Transkrip Rekaman Taklim Hadits Pekanan Ketua STIBA Makassar

Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A.

(Setiap Kamis Bakda Magrib di Masjid Darul Hikmah DPP Wahdah Islamiyah

Dari Kitab al-Lu’lu’ wa al-Marjan fi Ma Ittafaqa ‘alaihi asy-Syaikhan

 اللؤلؤ والمرجان فيما اتفق عليه الشيخان

================

Bab 24

Anjuran Memohon Perlindungan dari Azab Kubur

حديث عَائِشَةَ، قَالَتْ: دَخَلَتْ عَلَيَّ عَجُوزَانِ مِنْ عُجُزِ يَهُودِ الْمَدِينَةِ، فَقَالَتَا لِي، إِنَّ أَهْلَ الْقُبُورِ يُعَذَّبُونَ فِي قُبُورِهِمْ، فَكَذَّبْتُهُمَا وَلَمْ أُنْعِمْ أَنْ أُصَدِّقَهُمَا؛ فَخَرَجَتَا وَدَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم فَقُلْت لَهُ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّ عَجُوزَيْنِ، وَذَكَرْتُ لَهُ؛ فَقَال: صَدَقَتَا، إِنَّهُمْ يُعَذَّبُونَ عَذَابًا تَسْمَعُهُ الْبَهَائِمُ كُلُّهَا فَمَا رَأَيْتُهُ بَعْدُ فِي صَلاَةٍ إِلاَّ تَعَوَّذَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

  1. Hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata, “Datang berziarah kepada saya dua wanita tua dari saudari wanita-wanita Yahudi penduduk Madinah. Keduanya berkata kepada saya, ”Sesungguhnya penduduk kubur itu akan disiksa di kuburan-kuburan mereka. Saya mendustakan perkataan dua wanita Yahudi tersebut dan saya tidak suka membicarakan perkataan mereka.

Kemudian mereka berdua keluar dan masuklah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepadaku maka aku berkata kepada beliau, Wahai Rasulullah sesungghnya ada dua wanita tua, dan aku menceritakan kisah tadi (tentang wanita Yahudi yang mengatakan ada siksa kubur). Lalu beliau bersabda, “Kedua wanita Yahudi itu benar, sesungguhnya penduduk kubur itu akan disiksa dengan siksaan yang akan didengarkan oleh seluruh binatang ternak. Maka sejak itu saya tidak pernah melihat beliau melaksanakan shalat kecuali beliau meminta perlindungan dari azab  kubur.

Hadits ini dirirwayatkan oleah Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata, “Datang berziarah kepada saya dua wanita tua. Dalam bahasa arab, wanita tua disebut dengan ‘ajuz, tidak perlu pakai ta’ marbuthah. Jadi ‘ajuz sudah bermakna wanita tua. Tapi dalam sebagian riwayat menyebutkan ‘ajuzah, namun riwayat Bukhari hanya menyebutkan ‘ajuz dan itu yang lebih tepat. Datang kepada saya dua wanita tua dari saudari wanita-wanita Yahudi penduduk Madinah (‘ujuz  jamak dari ‘ajuz). Keduanya berkata kepada saya, ”Sesungguhnya penduduk kubur itu akan disiksa di kuburan-kuburan mereka. Kata Aisyah “Saya mendustakan perkataan dua wanita Yahudi tersebut dan saya tidak suka membicarakan perkataan mereka bahwa ada azab kubur. Keduanyapun keluar. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemui saya, maka saya berkata kepada beliau, “Wahai Rasulullah sesungguhnya ada dua wanita tua, dan aku menceritakan kisah tadi, tentang wanita Yahudi yang mengatakan ada siksa kubur. Lalu beliau bersabda, “Kedua wanita Yahudi itu benar, sesungguhnya penduduk kubur itu akan disiksa dengan siksaan yang akan didengarkan oleh seluruh binatang ternak. Kata Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Sejak itu saya tidak pernah melihat beliau melaksanakan shalat kecuali beliau meminta perlindungan dari azab kubur.

Hadits ini disebutkan setelah pembahasan tentang akhir shalat dan kaitannya, karena doa meminta perlindungan dari azab kubur adalah salah satu doa penghujung shalat.  Yang benar adalah dia adalah doa sebelum mengakhiri shalat. Insya Allah akan kita bahas. Beberapa hal lain yang kita harus meminta perlindungan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, untuk dijauhkan dari hal tersebut, setidaknya ada empat perkara dan kali ini yang akan kita bahas adalah tentang memohon perlindungan dari azab kubur.

