(STIBA.ac.id) Makassar –  Mahasiswa semester 8 STIBA Makassar tak lama lagi akan meninggalkan kampus mereka. Pasca-KKN selama 40 hari, mereka kini tengah mempersiapkan skripsi sebagai tugas akhir selaku mahasiswa.

Setelah wisuda mereka akan menyandang gelar alumni. Dan seperti pendahulu mereka, setiap alumni STIBA Makassar wajib mengikuti masa pengabdian selama dua tahun. Masa pengabdian itu berupa pengutusan ke daerah tugas untuk menjalani kewajiban sebagai seorang dai.

Menjadi seorang dai adalah amanah yang berat. Tak cukup hanya berbekal ilmu-ilmu syari yang telah diperoleh di kelas-kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Lebih dari itu, bagaimana metode dalam berdakwah, berinteraksi dengan objek dakwah, dan keterampilan lainnya juga patut dimiliki seorang dai profesional.

Atas pertimbangan inilah, STIBA Makassar bekerja sama dengan Departemen Urusan Daerah DPP Wahdah Islamiyah menggelar Pembekalan Dai STIBA Makassar. Acara ini dibuka pada Senin (02/03/2020) di Masjid Anas Bin Malik STIBA Makassar, Jalan Inspeksi PAM Manggala.

Kegiatan pembukaan Pembekalan Dai ini dihadiri oleh 150 mahasiswa dan mahasiswi STIBA Makassar yang diproyeksikan akan menjadi Dai utusan Wahdah Islamiyah ke daerah-daerah se-Indonesia. Selain itu, turut hadir jajaran pengurus harian DPP Wahdah Islamiyah dan dosen-dosen STIBA Makassar.

Pembukaan Pembekalan Dai STIBA Makassar resmi digelar oleh Departemen Urusan Daerah DPP Wahdah Islamiyah bersama Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar di Masjid Anas bin Malik STIBA Makassar, Jalan Inspeksi PAM Manggala, Senin (02/03/2020).

Pembukaan dimulai dengan sambutan Ketua STIBA Makassar Ustaz Dr. Ahmad Hanafi. Dia kemudian mengutip firman Allah Ta’ala dalam Alquran yakni surah Yusuf ayat ke 108 kepada seluruh peserta pembekalan agar mendasari dakwah dengan bashirah.

Bashirah ada tiga aspek menurut Syekh Utsaimin rahimahullah, yakni bashirah mengenai isi dakwah kita, bashirah terhadap metode yang akan kita gunakan, dan bashirah tentang objek dakwah kita,” tutur Ustaz Ahmad sapaan akrabnya.

“Maka pembekalan ini tujuannya untuk itu, memiliki tiga bashirah itu. Mudah-mudahan dengan pembekalan ini ikhwan dan akhwat memiliki ketiga bashirah ini,” tambah dia.

Mengenai durasi lamanya kegiatan Pembekalan Dai ini, Ustaz Ahmad menyebutkan bahwa pembekalan akan digelar selama dua bulan, dua hari tiap pekannya.

“Mudah-mudahan Antum semua mengikuti pembekalan ini dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah semua mahasiswa telah mengikuti KKN jadi telah mengetahui bagaimana dakwah secara langsung, maka di kegiatan ini semoga bertambah wawasannya,” tutupnya.

Panitia pelaksana kemudian mempersilakan Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah, Ustaz Dr. Rahmat Abdurrahman untuk membuka Pembekalan Dai STIBA ini secara resmi.

Dalam sambutannya, dia mengatakan bahwa dakwah sunah tidak boleh hanya ada di satu wilayah, namun harus tersebar merata di seluruh Indonesia.

“Dari Aceh sampai Papua, kita menemukan keresahan, orang ingin kembali kepada Islam, capek dengan kebiasaan-kebiasaan liberal dan sekulerisme, di kota maupun desa. Maka Anda semuanya insya Allah akan diutus berdakwah di daerah untuk menjawab tantangan itu,” paparnya.

Menutup sambutannya, Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Sulawesi Selatan ini kemudian mewasiatkan dua bekal seorang dai, yaitu sabar dan komunikasi.

Dia menyebutkan, bahwa kesabaran dalam berdakwah sangat utama, khususnya ketika kelak telah terjun ke medan juang.

“Saya menasihatkan, pertama, sabar dalam berdakwah, jangan tergesa-gesa. Semua teori yang didapatkan di ruang kuliah, di taklim-taklim dan sebagainya akan dibuktikan di lapangan. Kalian akan mendapatkan dinamika di medan tugas yang sangat berbeda dengan kondisi ketika di kampus,” jelas dia.

“Sabar itu maksudnya sabar menghadapi umat, pengurus Wahdah Islamiyah di daerah, dan sabar menanti hasil aktivitas dakwah,” lanjutnya.

Bekal kedua menurut Ustaz Rahmat adalah komunikasi. Komunikasi yang dimaksud oleh dosen STIBA Makassar ini adalah kepada tiga segmen yang ada dalam masyarakat. Segmen pertama menurutnya adalah pemerintah dari tingkat RT sampai bupati, kedua adalah sesama organisasi Islam, ketiga adalah segmen terbesar, masyarakat secara umum.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kegiatan Pembekalan Dai STIBA Makassar dengan resmi saya buka,” ucap Ustaz Rahmat yang menandai dibukanya secara resmi kegiatan Pembekalan Dai ini.

Ketua Bidang I DPP Wahdah Islamiyah, Ustaz Muh. Qasim Saguni kemudian memandu kegiatan dengan menyampaikan beberapa poin orientasi pembekalan yang akan berjalan selama dua bulan ini.

Di antara materi yang akan diberikan kepada para dai adalah Penanaman skill Dai dan Khatib, Murabbi, Interpreneur dan Ilmu Komunikasi Massa.

Foto: Insan

Loading

Tinggalkan Balasan