(STIBA.ac.id) Makassar –  Salah satu kegiatan besar yang diadakan mahasiswa KKN STIBA Makassar menjelang penarikan adalah Festival Anak Saleh (FAS). Kegiatan ini diadakan terpisah di dua kecamatan yang menjadi posko KKN mahasiswa STIBA, yaitu Kecamatan Bantimurung dan Kecamatan Parigi.

Di Kecamatan Parigi, Festival Anak Saleh berlangsung selama tiga hari, Jumat—Ahad (14—16/02/2020). Momen penutupan pada hari Ahad dirangkaikan dengan Tabligh Akbar dan penyerahan hadiah bagi para pemenang festival.

Fahmi dalam laporannya mengatakan, ada enam cabang lomba yang diperlombakan dalam FAS ini, yaitu Azan, Praktik Salat, Dai Cilik, Hafalan Surah-Surah Pendek, Hafalan Doa-Doa Harian, dan CCI (Cerdas Cermat Islam). Sementara pesertanya terdiri dari 60 santri dari 39 TPA binaan mahasiswa KKN STIBA.

Aparatur kecamatan dan masyarakat umum Kecamatan Parigi menyambut baik setiap kegiatan-kegiatan mahasiswa KKN STIBA Makassar Kecamatan Parigi termasuk kegiatan besar seperti FAS ini. Terlebih, acara ini sejalan dengan program dan tujuan pemerintah setempat, yaitu bisa melahirkan hafizh-hafizh Alquran tiap desa dan mencetak anak-anak saleh dan salehah di Kecamatan Parigi.

“Dengan adanya Festival Anak Shaleh ini, menjadi sarana untuk mewujudkan tujuan Satu Hafizh Satu Desa. Kehadiran mahasiswa di sini bisa membuahkan hasil-hasil. Salah satu harapan kita dengan adanya event-event seperti ini bisa melahirkan anak-anak saleh khususnya hafizh Qur’an,” kata Camat Parigi, H. Muh. Guntur, S.Sos, di sela-sela sambutannya pada Tabligh Akbar sekaligus acara penutup dari rangkaian kegiatan festival.

Muh. Guntur berharap agar acara-acara seperti ini bisa terus dilaksanakan sebagai ajang pembinaan anak-anak dan pengingat kembali kepada masyarakat pentingnya persatuan dalam ketaatan.

Festival Anak Saleh di Kecamatan Bantimurung

Acara FAS juga digelar oleh mahasiswa KKN STIBA di Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros, Jumat—Sabtu (14—15/02/2020). Seperti dilaporkan Agus Trianto, Festival yang berlangsung di Masjid Miftahussalam Samariga Baruga,  Kelurahan Leang-Leang tersebut diikuti oleh 88 orang santri yang merupakan perwakilan dari 51 TPA Se-Kecamatan Bantimurung yang mereka bina. Cabang-cabang lomba yang diperlombakan seperti Azan, Musabaqah Hifzhil Qur’an,  Musabaqah Tilawatil Quran, Ranking I, Dai Cilik,  dan Cerdas Cermat Islami.

Festival yang mengangkat tema “Kuatkan Generasi Islam dengan Alquran” ini dihadiri oleh Bahtiar selaku perwakilan Camat Bantimurung.

Loading

Tinggalkan Balasan