Kata Aisyah, “Ada dua wanita dari kalangan Yahudi yang datang kepada saya.” Dalam sebagian riwayat yang shahih juga ada seorang wanita Yahudi yang datang kepada beliau, kata ulama bahwa mungkin terjadi dua kisah, artinya pernah satu orang wanita Yahudi datang dan di waktu yang lain datang dua orang wanita Yahudi, seperti dalam hadits ini. Dua haditsnya sama-sama shahih dan sebagian ulama mengatakan mungkin yang datang memang dua orang tapi cuma satu yang berbicara dan satunya membenarkan. Karena cuma satu yang berbicara sehingga dikatakan hanya satu orang saja. Padahal pada hakikatnya dua orang. Dan ini menjelaskan kepada kita bahwa ziarah orang di luar agama kita bukan hal yang terlarang. Ketika mereka berada di Madinah orang-orang Yahudi ahludz dzimmah yang membayarkan jizyah hidup dengan tenang dan tenteram di bawah pemerintahan Islam. Mereka merasa tenang, tenteram, bahagia dan aman karena umat Islam selalu memenuhi janji kepada mereka selama mereka tidak mengubah janji mereka kepada kaum muslimin.

Ini menunjukkan bolehnya berbuat ihsan kepada orang di luar agama kita. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan mengusir kamu dari kampung halamanmu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Barangsiapa yang menjadikan mereka sebagai kawan, mereka itulah orang yang zalim.

Namun jika mereka mengatakan perang atau memerangi kita dan mengusir kita dari kampung kita sendiri maka itulah kafir harbi yang tidak ada hak mereka kecuali diperangi dan berperang dengan mereka. Adapun orang-orang yang tidak mengganggu maka Islam menunjukkan akhlak karimah dan ini adalah bentuk dakwah yang sangat baik kepada merekaو bahkan dalam beberapa riwayat disebutkan wanita-wanita tua itu datang untuk mendapatkan sedekah dari Aisyah radhiyallahu ‘anha. Dan kita tahu bahwa Aisyah radhiyallahu ‘anha adalah di antara wanita-wanita yang sangat suka bersedekah. Beliau dengan saudarinya Asma’ radhiyallahu ‘anha adalah wanita yang paling suka bersedekah, dan dikenal dengan kedermawanannya.

Pernah ada wanita tua yang datang dan Aisyah radhiyallahu ‘anha hanya memiliki satu butir kurma saja, lalu beliau memotong kurma tersebut untuk wanita tersebut dan terkadang ketika beliau melihat anaknya masih menangis maka Aisyah radhiyallahu ‘anha memberikan semuanya dan beliau tidak punya apa-apa lagi di rumahnya.

Dalam riwayat tersebut disebutkan bahwa wanita ini setiap dia bertemu dengan Aisyah radhiyallahu ‘anha lalu beliau bersedekah kepada wanita tersebut, maka wanita itu berkata, ”Semoga Allah menjauhkanmu dari azab kubur.” Inilah yang dipertanyakan oleh Aisyah radhiyallahu ‘anha dan ini adalah bentuk terima kasih wanita Yahudi tersebut, dia mendoakan Aisyah radhiyallahu ‘anha semoga dijauhkan dari azab kubur Aisyah radhiyallahu ‘anha keberatan dengan doa ini karena setahu beliau ummat Islam tidak diazab dalam kuburnya berbeda dengan orang Yahudi.

Suatu ketika Aisyah radhiyallahu ‘anha melaporkan hal ini  kepada Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam bagaimana perkataan wanita Yahudi yang mengatakan padanya bahwa akan ada siksa kubur bahkan terkadang mendoakannya agar dilindungi dari azab kubur.

