: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Delegasi BAN-PT Visitasi AIPT STIBA Makassar

(stiba.ac.id) Makassar – Tim Asesor BAN-PT yang terdiri dari Dr. Ahmad Yani Anshori, M.Ag. dan Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. mengunjungi STIBA Makassar pada Kamis (5/4/2018). Visitasi ini adalah dalam rangka Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT)  STIBA Makassar.

Visitasi diawali dengan penyambutan tim asesor oleh seluruh sivitas akademika STIBA Makassar di masjid Anas bin Malik.

Dr. Ahmad Yani Anshori, M.Ag. selaku ketua tim asesor mengatakan dalam sambutannya bahwa BAN-PT punya ukuran dan standar dalam penyelenggaraan pendidikan, itu dimaksudkan agar setiap institusi tidak mengukur keberhasilannya sesuai ukurannya masing-masing.

“Kebenaran tidak bisa diukur dengan baju kebenaran masing-masing, karena pasti ia tak akan ketemu. Olehnya Badan Akreditasi Nasional membuat standar akreditasi untuk menilai perguruan tinggi baik di tengah kota hingga ke pelosok wilayah”.

Dr. Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. dalam sambutannya mengisahkan perjalanan STIBA dari awal dibangunnya hingga sampai pada akreditasi hari ini. Kampus yang awalnya hanya dibuka untuk pembelajaran bahasa Arab itu mendapat respon dari masyarakat. Sehingga hal tersebut yang menginspirasi para pendiri kampus dalam mendirikan kampus formal.

“Kampus kita dimulai tahun 1998 kemudian saat itu hanya menerima 35 siswa untuk belajar bahasa Arab saja. Namun kita lihat minat dan keinginan kaum muslimin maka semangat dan antusias ini kita tanggapi dengan baik dengan mengupayakan adanya pendidikan formal. Dan alhamdulillah tahun 2002 kita punya izin penyelenggaraan pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa alumni STIBA merupakan lulusan yang akan diutus ke tengah-tengah masyarakat sehingga keberadaan alumninya terasa dengan baik di masyarakat dan mampu menjadi konsultan keislaman dalam ilmu yang ditekuninya.

Ir. Nursalam selaku ketua Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiah turut hadir dan memberikan wejangan dalam kegiatan tersebut. Ia menyampaikan pentingnya akreditasi ini dilakukan karena akan memberikan jaminan bagi STIBA dan akan mendorong STIBA untuk terus melakukan perbaikan kualitas dan legalitas pendidikan formal yang diselenggarakan.

“Manfaat dari akreditasi institusi ini tentu akan memberikan jaminan dan mendorong STIBA untuk melakukan perbaikan ke depannya dan melengkapi hal-hal yang masih kurang dalam penilaian,” pungkasnya.

Setelah penyambutan, tim asesor melakukan wawancara langsung dengan para dosen, mahasiswa, alumni, dan stakeholder STIBA Makassar sebelum melakukan pemeriksaan borang. (ihsan/wahyu/kahar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *