(STIBA.ac.id) Makassar –  Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Bagi mahasiswa STIBA, KKN merupakan salah satu rangkaian akhir yang harus dilalui setelah seminar proposal.

Peserta KKN STIBA Makassar Angkatan III 2020 kali ini berjumlah 275 orang, terdiri dari 148 mahasiswa dan 127 mahasiswi. Dari jumlah tersebut, mahasiswa disebar di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Bantimurung, Kecamatan Parigi, dan Kecamatan Tombolo Pao.

Rombongan mahasiswa KKN dilepas secara resmi oleh Ustaz Ahmad Hanafi, Senin (06/01/2020). Dalam nasihatnya, Ketua STIBA Makassar tersebut mengatakan bahwa sebagai seorang mahasiswa harus siap memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat.

“Saya yakin, KKN bagi Antum bukan masalah. Sejak awal kita telah berusaha untuk mendidik mahasiswa kita agar dapat berinteraksi dengan masyarakat.  Baik itu melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan ataupun kegiatan mahasiswa di luar kampus selama liburan,” ujar Ustaz Ahmad.

Firman Allah dalam Surah Yusuf turut diangkat oleh Ustaz Ahmad. Surah ini menjelaskan secara tuntas kisah Nabi Yusuf as.  Kisah yang Allah katakan dalam Alquran sebagai kisah terbaik.  Tidak ada kisah dalam Alquran dari awal hingga akhir yang dikumpul dalam satu surah kecuali kisah tersebut.

Ayat yang diangkat Ustaz Ahmad dalam surah ini adalah ayat 108 yang berbunyi,

“Katakanlah, “Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Mahasuci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”.

Ayat ini, kata Ustaz Ahmad, mengingatkan bahwa kita semua adalah dai yang telah memilih jalan para nabi dan orang-orang yang mengikutinya.

“Program KKN ini merupakan jalan dakwah.  Jangan kotori dakwah ini dengan hal-hal yang merusaknya,” tuturnya.

Sebelum melepas peserta KKN secara resmi, Wakil Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ini menutup sambutannya dengan nasihat agar menghindari fitnah berupa hasad, dengki, wanita, harta, tahta, dan popularitas yang akan dialami oleh seorang dai.

Reporter: Fiqih Zulfasri

Foto: Infokom Dema

Loading

Tinggalkan Balasan