: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Tokoh Pendiri STIBA Makassar Raih Gelar Doktor

(STIBA.ac.id) Bogor  – Ketua Umum Wahdah Islamiyah yang juga merupakan salah seorang inisiator berdirinya STIBA Makassar, Ustaz Muhammad Zaitun Rasmin meraih gelar doktor dalam bidang Pendidikan Agama Islam di Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor.

Gelar doktor pendidikan Islam diraih Ustaz Zaitun setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam sidang terbuka promosi doktor yang digelar Jumat sore (16/08/2019).

UZR, sapaan akrab Ustaz Zaitun menulis disertasi dengan mengkaji konsep pendidikan tahfizh Al-Qur’an ulama Bugis, K.H. Lanre Said dengan judul disertasi, “Mafhum Tarbiyah Tahfizhil Qur’an ‘inda Alim Bugisi Lanre Said.”

Disertasi yang ditulis dalam bahasa Arab tersebut dibimbing oleh tiga pakar pendidikan UIKA Bogor, yakni Prof. Dr. Didin Hafidhuddin, M.S., (co promotor), Adian Husaini, Ph.D. (promotor), dan Dr. Endin Mujahidin, M.Si. (promotor).

“Ini (bahasa Arab) yang luar biasa dari disertasi ini”, ujar seorang hadirin yang turut menyaksikan sidang terbuka promosi doktor Ustaz Zaitun.

Yang luar biasa juga, UZR menjalani kuliah S3 dan penulisan disertasi di sela-sela kesibukannya sebagai pimpinan gerakan dakwah Wahdah Islamiyah dan amanah dakwah lainnya. Bahkan proses penyusunan disertasi sempat tertunda karena agenda keumatan yang harus dahulukannya.

Ketua STIBA Makassar Ustaz Ahmad Hanafi memberikan ucapan selamat kepada Ustaz Zaitun,
“Kami ucapkan selamat kepada Ustaz Zaitun atas gelar doktor pendidikan agama Islam yang telah  beliau raih. Barakallahu fih. Semoga ilmu beliau berberkah dan bermanfaat bagi umat,” ujarnya.

Gurutta Lanre Said termasuk sosok yang mula-mula membuka pesantren khusus penghafal Al-Qur’an (tafizhul qur’an) di Kajuara Tujutuju Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image