(STIBA.ac.id) Maros – Masa KKN mahasiswa STIBA telah berakhir. Hari ini, Senin (24/02/2020) diadakan penarikan serentak di tiga kecamatan. Termasuk di Desa Minasabaji Kecamatan Bantimurung. Banyak pesan dan kesan yang didapatkan oleh mahasiswa yang melakukan KKN di sana.

Mahasiswa KKN mengadakan perpisahan di sekolah-sekolah dan TKA/TPA yang mereka bina. Salah satunya di SDN Inpres 128 Minasabaji. Ibu Kepala Sekolah yang selama ini tidak pernah menghadiri perpisahan karena mengaku tidak sanggup menyaksikan suasana haru pada momen tersebut, hari itu menyempatkan hadir di perpisahan bersama mahasiswa KKN STIBA Makassar.

“Saya sebenarnya tidak pernah ikut perpisahan karena saya tidak tahan melihat suasana menyedihkan seperti ini. Kami semua mendoakan semoga urusan-urusan kakak-kakak mahasiswa KKN dilancarkan semua,” kata kepala SDN Inpres 128 Minasabaji.

Ibu kepala sekolah menyampaikan hal tersebut tak lepas dari suasana saat perpisahan, di mana para siswa menangis hingga terdengar satu sekolah.

“Jika jalan-jalan ke Maros, dan bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung di sekolah, kami selalu menyambut dengan tangan terbuka” tuturnya.

Seperti tak ingin dilupakan, para siswa dan santri menitipkan surat di posko mahasiswa KKN. Beberapa menulis dengan kalimat-kalimat yang membuat mahasiswa tersenyum, tertawa, hingga terharu. Surat-surat itu juga terbungkus dengan rapi dan cantik. Seperti itulah anak-anak itu menunjukkan apresiasi mereka dengan mengemas, menghias, dan menulis surat serta puisi semaksimal kemampuan mereka.

Satu hal yang membuat mahasiswa terharu, di antara surat itu mengungkapkan keinginan terbesarnya untuk menjadi mahasiswa STIBA setelah mereka banyak berinteraksi dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan saat KKN.

Salah seorang tokoh masyarakat di dusun Sege Segeri yang rumahnya bersebelahan dengan posko mahasiswa, Haji Tallasa, menyampaikan harapannya agar kelak ada dari warga desanya yang masuk STIBA.

” STIBA ini sebagian wilayah kampusnya berada di Maros, tapi sedikit yang masuk ke STIBA karena mungkin tidak tahu atau kesadaran orangtua yang kurang untuk menyekolahkan anaknya belajar agama. Sehingga kami berharap, setelah KKN ini, ada perwakilan dari Maros khususnya Desa Minasabaji yang ingin masuk ke stiba,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia yang suka berdiskusi panjang dengan mahasiswa itu menitip pesan kepada pengelola STIBA, “Kami juga meminta tolong agar ada dai yang bisa diutus ke daerah dan desa-desa, dan memberitahu kami apa yang perlu kami siapkan untuk menyambut dai tersebut baik dari segi sarana maupun pra sarana.”

Reporter: Wahyu Kurniawan

Loading

Tinggalkan Balasan