: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Tak Terbendung, Tim Debat Bahasa Arab STIBA Bawa Pulang Medali Emas

(STIBA.ac.id) Sidrap – Pekan Olahraga, Seni, dan Karya Ilmiah (POSKI) II yang berlangsung di Sidrap Sulawesi Selatan  menjadi momen bersejarah bagi STIBA Makassar. Betapa tidak, sebanyak sembilan medali yang terdiri atas empat emas, dua perak dan tiga perunggu berhasil diraih pada kegiatan yang diselenggarakan di bumi Nene Mallomo ini. 

Salah satu cabang yang berhasil menorehkan emas adalah Debat Bahasa Arab. Tim debat di bawah asuhan Ustaz Sirajuddin dan Ustaz Abdul Munawwir ini terdiri atas Sudarmin, Syarif Hidayatullah, dan Muh. Ihsan Dahri. Sudarmin dan Ihsan adalah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Perjalanan tim debat ini bisa dibilang cukup alot. Menurut penuturan  Syarif, tim ini mengalami beberapa kali perombakan. Hal itu berdampak pada persiapan yang kurang dari sepekan sebelum waktu perlombaan. 

Beruntungnya, tim debat ini dibekali dengan teknik debat oleh Rahmat Aries. Aries merupakan peraih medali perak dalam lomba debat tingkat Nasional di Yogyakarta. 

Tim debat ini berhasil menyingkirkan tim debat asal IAI DDI Polman di semifinal setelah beradu argumen dan data dengan mosi “Kejahatan Kriminal pada anak disebabkan karena banyaknya anak yang ditelantarkan oleh orangtuanya”. Pada sesi ini, tim debat STIBA berperan sebagai Tim Pro. 

Pada babak grand final, tim STIBA kembali mendapat peran pro dalam mosi berjudul “MEA membawa banyak kerugian bagi Indonesia daripada kebermanfaatan”. Di babak ini tim STIBA mampu mengungguli tim Universitas Muhammadiyah Makassar.

 

Reporter: Ihsan Dahri
Foto: Insan Kamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image