Minggu, 10 Juli 2016

Kiprah Alumni STIBA Makassar Sebarkan Dakwah di Tanah Luwu

WhatsApp-Image-20160617

Kiprah alumni STIBA Makassar dalam kancah dakwah di tanah air makin diperhitungkan. Salah satunya adalah peran Ustadz Masdin Udu, Lc. Alumni STIBA 2010 dalam menyebarkan dakwah Islam yang wasathiyah di Tanah Luwu Sulawesi Selatan. Selaku Ketua DPD Wahdah Islamiyah Luwu, Ustadz Masdin aktif melakukan pembinaan kepada seluruh lapisan masyarakat Luwu.

Selama Ramadhan 1437 H, ustadz muda asal Enrekang ini menjadi pemateri dalam kegiatan Polisi Santri. Kegiatan ini adalah program Polda Sulsel bagi Polres se-Sulawesi Selatan melalui Satbimas. Salah satunya di Polres Luwu. Untuk Polres Luwu Belopa bekerjasama dengan DPD Wahdah Islamiyah Luwu.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tujuh hari mulai hari Kamis-Rabu, tgl 9-15 juli 2016. Diikuti peserta  anggota polres luwu sebanyak 10 orang pilihan. Kegiatan ini berlangsung di Pondok Pesantren Dalil al Hajiri Wahdah Islamiyah Luwu dan Juga di Masjid Polres Luwu.

Menurut Ustadz Masdin, tujuan kegiatan ini diadakan adalah sebagai sosialisasi khususnya anggota polres tentang pemahaman yang benar dalam masalah agama. Dan dari kegiatan ini diharapkan  anggota polres ikut ambil bagian dalam dakwah sebagai bentuk pencegahan terhadap tindak pidana. Jadi Polres Luwu ingin mengubah cara penindakan tindak pidana yang dulunya menangkap pelaku dan memenjarakan, namun setelah memahami konsep dakwah maka pelaku didekati dengan pendekatan pembinaan kerohanian melalui dakwah yang bijak dan santun sebelum pelaku melakukan dan setelah malakukannya walaupun akan tetap ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Dalam kegiatan tersebut Ustadz Masdin memberikan materi Dirosa sebagai awal untuk mengenalkan dan memperbaiki bacaan Al Qur’an, kemudian latihan khotbah dan materi suplemen seperti kajian hadis Kitabul Jami’ Bab Adab, kisah-kisah orang shaleh, dan materi lainnya.

Ustadz Masdin Udu juga terlibat aktif dalam Pengajian Ormas se-Kabupaten Luwu. Pengajian ini diikuti oleh Ormas-ormas Islam seperti FUI, Hidayatullah, Muhammadiyah, NU, Istiqomah, Persamil, Wahdah Islamiyah dan MUI Luwu. Pada pengajian yang digelar belum lama ini, Ustadz Masdin tampil membawakan tadabbur ayat yang dibacakan oleh qori’ di awal acara.

Atas perannya ini, Ustadz Masdin mendapatkan penghargaan dari pemerintah setempat.

WhatsApp-Image-20160701 WhatsApp-Image-20160701 (1) WhatsApp-Image-20160617 (1)