Saat itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa tidak ada azab selain azab di hari kiamat dan azab kubur itu hanya diperuntukkan untuk orang Yahudi dan untuk orang-orang kafir lainnya.  Hingga suatu hari Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam masuk kedalam rumahnya dalam keadaan takut dan mengabarkan kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa azab kubur juga berlaku untuk umat Islam. Dan di situlah beliau menyebutkan,

لو تعلمون ما علمت لضحكتم قليلا ولبكيتم كثيرا

“Sekiranya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis”

Itu di antara pemandangan-pemandangan hari kiamat dan alam barzakh yang diperlihatkan kepada beliau dan sebagian mengatakan, itu pada saat shalat gerhana ketika beliau diperlihatkan tentang apa-apa yang akan terjadi pada hari kiamat tentang surga dan neraka. Termasuk di kuburan yang merupakan kedudukan dari kedudukan akhirat dan dia adalah pintu gerbang menuju akhirat. Alam kubur adalah marhalah yang pertama menuju akhirat yaitu alam barzakh. Di sini ulama kita mempersoalkan perkataan tersebut, karena masalah azab kubur sebenarnya telah disebutkan dalam Al-Qur’an. Dan ini adalah dalil Ahlu Sunnah wal jama’ah sekaligus bantahan bagi mereka yang  mengingkari adanya azab kubur, bahwa ada yang dinamakan dengan azab kubur. Dalil-dalil dalam Al-Qur’an di antaranya firman Allah dalam surat Ghafir tentang Fir’aun dan pasukannya.

النَّارُ يُعرَضُونَ عَلَيهَا غُدَوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آَلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ

“Kepada mereka diperlihatkan neraka, pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (lalu kepada malaikat diperintahkan), “Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras.” (QS. Al Mu’min: 46).

Maka apa makna api yang akan selalu diperlihatkan dan diberikan kepada Fir’aun dan pasukannya pagi dan sore hari? Kata  ulama kita itu siksa kubur dan nanti pada hari kiamat mereka akan dimasukkan ke dalam azab yang lebih keras lagi. Persoalannya ayat tersebut adalah makkiyah, dan hadits kita ini  adalah Madaniyah, kisah shalat gerhana di mana beliau baru diperlihatkan tentang kejadian di hari kiamat termasuk adanya azab kubur itu di akhir-akhir dari kehidupan beliau. Lalu ketika ulama ditanya mana dalilnya ada azab kubur di Al-Qur’an? Jawabannya adalah ada dalam surat Ghafir, sedangkan surat Ghafir adalah surat Makkiyah, mengapa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingkari adanya azab kubur pada riwayat di atas? Padahal kalau memang itu adalah dalil akan azab kubur tentu beliau sudah tahu dalil tersebut.

Jawabannya, dalil tersebut diketahui oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau mempercayainya tapi beliau menyangka dalil itu khusus untuk orang kafir saja. Artinya adanya azab kubur bagi umat-umat selain umat Islam itu telah dipahami dan diyakini secara bersama bahwa ada yang dinamakan dengan azab kubur, tapi yang diperselisihkan atau yang belum diketahui oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam waktu itu adalah apakah itu berlaku juga untuk umat Islam atau tidak. Di antara dalil yang juga disebutkan oleh ulama kita tentang azab kubur adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

وَلَنُذِيقَنَّهُم مِن العَذَابِ الاَدنى دُونَ العَذَابِ الاَكبَرِ لَعَلَّهُم يَرجِعُونَ

Dan sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat); mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar).” (As-Sajadah: 21)

Kata Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, “Azab yang lebih keras di akhirat di neraka, dan azab yang juga berat, pembukaan sebelum azab di neraka adalah azab di dalam kuburan. Beliau tafsirkan bahwa Adzabil adna di situ adalah di kuburan sebelum azabil akbar yang lebih akbar lagi di neraka. Berarti ada dalil azab kubur di Al-Qur’an. Ternyata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam akhirnya mendapatkan informasi atau lebih tepatnya wahyu dari Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa azab kubur berlaku untuk semua umat termasuk umat Islam yang melakukan dosa-dosa.

Yang menyebabkan azab kubur di antaranya yang sudah pernah kita bahas, hadits Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma tentang dua orang yang disiksa dengan azab kubur salah satunya adalah tidak membersihkan kencingnya dengan benar. Yang kedua adalah orang yang suka namimah atau yang membawa-bawa cerita untuk mengadu domba dan merusak hubungan sesama manusia. Itulah orang-orang yang disiksa dengan azab kubur walaupun dia termasuk umat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ketika Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan, “Saya mendustakan perkataannya dan tidak suka untuk membenarkannya.” Ini adalah dalil bahwa hukum asal informasi yang datang dari orang kafir tidak dibenarkan, sampai ada bukti-bukti dalam agama kita yang membenarkannya atau bukti yang sangat nyata, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala mengatakan,

ﻳَآ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﺇِﻥ ﺟَﺎﺀّﻛُﻢ ﻓَﺎﺳِﻖٌ ﺑِﻨَﺒَﺄٍ ﻓَﺘَﺒَﻴَّﻨُﻮﺍ ﺃَﻥ ﺗُﺼِﻴﺒُﻮﺍ ﻗَﻮﻣًﺎ ﺑِﺠَﻬَﺎﻟَﺔٍ ﻓَﺘُﺼﺒِﺤُﻮﺍ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎ ﻓَﻌَﻠﺘُﻢ ﻧَﺎﺩِﻣِﻴﻦَ

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al Hujurat : 6)

Jika datang seorang fasik membawa berita, jangan langsung diterima. Kata ulama kita, “Ini jika dia adalah seorang fasik, apatah lagi jika dia adalah orang kafir. Maka informasi yang datang dari orang kafir pada dasarnya tidak kita terima sampai ada bukti yang membenarkan informasinya. Oleh karena itu jangan jadi pengikut-pengikut atau orang-orang yang suka mengonsumsi media-media orang kafir, karena hukum asal media-media kafir adalah untuk memadamkan cahaya Allah Subhanahu wa Ta’ala, kata Allah Subhanahu wa Ta’ala,

يُرِيدُونَ أَن يُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَيَأْبَى اللَّهُ إِلَّا أَن يُتِمَّ نُورَهُ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

“Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, tetapi Allah menolaknya, malah berkehendak menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.” (Qs. At-Taubah: 32)

Artinya mereka ingin memadamkan cahaya agama Allah dengan mulut mereka, maksudnya dengan omongan-omongan mereka melalui media-media yang mereka miliki yang dapat mereka gunakan untuk memadamkan cahaya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tapi yakinlah, tidak mungkin mereka mampu memadamkan cahaya Islam ini. Jadi ini dalil bahwa hukum asalnya berita dari orang kafir kita tidak benarkan, oleh karenanya Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam, ketika mendengarkan, beliau mengatakan, “Tidak benar seperti itu.”

Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika datang kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha, Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan kepada beliau, “Wahai Rasulullah, lalu beliau menceritakan kisah tadi (tentang wanita Yahudi yang mengatakan ada siksa kubur, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, bahwa keduanya benar). Dan ini adalah dalil bahwa kita benarkan jika memang ada bukti dan dalil yang mengatakan bahwa dia adalah benar, jadi kita juga tidak mendustakan secara mutlak, apatah lagi kalau memang ada bukti kebenarannya. Tapi kita membenarkan bukan semata karena orang tersebut telah menyampaikan informasi. Tapi, karena memang datang kebenaran dengan bukti-bukti yang lain. Sama dengan ketika setan mengajarkan kepada Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengajarkan bacaan ayat kursi sebelum tidur ketika Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu melaporkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka beliau berkata,

أَمَا إِنَّهُ قَدْ صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوبٌ

“Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta.”

Artinya setan dan pengikutnya kebanyakan dusta, tapi kalau benar maka kita juga benarkan. Tapi kebenaran tersebut bukan karena dia yang mengatakannya, tapi karena ada dalil yang datang dari syariat kita yang mengatakan kebenaran informasi tersebut. Pada hadits ini  Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  mengatakan bahwa sesungguhnya para penghuni kubur akan disiksa (tentu saja  yang dimaksud adalah para penduduk kubur yang memang pantas untuk disiksa. Adapun yang tidak disiksa maka kuburannya adalah raudhah min riyadhil jannah, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Abu Said Al-Khudri walaupun ada kelemahan dalam riwayatnya namun dihasankan oleh sebagian ulama kita. Tapi, maknanya insya Allah benar, bahwa kuburan itu hanya dua kemungkinannya, hufratun min hufarin nar atau raudhah min riyadhil jannah. Dia adalah kebun dari kebun-kebun surga yang digambarkan dalam hadits bahwa kapan seseorang kuburannya adalah kebun dari kebun-kebun surga, dia akan tidur nyenyak menunggu hari kiamat yang sangat panjang, begitu lama dia menunggu tapi dia nyenyak dalam kuburannya dan tidak akan mungkin dibangunkan kecuali hari kebangkitan.

Dalam hadits diibaratkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ibaratnya seorang pengantin baru yang tidak mungkin dia bangun kecuali dibangunkan pasangannya yang dia cintai. Itu kalau pengantin baru, bahwa nyaman tidurnya dan nanti terbangun kalau pasangannya yang membangunkan begitu kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ibaratnya orang yang kuburannya adalah raudhah min riyadhil jannah karena diperlihatkan bagaimana dia di surga kelak sehingga dia begitu nyaman menunggu sampai hari kebangkitan. Sebaliknya wal iyadzu billah, jika kuburannya adalah hufratun min hufarin nar maka waktu yang begitu lama menunggu datangnya hari kiamat itu penuh dengan siksaan. Dan bagaimana ketika seseorang menunggu tapi bukan menunggu kapan selesainya siksaan tersebut namun menungggu untuk menuju kepada siksaan berikutnya yang jauh lebih keras dari siksaan yang sebelumnya. Tidak ada lagi tempat pelarian. Tidak mungkin dia dikembalikan ke dunia ini karena telah selesai tugasnya di dunia. Tugas beramal hanya di dunia, adapun di akhirat yang dimulai dengan kuburan, tinggal menikmati dan menuai apa yang telah kita lakukan di dunia yang singkat ini.

Kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa siksaan itu didengarkan oleh hewan ternak. Artinya jeritan-jeritan orang yang dipukul di liang kuburnya itu keras sekali terdengar, tapi tidak ada yang mendengarkannya kecuali binatang ternak saja. Dan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari sahabat yang mulia  Abu Said Al-Khudri radhiyallah ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam  mengatakan,

لَوْلَا أَنْ لَا تَدَافَنُوا لَدَعَوْتُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ أَنْ يُسْمِعَكُمْ من عَذَابَ الْقَبْرِ ما أسمعني

“Seandainya kalian tidak akan saling menguburkan, tentulah aku akan berdoa kepada Allah agar memperdengarkan kepada kalian siksa kubur yang aku dengar.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengarkan siksa kuburan, oleh karenanya ketika beliau melewati kuburan yang sementara disiksa penghuninya, beliau menyampaikan kepada para sahabat bahwa penghuni kuburan ini sedang disiksa. Ini yang menyebabkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, beliau meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan ini menunjukkan bahwa semakin besar pengetahuan seseorang tentang akhirat, tentang neraka dan kuburan, maka semakin besar rasa takutnya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka diantara kiat untuk mempertebal dan memperbesar rasa takut kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, yaitu dengan mengilmui tentang akhirat, tentang neraka dan penyebab-penyebab orang mendapatkan siksanya serta mengilmui tentang surga dan segala kenikmatannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi  wa sallam mengatakan bahwa seandainya bukan karena kalian saling menguburkan tentu beliau sudah berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar para sahabat bisa mendengarkan siksa kubur tersebut agar mereka takut terhadapnya. Hari ini, kadang sebagian orang pergi ke kuburan mengantar jenazah akan tetapi dia masih bisa tertawa, di kanan kirinya kuburan, di depan belakangnya kuburan, dan ada juga yang sedang dimasukkan ke dalam kubur namun dia belum bisa mengambil pelajaran dan merasa takut. Padahal, mungkin saja di kanan kirinya sedang disiksa dan berteriak-teriak. Dan inilah yang dimaksudkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa seandainya beliau mau berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala maka para sahabat akan diperdengarkan, tapi kapan mereka diperdengarkan mereka akan lari. Bayangkan bila mereka membawa mayat. Baru saja jenazahnya mau dikuburkan, lalu mereka mendengarkan di samping mereka sedang disiksa, maka seketika itu mereka akan lari meninggalkan mayat tersebut. Makanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa Seandainya bukan karena masalah ini, beliau pasti sudah berdoa agar para sahabat juga tahu bagaimana sebenarnya siksa kubur itu. Wallahu Musta’an. Lalu Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan,

فَمَا رَأَيْتُهُ بَعْدُ فِي صَلاَةٍ إِلاَّ تَعَوَّذَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Maka sejak itu saya tidak pernah melihat beliau melaksanakan shalat kecuali beliau meminta perlindungan dari azab  kubur.

 

Sejak beliau mengetahui bahwa azab kubur itu tidak hanya berlaku untuk orang Yahudi dan orang kafir lainnya, akan tetapi juga berlaku untuk umat Islam yang berdosa yang pantas untuk mendapat siksa, maka setiap beliau shalat (di sini ada kata fi shalatihi dan sebelumnya ada kata nafi dan dalam bentuk nakirah, menunjukkan bentuk keumuman, artinya entah shalat wajib atau shalat sunnah) maka pasti beliau meminta perlindungan dari azab kubur. Dan ini menunjukkan bahwa bahayanya azab kubur, sampai-sampai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu mengulang-ulangi doa perlindungan darinya. Kata ulama kita, bahwa ini di antara bentuk kesempurnaan nasihat Nabi shallallahu alaihi wa sallam kepada umatnya. Beliau selalu memohon perlindungan dari hal ini, padahal beliau adalah seorang Nabi yang telah mendapat jaminan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa beliau tidak mungkin disiksa dalam kuburannya.

Akan tetapi beliau mau mengingatkan kepada kita agar kita merasa malu, jika saja beliau yang sudah mendapat jaminan, tapi beliau masih saja meminta perlindungan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka apatah lagi kita yang tidak ada yang menjamin. Sama dengan ketika beliau selalu beristigfar, padahal beliau tidak berdosa atau jika ada dosanyapun sangat sedikit dan sudah diampuni langsung oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan beliau telah minta taubat kepada Allah Subhanhu wa Ta’ala. Tapi istigfar beliau tidak kurang dari tujuh puluh kali bahkan seratus kali dalam sehari semalam. Maka bagaimana dengan kita yang setiap saat berbuat dosa, kenapa kita enggan beristigfar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala?

Dalil ini digunakan oleh sebagian ulama, bahwa memohon perlindungan dari azab kubur hukumnya adalah wajib. Ini menurut pendapat mazhab dzhahiriyah dan diambil oleh sebagian ulama hadits seperti Syaikh Al-Albani rahimahullah yang mewajibkan sebelum salam untuk mengucapkan doa memohon perlindungan yang salah satunya adalah dari azab kubur. Walaupun pendapat yang rajih adalah ini tidak wajib, karena ada dalil-dalil yang lain menyebutkan secara umum bahwa dia bukan sesuatu yang wajib. Adapun beliau melakukannya untuk menunjukkan pentingnya masalah ini.

Dan ini sekaligus dalil ahlus sunnah dan bantahan yang keras kepada mereka-mereka yang masih memungkiri adanya azab kubur. Mereka-mereka yang dari kalangan Mu’tazilah memungkiri adanya azab kubur. Dengan dalih bahwa hadits-hadits tentang hal itu hanya ada dalam hadits-hadits ahad. Ini adalah kebodohan mereka dalam masalah syariat, padahal dalil-dalil tentang azab kubur sudah ada dalam Al-Qur’an dan tercantum dalam hadits-hadits Bukhari dan Muslim.

Adapun perkataan mereka bahwa haditsnya ahad bukan hadits mutawatir, pertama ini masih bisa didiskusikan apakah dia hadits mutawatir atau hadits ahad. Adapun yang kedua walaupun dia hadits ahad, namun selama dia adalah hadits shahih maka seorang muslim wajib untuk meyakininya. Ini adalah aqidah ahlu sunnah wal jama’ah.

Mereka memiliki kaidah yang lucu dan mengherankan. Mereka mengatakan bahwa hadits-hadits ahad yang shahih kita terima tapi dalam masalah aqidah kita hanya terapkan secara ibadah tapi tidak kita yakini secara aqidah sehingga mereka mau mengamalkan hadits ini yaitu sebelum salam mengucapkan doa perlindungan dari azab kubur. Akan tetapi mereka tidak meyakini adanya azab kubur. Lalu, untuk apa kita meminta perlindungan dari sesuatu yang tidak ada?

Beginilah jadinya ketika kita memisahkan antara masalah fiqhi dan ibadah. Padahal Islam tidak memilah syariat ini. Ibadah adalah bagian dari aqidah. Aqidah menjadikan kita rajin beribadah sebagaimana akhlak dan aqidah adalah dua hal yang tidak mungkin terpisahkan.

Loading

Tinggalkan Balasan