: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Empat Bulan Jalani Magang di STIBA, Ini Kesan Mahasiswi USIM Malaysia

(stiba.ac.id) Makassar – Menindaklanjuti kemitraan yang telah terjalin antara STIBA Makassar dan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), pihak USIM mengutus dua orang mahasiswinya melakukan magang di kampus STIBA Putri.

Sebelum mengakhiri masa magangnya, salah seorang mahasiswi tersebut menuliskan kesan-kesannya selama berada di STIBA. Berikut selengkapnya: 

“Mengambil keputusan untuk menjalani magang di STIBA Makassar adalah keputusan yang tepat. Meskipun terpaksa berjauhan dari keluarga, terpaksa keluar dari ‘zon selesa’ dan terpaksa mengeluarkan banyak wang belanja, namun karena cita-cita, semua itu bukan masalah utama.

Sepanjang 3 bulan 25 hari (sehingga tanggal 28 Mei 2018) berada di STIBA Makassar, begitu banyak manfaat yang telah saya rasakan.

Pertamanya. STIBA Makassar telah menyadarkan saya tentang tanggungjawab sebenar seorang ‘Mahasiswi Sunnah’, untuk mengamalkan segala ilmu yang telah dipelajari sebelum ini, di samping mengingatkan saya erti tanggungjawab dalam memastikan segala ilmu yang diamalkan dan disampaikan kepada orang awam adalah ilmu yang sahih dan bermanfaat.

Keduanya. Jelas terdapat peningkatan dari segi penguasaan Bahasa Arab dalam percakapan harian. Meskipun masih belum mampu mencapai tahap ‘Mumtaz‘, namun pepatah Inggeris ada mengatakan bahawa ‘Something is better than nothing’. Atau dalam Bahasa Malaysianya ‘Sesuatu itu lebih baik daripada tiada apa-apa’.

Kalau sebelum ini hanya mampu ‘tersenyum’ apabila diajak berbicara di dalam Bahasa Arab, kini sekurang-kurangnya sudah mampu berkomunikasi dalam Bahasa Arab sedikit demi sedikit. Alhamdulillah.

Ketiganya. Saya bersyukur kerana berpeluang untuk hadir dalam Majlis Ta’lim yang diadakan hampir setiap hari. Begitu banyak hal baru yang saya pelajari. Sungguh beruntung mahasiswa/i STIBA kerana dipenuhi dengan majelis-majelis ilmu seperti itu setiap hari.

Justru itu saya amat berharap agar kerjasama yang baik antara STIBA Makassar dan USIM dapat diteruskan untuk tahun-tahun berikutnya, agar manfaat yang banyak ini turut dapat dirasai oleh mahasiswa dan mahasiswi USIM yang lain.

Saya juga berharap agar satu saat nanti diberi kesempatan untuk melanjutkan S2 dalam jurusan Hadith di STIBA Makassar ini. Mudah-mudahan.

Akhir kalam. Syukran Katsiran di atas segala perhatian dan kebaikan yang diberikan sepanjang keberadaan saya di sini. Mohon maaf di atas segala kekurangan dan keterlanjuran dari pihak saya, mewakili USIM serta Fakulti Quran dan Sunnah sendiri sepenjang keberadaan kami di sini. Diharapkan pihak STIBA Makassarkhususnya dari bagian keputrian sendirimendapat sedikit manfaat dari kehadiran kami di sini.”

بارك الله فيكم.

Sehingga ketemu lagi.

Nur Shyamiza binti Mohd Arshad,

22 Syaban 1439H,

Makassar, Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *