(STIBA.ac.id) Makassar – Departemen Diklat Dema STIBA Makassar mengadakan kegiatan Pelatihan Dirosa yang diselenggarakan di Masjid Anas bin Malik Kampus STIBA Makassar, Sabtu (25/1/2020). Dirosa adalah satu metode pembelajaran baca Alquran bagi tingkat pemula, baik pria, wanita, remaja, orang dewasa, maupun mualaf.  

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memberikan bekal bagi para mahasiswa STIBA yang akan diturunkan sebagai dai ke tengah-tengah  masyarakat.

Pemateri pertama pada pelatihan Dirosa ini adalah Ustaz Marnot. Ia membawakan materi Perkenalan tentang Dirosa. Pemateri kedua Ustaz Amiruddin Rasyid dengan materi Metedologi Dirosa. Peserta terdiri dari mahasiswa STIBA dan sebagian peserta dari luar kampus.

Ustaz Marnoto mengatakan bahwa Dirosa ini sangat membatu para dai terutama yang baru diutus ke daerah. Alasannya, Dirosa ini lebih mudah diterima oleh masyarakat yang tujuan utamanya memang hanya ingin belajar membaca Alquran.

“Melalui Dirosa ini banyak orang dapat hidayah. Termasuk saya melihat sendiri di kabupaten Takalar yang dulu saya ajar Dirosa, sekarang telah menjadi pengurus-pengurus inti DPD Wahdah Islamiah Kabupaten Takalar,” ujar Ustaz Marnoto yang juga merupakan Ketua Unit Dirosa Kota Makassar.

Dengan diadakannya pelatihan ini para peserta diharapkan telah mampu untuk terjun langsung ke masyarakat dalam mengajarkan Dirosa.

Sementara Ustaz Amiruddin Rasyid mengatakan, “Kami sangat berharap semua peserta yang telah ikut pelatihan menerapkan apa yang telah diajarkan pada pelatihan ini pada saat berdakwah nanti,” ujarnya.

Reporter: Siddiq Abdullah

Loading

Tinggalkan Balasan