go1

Wacana pembukaan program studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) kian mengemuka. Dalam rangka lebih mematangkan rencana ini, STIBA Makassar mengutus Pembantu Ketua I Bidang Akademik Ustadz Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I., Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Ustadz Sofyan Nur, Lc., M.Ag., serta Ustadz Islahuddin Ramadhan Mubarak, Lc. dosen STIBA yang merupakan alulmni terbaik Gontor angkatan 2006 untuk melakukan studi banding ke UNIDA Gontor.

Di samping wacana pembukaan prodi HES, STIBA juga sedang menjajaki pembukaan Program Kaderisasi Ulama sebagai program unggulan yang diharapkan dapat mencetak kader ulama masa depan.

Pemilihan UNIDA Gontor sebagai lokasi studi banding dianggap tepat karena UNIDA memiliki Fakultas Syariah dengan dua prodi; Perbandingan Madzhab dan Hukum dan Hukum Ekonomi Syariah, serta telah berpengalaman mengelola Program Kaderisasi Ulama.

Studi banding ini bertujuan mempelajari sistem yang dikembangkan di UNIDA dari segi kurikulum, sistem perkuliahan, tenaga pendidik/kependidikan dan lain-lain, pada prodi PMH, HES maupun PKU.

Saat diterima di UNIDA Gontor oleh Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.Phil., beliau secara singkat menceritakan tujuan didirikannya PKU, yaitu untuk fokus menghadapi serangan ghazwul fikr yang gencar di kampus-kampus, yang beliau istilahkan dengan perang.

“Tujuan maksimalnya adalah melahirkan kader-kader yang siap berhadapan dengan serangan liberalisasi dan lain-lain. Tujuan minimalnya adalah mengurangi jumlah orang-orang yang pro-liberalisme, sekulerisme,” ujarnya.

Menurut beliau, sekarang kita berhadapan dengan 4 jenis orang: Orang Islam yang liberal, orang Islam yang sekuler, orang Islam yang abangan, dan orang ateis.

Karena itu, beliau sangat mendukung untuk mendirikan PKU di STIBA  dengan lama pendidikan dua tahun.  Dengan mengambil konsentrasi pada pendidikan bidang tafsir atau hadis.

Untuk kepentingan pembentukan PKU di STIBA, Ketua MIUMI Pusat ini menawarkan kepada STIBA untuk mengirimkan kadernya ke PKU Gontor untuk dididik dan sekaligus mempelajari sistem pengelolaan PKU, serta melanjutkan program S2 di UNIDA Gontor.

Studi banding ini berlangsung selama dua hari, Sabtu-Ahad, 25—26 Maret 2017.

go3 go2 go

 

Loading

Tinggalkan Balasan