: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Himpunan Mahasiswa Jurusan PM STIBA Makassar prakarsai Daurah Sepekan Menghafal Kitabul Jami’

ih

(stiba.ac.id) Makassar – Memanfaatkan momen liburan semester, Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbandingan Mazhab STIBA Makassar mengadakan kegiatan Daurah sepekan Menghafal Kitabul Jami’ dan Syarahnya. Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa STIBA yang tidak mudik liburan ke kampung halaman ini berlangsung 16-21 Desember 2017.

Jusmar Zulhandi selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah bagaimana mahasiswa yang nantinya akan dikirim sebagai dai ke seluruh pelosok nusantara memiliki bekal keilmuan yang mumpuni. Kitabul Jami juga dipilih karena menghimpun hadits-hadits yang dibutuhkan oleh masyarakat kaitannya dengan adab dan akhlak kehidupan sehari-hari.

Ketua HMJ STIBA, Muh. Ihsan Dahri menambahkan bahwa daurah ini merupakan wujud dari kecintaan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Kecintaan yang tentunya akan berimplikasi pada kecintaan Allah kepada kita sebagai hamba-Nya.

Syarah hadits yang dibawakan oleh Ustadz Muhammad Yusran Anshar menjadi pelengkap dari kegiatan ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan salah satu Hadits Mutawatir di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam  bersabda, “Semoga Allah menjadikan berseri-seri wajah orang yang mendengarkan perkataanku, memahaminya, menghafalkannya dan menyampaikan sesuai apa yang didengarkan”.

Ustadz Yusran menegaskan bahwa Daurah Hadits ini sudah inklud tiga dari empat yang termaktub dalam hadits ini. Tinggal implementasinya adalah pengamalan dan menyampaikan kepada masyarakat kita sebagai aplikasi dari hadits tersebut.

Beliau juga mengapresiasi acara yang perdana diselenggarakan di STIBA, khususnya bagi ikhwan. “Semoga ke depannya kegiatan seperti ini akan terus diadakan”, tutupnya. (M. Ihsan Dahri)

ih1

Foto: Muhammad Ihsan Dahri, Ketua HMJ-PM STIBA Makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *