IMG_0666

Salah seorang ulama yang telah bertahun-tahun secara rutin mengunjungi STIBA Makassar adalah Syaikh Abdullah bin Salim al-Harbi—hafizhahullah. Sabtu malam, tepatnya pada tanggal 24 Jumadal Ula 1436/14 Maret 2015, Syaikh Abdullah al-Harbi kembali menginjakkan kaki di Kota Makassar.

Mengawali agendanya di Kota Daeng, pagi harinya di Aula STIBA Putri, digelar Tabligh Akbar bertema “Syaab Nasya-a fi ‘Ibadatillah” (Pemuda yang Tumbuh dalam Ketaatan kepada Allah). Lalu dilanjutkan dengan taklim di Masjid Quba Kompleks Perumahan Azalea Panakkukang. Taklim ini juga dihadiri oleh mantan gubernur Sulawesi Selatan Bapak Amin Syam.

Selain mingisi daurah di aula STIBA Putri untuk para mahasiswa STIBA, agenda syaikh lainnya adalah menjadi narasumber daurah muslimah yang diadakan oleh LM DPP WI di kantor pusat Wahdah Islamiyah. Selain itu, mengisi taklim antara Magrib Isya di beberapa masjid seperti Masjid Bukit Baruga Antang dan Masjid Ali Hizam Tamalanrea.

Berikut transrip ceramah Syaikh Abdullah bin Salim al-Harby dalam acara Tabligh Akbar dan diterjemahkan oleh Ustadz Fadhlan Akbar, Lc., M.H.I.

=================================

 

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, shalawat serta salam kepada baginda Rasulullah shallalaahu ‘alaihi wa sallam..

Saya sangat bahagia karena saya berada di hadapan pemuda-pemudi yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah..

Saya akan menceritakan kisah salah seorang pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah. Setelah menceritakan kisah ini, barulah saya akan mengomentari hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam tentang tujuh golongan yang dinaungi oleh Allah di hari kiamat, dengan harapan, contoh ini dapat melekat kuat di benak kita lalu dapat kita terapkan dan aplikasikan.

Mari kita mulai dengan perang Uhud yang terjadi pada tahun ke-3 H. Ketika perang Uhud usai, maka nampaklah bahwa ternyata perang ini telah menyisakan puluhan tentara yang gugur dan terluka. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam memeriksa para sahabat yang terbunuh dalam perang tersebut. Saat beliau memeriksa, beliau juga dalam keadaan terluka. Rasulullah memerika satu persatu pasukannya, ini menunjukkan betapa perhatian beliau terhadap umatnya. Pada saat itu beliau berhenti pada salah seseorang yang syahid, beliau berdiri di kepalanya lalu mengangkat kedua tangannya memohon doa, lalu air matanya berlinang kemudian membaca ayat, “Di antara orang-orang yang beriman itu ada orang yang menunaikan perjanjiannya dengan Allah….”

Lalu siapakah sahabat ini? Dialah Mush’ab bin Umair radhiyallahu ‘anhu. Beliau adalah pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah.

Mari sejenak kita menelusuri perjalanan kehidupan Mush’ab bin Umair radhiyallahu ‘anhu.

Sebelum masuk Islam, dahulu beliau sering berkeliling di kota Makkah, melewati pasar-pasar. Ia hadir di saat orang–orang sedang berkumpul. Seorang pemuda yang ramah, harum semerbak, pemuda yang kaya raya. Tidaklah ia makan kecuali dengan makanan terbaik, memakai pakaian terbaik, menggunakan kendaraan termewah, tinggal di rumah yang terindah. Ia adalah pemuda yang sangat tampan. Mungkin perumpamaan saat ini adalah pemuda yang menggunakan mobil termewah, baju bermerk, dan semua orang yang memandangnya dengan tatapan ingin memiliki apa yang ia miliki. Atau diibaratkan jika seorang gadis, seperti seorang gadis yang memiliki harta yang berlimpah, cantik rupawan, kaya raya, punya banyak perhiasan, makan di restoran termewah, di mana seluruh wanita iri dan ingin memiliki seluruh kenikmatan ini.

Sedang Ibu Mush’ab adalah wanita kaya raya. Ia memberikan segala apa yang diinginkan Mush’ab, beliau sangat mencintai dan memanjakan Mush’ab. Apakah kita bisa membayangkan pemuda ini akan dengan mudah meninggalkan semua kenikmatan yang dimilikinya? Bayangkan sesorang pemuda dengan kendaraan terbaru, menggunakan pakaian termahal, parfum no. 1, makan di restaurant berkelas. Apakah akan mudah baginya meninggalkan segala keutamaan ini?

