zaidn

Foto: Malam ramah tamah bersama Syaikh az-Zaidaniy tahun 1434 H

Pada tanggal 1-5 Shafar 1437 H bertepatan dengan 12-17 November 2015, STIBA Makassar kembali menyelenggarakan daurah syar’iyyah bersama salah seorang murid senior dari Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin. Beliau adalah syaikh Abdullah bin Hamad az-Zaidaniy hafizhahullah. Daurah syar’iyyah yang berlangsung selama lima hari ini berlangsung di aula gedung STIBA putri dan diikuti oleh mahasiswa mustawa (semester) tiga ke atas, putra dan putri.

Pada kesempatan daurah kali ini, pemateri yang akrab disapa syaikh Zaidaniy ini menyampaikan dua judul materi. Materi pertama, tafsir surah Hud. Sedangkan pada materi kedua, pembicara menyampaikan dalil-dalil Alquran tentang nama-nama Allah yang baik (asmaul husna) dan sifat-sifat-Nya. Kedatangan syaikh Zaidaniy kali ini bukanlah kedatangan beliau yang pertama kali. Setiap semester sejak beberapa tahun silam, beliau selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke STIBA. Bahkan jadwal taklim beliau selama berada di Makassar dan daerah lainnya di tanah air ditetapkan oleh  STIBA Makassar atas persetujuan Syaikh. Hal ini menjadi salah satu keuntungan bagi para mahasiswa karena bisa mengambil ilmu syar’i secara langsung dari para ulama dan penutur asli berbahasa Arab, mengingat STIBA Makassar adalah institusi pendidikan yang berkonsentrasi pada jurusan bahasa Arab dan ilmu syariah.

Sebagaimana pada kesempatan sebelumnya, kali ini panitia juga menyiapkan beberapa acara di luar daurah di antaranya as-su’al wal jawab (tanya jawab) dan malam ukhuwah bersama Syaikh Zaidaniy. Dua acara ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari mahasiswa karena dihadirkan dengan suasana informal penuh keakraban. Pada acara tanya jawab terbuka, mahasiswa boleh bertanya tentang apa saja kepada syaikh.

Malam berikutnya setelah acara penutupan daurah pada sore harinya. Panitia mengadakan acara malam ukhuwah yang dihadiri baik oleh segenap sivitas akademika dan syaikh Zaidaniy sendiri. Pada acara ini tampil bakat-bakat mahasiwa seperti pidato dalam bahasa Arab dan daerah, syair, nasyid, dan bela diri. Acara malam ukhuwah ini semakin berkesan dengan tampilnya salah satu dosen yang membawakan nasyid masa kecil beliau dalam bahasa Bugis sekaligus menutup rangkaian acara pada malam tersebut. (habib – Infokom BEM STIBA 2015)

Loading

Tinggalkan Balasan