dirosaAwal Rabi’ul Akhir 1435 H atau Maret 2014 M tepatnya pada hari Sabtu, adalah awal Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Kemahasiswaan Bagian Keputrian STIBA di semester genap ini. Kegiatan yang dinamakan dengan Pelatihan DIROSA ini berlangsung di Aula STIBA  Putri. Pelatihan ini menjadi salah satu bentuk kegiatan penting yang dibutuhkan para mahasiswi sebagai bekal untuk  terjun dalam medan dakwah di masyarakat, dengan menjadikan al-Quran sebagai materi dakwahnya.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah sekira 40 orang, meliputi  mahasiswi STIBA Makassar dari jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum serta beberapa mahasiswi I’dad Lughawy.

Sebelum acara dimulai, para peserta melakukan registrasi dan pembagian buku DIROSA sebagai pelengkap acara tersebut. Pada kesempatan ini didatangkan tim pelatih (instruktur) sebanyak 4 orang dari P3Q-LM DPP. Satu kesyukuran besar karena salah satu dari tim tersebut merupakan penulis dari buku DIROSA itu sendiri yaitu Ibu Dra. Sunarsi.

Pelatihan diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an kemudian dilanjutkan dengan agenda yang lain. Tepat pukul 09.00 materi dimulai dengan pemaparan langsung dari penulis tentang sejarah perjalanan hidupnya selama 25 tahun mempelajari metode dan pelatihan cara cepat belajar Alqur’an, kemudian pada akhirnya ibu dari tiga anak ini berhasil menyusun metode terbaik yang tertuang dalam sebuah buku DIROSA. Kemudian  dilanjutkan dengan penjelasan metode pengajaran DIROSA tersebut.

Meskipun kegiatan ini dilaksanakan di Aula yang sangat sederhana, disertai hawa yang semakin panas dengan jumlah peserta memadati ruangan tapi hal tersebut tidak mengurangi antusias dan semangat peserta mengikuti jalannya kegiatan. Acara ini berlangsung sampai waktu shalat Zhuhur tiba,  kemudian dilanjutkan setelah sholat dan makan siang.

Pada agenda terakhir setelah SHOIMA (Sholat, Istirahat dan Makan,) diadakan coaching, di mana para peserta dibagi ke dalam 4 kelompok sehingga jumlah setiap kelompoknya adalah 10 orang. Terlihat antusias mereka dalam mengikuti kegiatan ini. Pada coaching ini para peserta mempraktikkan materi yang telah dipaparkan pada agenda sebelumnya, dan setiap peserta berkesempatan menjadi mudarrisah (pengajar) dengan tetap didampingi oleh seorang fasilitator (salah satu dari tim).

Di penghujung acara, sebelum pelatihan ini ditutup oleh penyelenggara, salah satu dari tim fasilitator menyampaikan beberapa nasihatnya.  Dan salah satu dari penyampaian beliau bahwa kegiatan ini akan difollow up dua pekan setelah kegiatan berlangsung.

Alhamdulillah kegiatan ini selesai dan terselenggara dengan  lancar. Dan tentunya pelatihan ini memberikan kesan tersendiri bagi para peserta. Semoga dengan kegiatan ini kita bisa menjadi salah satu orang yang dipilih oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam mengemban amanah dakwah, sehingga dapat menapaki apa yang telah dijalani oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan para sahabat Radiyallahu ‘anhum demi menciptakan masyarakat islami. (*)

 

Loading

Tinggalkan Balasan