Di zaman kita, seseorang terfitnah meski hanya memiliki sebuah HP jadul. Atau terfitnah hanya karena motor butut. Terfitnah hingga meninggalkan shalat jamaah. Terfitnah dengan kenikmatan sederhana seperti ini. Boleh jadi seorang wanita terfitnah dan mendapatkan bencana hanya karena perhiasannya, ketika ia memilikinya ia seolah memiliki segalanya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bukanlah kefakiran yang aku takutkan atas kalian, akan tetapi aku khawatir akan dibuka lebar (pintu) dunia bagi kalian, seperti telah dibuka lebar kepada orang-orang sebelum kalian. Nanti kalian akan saling bersaing untuk mendapatkannya, sebagaimana mereka telah bersaing untuknya. Nantinya (kemewahan) dunia akan membinasakan kalian seperti telah membinasakan mereka.” (HR. Al-Bukhari Muslim).

Oleh karenanya, sangat dianjurkan bagi kita untuk berdoa dan memohon kepada Allah, minta kepada Allah agar seluruh kenikmatan yang diberikan kepada kita dapat mendekatkan kita kepada Allah. Bukan menjadi fitnah dan musibah bagi kita.

Inilah Mush’ab bin umair disuatu hari berjumpa dengan Rasulullah, pada perjumpaan yang pertama, dan disini pulalah beliau masuk kedalam Islam. Kecintaan beliau pada Allah dan Rasulullah mengalahkan kecintaannya pada dunia.Dan setelah keislamannya.

Maka berbaliklah keadaaan Mush’ab bin Umair setelah keislamannya. Yang sebelumnya makan makanan nikmat kini kelaparan dan dahaga menyertainya, yang dahulu memakai baju terindah kini tinggal pakaian yang lusuh dan usang. Apakah ada orang yang memaksanya dengan keadaan ini? Ini terjadi datang dari keinginannya sendiri. Bukankah kebahagiaan itu dengan ketenaran, harta dan kedudukan? Beliau telah merasakan kekayaan dan seluruh kenikmatan itu, ia telah memiliki segalanya, namun beliau belum merasakan kebahagiaan yang hakiki. Tapi setelah beliau masuk Islam barulah beliau merasakan kebahagiaan. Karena itu, ia mencukupkan untuk dirinya apa yang ia perlukan saja dari dunia. Karena dunia ini fana dan akan meninggalkannya. Dan inilah petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau mampu mengumpulkan harta, terlebih di akhir kehidupannya. Rasulullah mendapatkan ganimah (rampasan perang) yang melimpah, tapi Rasulullah tidak menumpuk harta-harta itu untuk dirinya.

Di suatu hari, Mush’ab melewati suatu jalan lalu melintasi sahabat, para sahabat  yang melihat Mush’ab bin Umair menundukkan kepala mereka. Air mata mereka berlinang. Mengapa? Karena keadaan Mush’ab yang jauh berbeda dari keadaannya sebelum masuk ke dalam Islam. Pakaian yang dikenakan Mush’ab kini pakaian yang telah ditambal-tambal. Sedangkan mereka ingat pakaian yang dipakai Mush’ab sebelum masuk Islam merupakan pakaian terbaik dengan wangi yang luar biasa semerbaknya.

Duhai, pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah seharusnya tahu hakekat kehidupn ini. Kita harus pahami hakekat dunia dan akhirat sebaik-baiknya. Hingga dapat memotivasi kita untuk beramal dengan amalan terbaik, menolong orang-orang di sekitarnya dan membawa kita memahami posisi kita pada hakekat dunia dan akhirat itu sendiri.

Seorang pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah sejatinya akan memahami bahwa dunia ini hanya sementara, bukan tujuan, akan ditinggalkan, berapapun umurnya pasti ia akan mati. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, ”Dan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal”, inilah manhaj seorang pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah.

Dari kisah seorang sahabat yang agung Mush’ab bin Umair, kita dapat mengambil beberapa sifat luar biasa.

Sifat yang harus dimiliki oleh para pemuda, di antaranya:

  1. Mencintai Allah dan Rasul-Nya di atas segalanya.
  2. Memahami hakekat dunia dan akhirat.
  3. Sifat yang kita dapat ambil dari kisah Mush’ab sesuai dengan keadaan-keadaannya:
  • Keadaan pertama, ketika Ibu Mush’ab menggunakan semua sarana ancaman untuk mengeluarkan Mush’ab dari agama Islam yang baru dianutnya. Bahkan suatu hari Mush’ab dibelenggu. Ibunya memboikot Mush’ab, lalu bersumpah tidak akan makan dan minum, serta tetap duduk di bawah panas matahari dan tidak akan bergeser hingga Mush’ab meninggalkan agama Islam.
  • Keadaan kedua terjadi pada masa pemboikotan masyarakat Makkah kepada Rasulullah dan kaum muslimin. Hingga berhari-hari muslimin tidak makan, termasuk Mush’ab. Beliau mengganjal perutnya dengan batu menahan rasa lapar, hingga beliau tersungkur karena lemah. Maka para sahabat membopong beliau.
  • Mush’ab yang hijrah ke Habasyah (Ethopia) yang berada di Selatan Afrika, atas perintah Rasulullah. Dan perjalanan ini tidaklah mudah. Perjalanan yang sulit dan panjang.

