(STIBA.ac.id) Gowa –  Bekam Gratis yang menjadi salah satu program kerja mahasiswa KKN STIBA yang bertempat di desa Manimbahoi disambut gembira warga setempat. Terbukti, sudah puluhan warga yang bertandang ke posko ini demi sekadar dibekam.

Sudah empat kepala dusun dari lima dusun di Manimbahoi yang telah berkunjung dengan tujuan berbekam. Bahkan Camat Parigi beberapa hari yang lalu pun memanfaatkan jasa bekam dari mahasiswa KKN STIBA Desa Manimbahoi. Beberapa dari mereka yang berbekam juga adalah tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat desa secara umum. Semua “bertepuk tangan” sekaligus memberikan testimoni yang baik.

Drs. Kamaruddin selaku kepala desa pun ambil bagian mengapresiasi program kerja tersebut. Menurutnya, program ini sangat layak untuk dikomsumsi oleh masyarakat desa, terlebih mereka kebanyakan telah menginjak usia senja.

Seminar Pemaparan Program Kerja Mahasiswa KKN Posko Desa Manimbahoi

Di awal kedatangannya, mahasiswa KKN di posko ini yang berjumlah delapan orang telah mengadakan Seminar Program Kerja, Jumat (10/01/2020). Acara tersebut dirangkaian dengan program Jumat ibadah yang merupakan salah satu program dari pemerintah Kabupaten Gowa.  Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Manimbahoi, imam desa, para imam dusun, ketua RT/RW serta pengurus majelis taklim ibu-ibu.

Jusriadi selaku koordinator Desa Manimbahoi dalam sambutannya memperkenalkan Kampus STIBA  secara umum. Ia mengatakan bahwa STIBA didirikan sebagai wadah pengaderan dai dan ulama. Selanjutnya mereka akan disebarkan ke seluruh pelosok Indonesia.

Sementara pada kegiatan Jumat Ibadah, M. Agung Fahmi Syam selaku pemateri pada program ini dalam tausiyahnya menyampaikan pentingnya bermuhasabah. Menurut Fahmi, salah satu perintah Allah dalam Alquran adalah senantiasa memuhasabah diri. Dengan muhasabah, seseorang senantiasa mengingat dosa-dosa yang lalu agar dapat memperbaiki diri dan kembali kepada Allah. Di samping terus memohon ampun atas dosa yang telah dilakukan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah, karena Allah Maha Pengampun.

Setelah program Jumat Ibadah selesai acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program kerja KKN STIBA Makassar. Jusriadi dalam pemaparannya meminta arahan, bantuan, dukungan serta kerja sama pemerintah desa dan masyarakat agar program kerja dapat terlaksana dengan baik.

H. Samsul Alam selaku imam desa berharap agar mahasiswa KKN STIBA Makassar  dapat memberikan pembelajaran tajwid kepada para pengajar TK/TPA dan para imam.

“Kami berharap agar mahasiswa dapat memberikan pengajaran tajwid kepada para guru-guru TK/TPA dan imam, karena jika bacaan para pengajarnya baik maka bacaan anak-anak akan baik pula. Sementara waktu adik-adik mahasiswa sangatlah singkat hanya 45 hari, sehingga jika adik-adik sudah pulang maka sudah ada pengajar yang bisa melanjutkan memperbaiki bacaan anak-anak santri maupun para imam,” ujarnya.

Beberapa usulan juga disampaikan oleh Hj. Suji ketua majelis taklim di Kecamatan Parigi. Demikian pula dengan Kamaruddin selaku kepala desa.

Acara seminar dan Jumat Ibadah ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh M. Agung Fahmi Syam.

Laporan: Fahmi

Loading

Tinggalkan Balasan