, tes potensi akademik, hadis dan Alquran. Sedangkan tes wawancara di antaranya jumlah hafalan Qur’an, kemampuan membaca Alquran dan kitab berbahasa Arab, kemampuan bercakap dalam bahasa Arab, aqidah, dan lainnya.

Selain ujian tertulis dan lisan, panitia PMB juga akan melakukan tes kesehatan pada 09 Juli 2019 bagi camaba yang dinyatakan lulus. Pengumuman hasil ujian dijadwalkan pada 8 Juli 2019.

Para camaba yang telah menyelesaikan  serangkaian tes dan dinyatakan lulus, selanjutnya akan mengikuti daurah orientasi yang akan diselenggarakan pada 22-26 Juli 2019.

Reporter: Fikih Zul Fasri

Foto: Insan Kamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image