(STIBA.ac.id) Pangkep – Usai menyimak pengarahan dan tausiah dari Ketua STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar Lc., M.A., Ph.D., seluruh personil Mapala memulai ekspedisinya, Jumat (11/01/2019). Titik start dari kampus STIBA Makassar menuju Desa Tompo Bulu Kec. Balocci, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan untuk melakukan Diklatsar III Mapala. Tema yang diusung dalam Diklatsar kali ini adalah ”Kebangkitan Generasi 554”.

Peserta Diklatsar III melakukan longmarch sejauh 40 km dari Kecamatan Balocci menuju Desa Tompo Bulu yang ditempuh selama enam jam perjalanan. Tiba di Desa Tompo Bulu, dilakukan registrasi bagi para pendaki Gunung Bulusaraung.

Start pendakian dimulai pukul 12 malam menuju Pos V (tempat camp diadakan). Perjalanan ini ditempuh selama tiga jam pendakian. Tiba di Pos V, seluruh peserta bersama-sama mendirikan tenda.

Keesokan harinya, acara dilanjutkan pukul 4:30. Dimulai dengan shalat Subuh berjamaah kemudian dilanjutkan dengan tilawah masing-masing kelompok Diklatsar III.

Pada sesi pagi itu, peserta diklatsar mendengarkan materi-materi yang disampaikan. Teknik bertahan hidup di tengah hutan belantara disampaikan dalam materi survival  yang dibawakan oleh narasumber Oga Budianto. 

Sementara materi mountaineering yang mengajarkan hal-hal penting dalam pendakian yang harus diperhatikan oleh para pendaki disampaikan oleh Triraswan (Wakil Ketua Mapala). Di samping itu, para peserta pun diajarkan pengenalan tentang P3K, latihan fisik, dan outbond.

Kegiatan Diklatsar III ini kemudian dilanjutkan dengan tausiah dan ramah tamah. Tausiah dibawakan oleh pembina Mapala Ustaz Syandri Sya’ban Lc., M.A. dan Ustaz Tajuddin, S.Pd.I.

Pendakian ke puncak dari Pos V dimulai pukul 2 dini hari menuju Pos VIII dan dilanjutkan menuju puncak. Di puncak Gunung Bulusaraung dengan ketinggian 1353 mdpl inilah, sebanyak 23 anggota muda Mapala STIBA Makassar dilantik. Pelantikan ini ditandai dengan serah terima slayer.

Reporter: Azwar Malik Faturrahman

 

Loading

Tinggalkan Balasan