harb

Umat Islam belakangan ini sedang mengalami masa-masa ujian. Di mana-mana, ada saja yang ditindas. Di sebagian negeri, antar sesama muslim berselisih, saling bermusuhan, dan bahkan saling mengkafirkan.

Atas berbagai fenomena itu, Syekh Abdullah bin Salim al-Harbi, imam dan khatib Masjid Jami Ridwan Dammam, Arab Saudi memberikan sejumlah nasihat. Dia hadir dalam tablik akbar yang berlangsung di Masjid Anas bin Malik, kompleks kampus Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Makassar, Sabtu (1/4/2017).

Dalam tablik akbar bertema, “Sebab-sebab Kemenangan dan Kejayaan” itu, Syekh Abdullah mengingatkan bahwa kemenangan akan datang jika umat muslim bersatu. Perselisihan, sekecil apapun, adalah benih-benih kegagalan dan kehancuran. Makanya, dia meminta para ulama agar selalu mengupayakan persatuan.

Bagaimana agar bisa bersatu? Salah satu kuncinya adalah dengan memperbaiki niat dan hati. Aktvitas dakwah dan ibadah yang dilakukan semata-mata bersandar pada Alquran dan Sunnah dan demi mengharap keridhaan Allah Subhanahu wata’ala. Jika terjadi perselisihan, dia mengimbau agar dilakukan dialog. Bukan saling menjelekkan satu sama lain.

“Kalau niatnya sama, lalu untuk apa berselisih?” kata Syaikh Abdullah dalam bahasa Arab yang diterjemahkan Ustaz Fadhlan Akbar, Lc., M.H.I., dosen STIBA Makassar yang sekaligus ketua DPD Wahdah Islamiyah Makassar.

Menurutnya, dengan dialog, persatuan bisa diwujudkan. Kalaupun pihak tertentu tidak menerima tawaran dialog, maka tidak perlu dimusuhi. “Jangan musuhi dia karena Allah lebih mengetahui keinginanmu untuk bersatu,” lanjutnya.

Dalam setiap perjuangan, katanya, memang selalu akan ada ujian. Allah Subhanahu wata’ala menurunkan ujian sebagai hukuman atau sebagai teguran bahwa langkah yang dilakukan keliru. Ujian menjadi keniscayaan dalam kehidupan manusia untuk naik ke level yang lebih tinggi.

Dalam menghadapi ujian itu, Syaikh Abdullah menasihatkan agar seseorang itu tetap istiqamah, teguh, dan konsisten berpedoman pada Alquran dan Sunnah. Seluruh potensi harus dimaksimalkan sambil bertawakkal kepada Allah Subhanahu wata’ala.

“Walaupun kita memiliki semuanya, akal, harta, dan segala fasilitas, tetapi jika Allah tidak berkehendak, maka tidak akan ada kesuksesan,” tambahnya dalam tablik akbar yang dihadiri Ketua STIBA Ustaz Muhammad Yusran Anshar Lc., M.A. itu.

Ujian juga bertujuan menyaring orang-orang yang tidak jujur, tidak ikhlas. Mereka akan berguguran dengan sendirnyai. Pada akhirnya, akan menyisakan orang yang benar-benar murni keikhlasannya.

Salah seorang jemaah sempat bertanya, kapan pertolongan Allah turun di Indonesia. Belakangan ini, negara berpenduduk muslim terbesar di dunia ini diterpa berbagai ujian, namun sepertinya pertolongan Allah belum turun sejauh ini.

Syaikh Abdullah lantas menceritakan secara singkat kisah-kisah orang terdahulu. Menurutnya, ujian yang dialami muslim di Indonesia masih jauh lebih ringan dibandingkan cobaan orang-orang terdahulu. Ada yang sampai digergaji karena teguh memperjuangkan syariat Allah Ta’ala.

Menurutnya, pertolongan Allah akan turun ketika segala usaha sudah mencapai puncaknya. Ketika semua upaya dan potensi telah dikerahkan. Manusia tidak boleh berputus asa. Segala usaha harus tetap dilakukan sambil terus berharap kepada Allah yang Maha Berkehendak. (sumber: fajaronline)

Loading

Tinggalkan Balasan