Sifat yang terdapat dalam ketiga keadaan Mush’ab:

Sabar pada keadaan pertama, menyikapi ibunya. Seorang pemuda yang berada pada keadaan dibenci, dimusuhi oleh orang yang paling dekat dengan dirinya, ibu kandungnya sendiri. Kesabaran ini di atas kebenaran yang ia miliki. Dari sini, kita membawa pada kehidupan kita, ketika kita berada dalam sebuah kebenaran, mungkin kita akan mendapatkan permusuhan, intimidasi, celaan, dari orang yang paling dekat dari kita, maka kita harus bersabar. Bersabar atas segala penyiksaan dari orang yang paling dekat dari kita. Begitu pula dengan seorang ukhti yang mendapatkan tantangan dari saudaranya, ibunya, bapaknya, maka ia harus menyabarkan dirinya karena ia berada dalam kebenaran.

Saya mengingat ketika masih SMP, sekitar umur 12 tahun. Dan ketika itu Allah telah memberikan kepada saya hidayah untuk berpegang teguh di atas kebenaran. Dan saat itu saya sudah mulai prinsip Islam, saya sudah mulai menyebarkan salam, tidak isbal, dan menumbuhkan jenggot satu atau dua helai. Suatu hari saat perkumpulan antara siswa-siswa dan guru-guru, dan saat itu tidak ada yang seperti saya kecuali mugkin 1 orang. Sehingga orang-orang mengatakan: “Mengapa kalian seperti ini? Ini kolot.”

Dan saat itu saya selalu mendapatkan intimidasi, dan celaan di sekolah dan di pasar, namun tidak ada jalan lain saat itu kecuali bersabar. Dan setelah berlalu beberapa masa, SMA hingga ke jenjang kuliah, mulai bergabung dengan komunitas masjid, mulai ceramah di mimbar-mimbar pada hari Jum’at. Maka mulailah datang orang-orang yang dulu mencela kami, bahkan mereka mencium kepala kami, sebagai tanda penghormatan. Bahkan mereka membawa anak-anak mereka.

Boleh jadi kalian juga berada pada kondisi yang sama. Namun sebenarnya ini belum seberapa, di sana ada para ustadz yang mendapatkan penyiksaan  lebih dari ini. Namun, mereka tetap teguh dan bersabar.

Ketika kita menghadapi tantangan seperti ini, maka kita harus bersabar. Dan ketika kita bersabar, lalu tersenyum, maka sesungguhnya kita telah mengamalkan sunnah Rasulullah tanpa kita sadari.

Inilah sifat pertama yang harus dimiliki.

Lalu, kita dapati dari kisah Mush’ab bersabar dalam menghadapi takdir meskipun takdir itu menyakitkan.

Ada pula kesabaran yang lain, yaitu teguh dalam menjaga dan memilihara kebenaran yang diyakini. Ketika Mush’ab berhijrah atas perintah Rasulullah untuk membawa agamanya. Itu artinya beliau bersabar menjaga keyakinannya. Berhijrah meninggalkan kampung halaman demi menjaga agamanya

Juga Mush’ab memiliki sifat utama ketika diutus menjadi da’i. Beliau menjalankan amanah dakwah ini dengan baik. Beliau serius dalam menjalankan amanah, menjawab pertanyaan para tokoh saat itu. Oleh karenanya, lihat siapakah yang masuk Islam melalui dakwah Mush’ab bin umair? Mayoritas dari mereka dari kaum Anshor. Tokoh-tokoh masyarakat Anshor masuk Islam melalui tangan Mush’ab bin umair.

Kita dapat melihat perjalanan dakwah Mush’ab bin umair, ketika Sa’ad bin Ubadah datang bersama Ash’ad bin Dzura kepada Mush’ab, dan di samping beliau duduk salah seorang sahabat  lalu berkata kepada Mush’ab, “Wahai Mush’ab, engkau harus jujur kepada Allah dalam berdakwah pada orang ini (Sa’ad bin Ubadah). Karena ia  adalah pemimpin kaum, jika ia beriman maka berimanlah seluruh orang yang berada dalam kaum ini”

Maka jujurlah dalam berdakwah kepada Allah, sampaikan apa adanya kebenaran yang telah kalian ketahui. Rasulullah bersabda “Sampaikanlah dariku meski hanya satu ayat.”

Anda telah menghafal satu doa, satu ayat, maka ajarkanlah!

Para pemuda yang tumbuh dalam ketaatan pada Allah, dari sirah ini kita lihat kecintaan dan loyalitas kepada orang-orang beriman, dan berlepas diri terhadap orang-orang kafir. Kita lihat, ketika beliau masuk Islam apakah beliau goyah dengan intimidasi yang yang dialaminya?

Dan dalam kisah setelah berakhirnya perang Badr Mush’ab melewati seorang Anshor yang sedang menawan saudara kandung Mush’ab, sahabat Anshor ini mengikat tangannya dengan tangan saudara Mush’ab, lalu Mush’ab berkata pada orang Anshor ini, “Kuatkanlah ikatannya, sesungguhnya ibu orang ini adalah orang yang kaya, ia akan menebus anaknya dengan tebusan harta yang banyak.” Saudara kandungnya berkata, “Wahai Mush’ab, mengapa kamu mengatakan seperti itu, aku adalah saudara kandungmu.” Mush’ab berkata, “Kamu bukan saudaraku, yang menawanmu ini adalah saudaraku”.

Sifat yang lain adalah berpegang teguh dengan prinsip yang ia yakini sampai ia mati. Pada perang Uhud, beliau yang memegang bendera kaum muslimin. Pada saat itu panji bendera perang harus tetap berdiri. Panji bendera perang adalah sesuatu yang sangat sakral, sebab jika bendera tetap berdiri tegak maka akan memberikan keamanan bagi pasukan. Namun, jika bendera perang jatuh, maka hal ini akan mendatangkan rasa takut dan cemas pada hati-hati pasukan dan menyebabkan kekalahan. Dan siapakah pemegang panji perang pada perang uhud? Ialah Mush’ab bin umair. Saat itu ketika Mush’ab memegang bendera dengan tangan kanannya, maka datanglah musuh memotong tangan kanannya, lalu beliau memegang tangan kirinya, lalu terpotonglah tangan kirinya, maka beliau menahan bendera dengan ototnya yang tersisa maka datanglah tebasan ketiga yang akhirnya membunuhnya.

Sifat-sifat yang telah kita sebutkan tadi tidak khusus untuk para lelaki, tetapi juga harus dimiliki oleh para wanita. Inilah sifat-sifat pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah dan akan mendapatkan ganjaran yang besar.

Pada hari kiamat, Allah akan mengumpulkan seluruh manusia dari generasi pertama hingga generasi terakhir. Hari yang amat dahsyat. Oleh karena itu, kita diperintahkan untuk mempersiapkan diri demi menghadapi hari ini. Allah telah memberitakan pada kita keadaan ini pada surah Al Hajj, “Wahai manusia! Bertakwalah kepada Rabb kalian; sungguh guncangan (hari) kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.

Pada hari itu seorang ibu tidak akan memperhatikan anaknya yang sedang ia susui, mereka mengurus diri sendiri. Pada saat itu pula Allah mengisahkan anak-anak kecil menjadi orang tua, rambutnya, kulitnya berubah seketika. Pada hari itu Allah mendekatkan matahari sedekat-dekatnya sehingga jaraknya hanya satu mil. Tubuh manusia dibanjiri keringat sesuai dengan amal masing-masing. Di antara mereka ada yang keringatnya hingga mata kaki, lutut, perut. Dan dalam riwayat shohih bahwa jumlah keringat pada hari itu 70 hasta jauh dan dalamnya.

Dan dalam hadits disebutkan ada tujuh golongan yang Allah akan naungi di mana tidak ada lagi naungan selain dari-Nya. Ketika kita tahu tentang keadaan ini seharusnya kita berupaya untuk menshalehkan diri kita dan orang lain, yang pada hakekatnya ini akan bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Kita berdoa kepada Allah semoga kita semua termasuk kedalam tujuh golongan yang akan mendapatkan perlindungan khusus dari Allah. Siapa mereka?

  1. Imam yang adil
  2. Pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah
  3. Dua orang yang saling mengasihi dan mencintai karena Allah, bertemu dan berpisah karena Allah.
  4. Orang yang terpaut hatinya dengan masjid.
  5. Seorang yang diajak untuk berzina, lalu berkata : Aku takut kepada Allah.
  6. Orang yang selalu berdzikir kepada Allah.
  7. Orang yang bersedekah dengan tangan kanannya dan tangan kirinya tidak mengetahui.

IMG_0655 IMG_0657

 

Foto: Tabligh Akbar “Pemuda yang Tumbuh dalam Ketaatan kepada Allah”

IMG_0733

 

Foto: Daurah Syar’iyah untuk para mahasiswa

IMG_0738

 

Foto: Taklim di masjid Ali Hisazam Tamalanrea

 

 

 

Loading

Tinggalkan Balasan