: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

STIBA Makassar Gelar Buka Bersama

(stiba.ac.id) Makassar – STIBA Makassar mengadakan buka bersama seluruh civitas academica STIBA, peserta Daurah 17 Hari Menghafal Alquran beserta orang tua masing-masing, dan tamu undangan. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 18 Ramadhan 1439 H (3/5/2018) di Masjid Anas bin Malik. 

Ustaz Jahada Mangka, Lc., M.A. yang membawakan ceramah jelang berbuka mengangkat topik tentang kemuliaan Alquran. Menurutnya, kemuliaan Alquran dapat berimbas kepada apa saja yang terkait dengannya. Ia mencontohkan, tempat yang paling mulia di dunia ini adalah masjid, karena di dalamnya dibacakan Alquran. Demikian pula negeri yang paling utama adalah Makkah dan Madinah karena merupakan negeri di mana Alquran diturunkan. 

Ustadz Jahada menambahkan contoh lainnya, bahwa di antara 12 bulan dalam setahun, yang paling mulia adalah bulan Ramadhan karena merupakan bulan diturunkannya Alquran. Sementara malam yang paling mulia adalah malam di mana Alquran diturunkan yaitu malam Lailatul Qadr. Malaikat Jibril menjadi penghulu para malaikat karena Jibrillah yang menyampaikan Alquran kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam.

“Manusia yang paling utama,” lanjut Ustadz Jahada, “adalah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam. Nabi Ibrahim seharusnya jadi nabi paling mulia karena punya dua anak nabi, yaitu Ismail dan Ishaq. Nabi Ishaq punya anak bernama  Yaqub juga jadi nabi. Putra Nabi Ya’qub, Yusuf, juga menjadi nabi. Tapi karena Alquran turun kepada Nabi kita maka beliau menjadi nabi yang lebih utama,” papar Ustadz Jahada.

Umat yang paling utama adalah umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam karena diturunkan kepada mereka Alquran.

 Kesimpulannya, siapa saja yang punya kaitan dengan Alquran maka jadi paling baik. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.”

Karena itu, Ustadz Jahada menegaskan bahwa satu-satunya solusi untuk mengembalikan kejayaan umat adalah kembali kepada Alquran.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *