haf

Makassar – Setelah enam hari ujian final, akhirnya proses belajar-mengajar di Tahun Akademik 2015-2016 M secara resmi ditutup dengan diadakannya Haflah Ikhtitam di Masjid Anas bin Malik kampus STIBA Makassar, Sabtu, 28 Sya’ban 1437 H/ 4 Juni 2016 M. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa(i) STIBA, para pengelola, dan beberapa alumni yang saat ini melanjutkan studi di Saudi.

Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. selaku Ketua STIBA dalam sambutannya menyampaikan bahwa haflah ikhtitam adalah agenda semesteran selain haflah iftitah. Tujuan diadakan haflah ikhtitam untuk memberikan motivasi, arahan dan beberapa informasi penting. “Masjid Anas bin Malik dipilih menjadi tempat kegiatan ini karena memiliki peran besar di kampus ini,” ujarnya.

Dalam arahannya, Ustadz Yusran mengutip faedah dari firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang dibaca Qori’ di awal acara,

يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين اتوا العلم درجات

Artinya: “Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al-mujadalah : 11).

Kandidat doktor hadis al-Medinah International University ini memandang ayat tersebut perlu dibaca pada haflah ikhtitam agar para mahasiswa tetap melanjutkan menuntut ilmu karena akhir kita dalam menuntut ilmu adalah surga. Beliau juga mengingatkan bahwa ujian dunia tidak sebanding dengan ujian akhirat, tetapi ada beberapa pelajaran yang perlu diambil dari ujian dunia.

Sementara, Ustadz Muhammad Taufan Djafry selaku PK III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama berpesan agar mahasiswa memanfaatkan sebaik-baiknya momentum bulan Ramadhan untuk mengangkat derajat kita di sisi Allah Ta’ala dan mendapat ampunan sebesar-besarnya.

Adapun Ustadz Kasman Bakri mewakili Bidang Akademik menyampaikan bahwa jadwal pengumuman nilai ujian adalah pada 11 Juni 2016 M. Maka bagi mahasiswa yang mendapat nilai di bawah standar, ditekankan mengikuti ujian remidial dan mengikuti prosedur yang ada. Ia juga menyampaikan bahwa STIBA akan membuka 2 prodi baru yaitu prodi ekonomi syariah dan prodi pendidikan Bahasa Arab ke depannya setelah mendapat izin dari kopertais.

Ustadz Musriwan mewakili Bidang Umum menyampaikan, masa registrasi ulang tahun ajaran berikutnya 22-25 Agustus 2016 M. Maka diharapkan mahasiswa memerhatikan betul hal ini dan memerhatikan NIM/NIMKO dengan baik. (Farid/INFOKOM BEM).

Loading

Tinggalkan Balasan