umz

Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah Ustadz DR. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. baru-baru ini menjadi pembicara dalam Tabligh Akbar yang diadakan STIBA Makassar bekerja sama dengan DPP Wahdah Islamiyah. Tabligh Akbar ini diselenggarakan dalam rangka penggalangan dana untuk perampungan pembangunan Masjid Anas bin Malik. Acara yang juga dihadiri Walikota Makassar Ir. H. M. Ramdhan Pomanto ini diselenggarakan di Masjid Anas bin Malik pada tanggal 17 Shafar 1437 H/ 29 November 2015.

Mengawali materinya, Ustadz Zaitun menguraikan bahwa dari awal sejarah manusia, masjid sudah ada sebagai tempat ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala  yg kelak akan dikekalkan hingga hari kiamat. Masjid berperan sangat penting bagi umat Islam. Sebagaimana kita lihat di tiga kota suci umat Islam: Makkah, Madinah, dan Palestina yang persepsi ketiganya melekat kuat dan tidak bisa lepas dari masjid masing-masing yang monumental yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi, & Masjid al Aqsa. Di kesempatan yang penuh kesyukuran atas peresmian masjid Anas bin Malik hari itu, beliau juga mengajak hadirin untuk mengingat dan terus mendoakan masjid al Aqsa dan bumi Palestina yang sampai hari ini masih dalam penjajahan Zionis Israel.

Masjid sebagai pusat dakwah dan madrasah iman. Pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, masjid adalah pusat segala kebaikan dan peradaban kaum muslimin. Masjid adalah pusat ibadah, madrasah, pusat dakwah, kantor bantuan sosial, juga markas jihad fi sabiliLlah untuk mengerahkan pasukan-pasukan pembela kebenaran. Singkatnya, masjid adalah segala-galanya bagi umat Islam. Para ulama dari zaman sahabat dan setelahnya umumnya lahir dari madrasah-madrasah ilmu yang berada di masjid-masjid. Dari sana juga lahir para mujahidin yang kemudian berhasil memperluas wilayah dan dakwah Islam.

Tidak hanya menjadi pusat ibadah dan ilmu, masjid pada masa generasi itu juga menjadi pusat dakwah. Dari sana lahirlah para dai yang berdakwah ke seluruh penjuru bumi setelah mereka belajar di majelis-majelis ilmu yang ada di masjid-masjid. Peran masjid seperti inilah yang saat ini sedang diwujudkan kembali terutama yang ada di Masjid Kampus STIBA Makassar.

Menutup muhadharah beliau pagi itu, ada beberapa pesan yang beliau sampaikan. Pertama, bagaimana mengembalikan peran masjid sebagaimana pada masa generasi terbaik dahulu yang tidak saja terbatas sebagai tempat ibadah di seluruh masjid kaum muslimin. Kedua, bagaimana masjid bisa menjadi tempat yang ramah dan bersahabat bagi anak-anak sebagai generasi mendatang. Ketiga, bagi para penuntut ilmu agar mengambil ibrah dari sejarah qudwah salafush shalih, mereka ketika belajar bersungguh-sungguh dan pada masanya bertebaran untuk berdakwah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Pembangunan Masjid Anas bin Malik Dr. Ihsan Latif. Dalam laporannya, Dr. Ihsan menyampaikan kilas balik pembangunan Masjid Anas bin Malik dan laporan keuangan. Ketua Forum Komunikasi dan Stakeholder (Fokus) STIBA ini dalam kesempatan tersebut juga menawarkan kepada para peserta Tabligh Akbar beberapa kebutuhan masjid yang anggarannya belum tersedia. (Habib-infokom BEM STIBA Makassar)

Loading

Tinggalkan Balasan