(STIBA.ac.id) Gowa –  Sejumlah tokoh masyarakat Desa Sicini Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa berkumpul di kantor desa. Kehadiran mereka dalam rangka mendengarkan pemaparan program kerja mahasiswa KKN STIBA Makassar yang digelar hari itu, Senin (13/1/2020).

Tampak hadir Kepala Desa Sicini, imam desa, imam-imam dusun, Karang Taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para kepala sekolah, guru-guru, ketua RT/RW serta pengurus PKK, dan majelis taklim ibu-ibu.

Kepala Desa Sicini Risal Saido, S.E. dalam sambutannya mengatakan terkesan dengan kehadiran mahasiswa KKN STIBA Makassar di Desa Sicini. Ia menilai perilaku mahasiswa tersebut mencerminkan keimanan dan ketakwaan serta adab dan perilaku yang baik.

“Setiap kedatangan mereka begitu sangat luar biasa. Kenapa seperti itu Bapak, Ibu, hadirin yang saya hormati? Tentu berbicara agama, akhlak, dan pendidikan budi pekerti dan sebagainya, anak STIBA tak perlu diragukan karena mereka terdidik dari segi agama, dari segi pendidikan umum dan sebagainya. Mereka tak perlu diragukan,” tutur Risal.

Ia juga berharap agar program kerja yang sudah diprogramkan mahasiswa KKN bisa berjalan dan selesai tepat waktu, “Jangan melakukan program yang terlalu berat, mengingat cuaca yang sangat ekstrem ini. Maka buatlah program yang Anda kuasai dan bisa diselesaikan tepat waktu,” tambahnya.

Arifin selaku Koordinator Desa Sicini dalam sambutan dan pemaparan program kerjanya mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan masyarakat yang telah menerima mereka dengan baik.

Harapannya, semoga bisa melanjutkan kenangan baik KKN sebelumnya dan tidak mengecewakan masyarakat Sicini.

“Kami berharap semoga kedatangan kami memberikan manfaat dan mampu melanjutkan kesan baik senior kami sebelumnya. Semoga kami tidak mengecewakan masyarakat. Dan kami tentu memohon bantuan masyarakat sekalian untuk merealisasikan serta membantu jalannya program kerja kami,” ujar Arifin.

Harapan besar dari warga desa mereka sampaikan dalam kesempatan itu. Sebutlah Nasaruddin, Kepala Dusun Parangtangaya, ia sangat ingin agar mahasiswa mengajar di Madrasah Aliyah, minimal dipergilirkan tiap hari.

“Kami berharap, minimal mahasiswa STIBA juga bisa mengajar di Aliyah, karena di sana sangat minim atau bahkan tidak ada guru yang bisa mengajar,” katanya.

Salah seorang tokoh agama dan pengajar di Desa Sicini, Hasin, S.Pd.I juga memberikan saran dan nasihat kepada mahasiswa KKN STIBA Makassar untuk tetap semangat.

“Semoga adik-adik ini tetap semangat dalam menjalankan program kerja. Sebagai pengingat saja, mahasiswa KKN sebelumnya begitu semangat dalam mengajar meskipun diguyur hujan,” kata Hasin.

Beda lagi yang disarankan oleh Nur. Iksan, S.H. selaku tokoh pemuda dan Wakil Ketua Karang Taruna. Iksan berharap agar perbaikan bacaan untuk para pemuda dan imam serta taklim malam Jumat di masjid bisa terselenggara.

“Saya juga masih belajar dan berharap agar perbaikan bacaan untuk para imam juga bisa diadakan. Demikian pula dengan taklim malam Jumat, semoga bisa segera direalisasikan,” harapnya.

Mewakili kaum ibu-ibu, Hj. Sukmawati Risal selaku Ketua TP. PKK dan ketua majelis taklim di Desa Sicini berharap ada tenaga bantu untuk ibu-ibu berupa pengajaran dan perbaikan bacaan Alquran.

“Kami itu majelis taklim ibu-ibu sering mengadakan pertemuan rutin, namun masih butuh untuk diajari dan diperbaiki bacaan Alqurannya. Terlebih lagi pengenalan huruf-huruf hijaiyah, terkadang kita tahu hurufnya namun belum mengenal persis bagaimana cara penyebutannya. Untuk itu ibu-ibu juga butuh untuk diajar Dirosa,” ujarnya.

Harapan berbeda dikemukakan oleh Samsul Tompo, imam dusun dan pengajar TK/TPA. Samsul menaruh harapan terhadap KKN STIBA Makassar, sebab jumlah TK/TPA yang berada di desa Sicini ada enam dan ia berharap minimal bisa terisi dan disentuh oleh mahasiswa STIBA Makassar.

“Jumlah TK/TPA di Desa Sicini ada enam, kami harap adik-adik KKN STIBA Makassar ini bisa membagi kelompok untuk memaksimalkan pengajaran kanak-kanak di desa ini,” ujarnya.

H. Abdul Khaliq, salah seorang tokoh agama di desa tersebut memberikan masukan agar fokus mempertimbangkan program kerja yang jauh lebih utama mengingat waktu yang sangat singkat untuk menyelesaikan program kerja yang ada.

Kepala Sekolah di Desa Sicini, Nurdin dan Fahri S. Pd.I selaku imam dusun juga turut menunjukkan antusiasnya dengan memberikan masukan, dan beberapa pertimbangan.

Tahun ini jumlah mahasiswa KKN STIBA Makassar di desa Sicini sebanyak sembilan orang laki-laki.

Laporan: Muhammad Tajalil Arif

Loading

Tinggalkan Balasan