: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

PCD-DPPWI, Program Bersama STIBA Makassar dan Wahdah Islamiyah Lahirkan Alumni Berkualitas

(STIBA.ac.id) Makassar –  Ketua STIBA Makassar didampingi Waka I dan Waka III menerima kunjungan pimpinan-pimpinan DPP Wahdah Islamiyah, Rabu (23/10/2019) di Ruang Rapat STIBA Makassar. Tampak di antara rombongan pengurus pusat Wahdah yang hadir Ketua Bidang I Ustaz Muhammad Qasim Saguni, Kadep. Kaderisasi Ustaz Muhammad Taufan Djafri, Ketua DUD Ustaz Syamsuddin Kurru, Kepala LKPDM Ustaz Jahada Mangka, Kepala LP2AR Ustaz Hendra Ismail, Kepala LP2KS Ustaz Amir Gani, serta didampingi sekretaris masing-masing.

Kehadiran para pimpinan Wahdah Islamiyah ini dalam rangka mematangkan rencana kerja sama dengan STIBA Makassar melalui program Pembekalan Calon Dai Wahdah Islamiyah Tahun 2020 atau disingkat PCD-DPPWI.

Dalam pertemuan itu kedua belah pihak menyepakati bahwa PCD-DPPWI nantinya akan diikuti oleh mahasiswa STIBA semester akhir atau alumni.

Ustaz Qasim Saguni mengatakan, melalui program ini, mahasiswa ataupun alumni diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai dai, khatib, mubaligh, murabbi, dan qiyadah al-ummah (pemimpin umat). Mahasiswa maupun alumni yang mengikuti program ini juga diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai dai yang mandiri dan memiliki mentalitas yang kuat menghadapi tantangan di medan dakwah.

Pengampu Program Pembekalan Calon Dai Wahdah Islamiyah Tahun 2020 nantinya akan ditetapkan oleh ketua bidang I DPP WI. Mereka terdiri dari para dosen STIBA, trainer Wahdah Islamiyah, dan narasumber yang diundang oleh pihak penyelenggara.

Sementara pihak pelaksana dari program ini adalah Departemen Urusan Daerah (DUD) DPP Wahdah Islamiyah bekerja sama dengan STIBA Makassar yang akan dituangkan dalam bentuk MoU.

Kurikulum program PCD-DPPWI memuat mata kuliah umum yang meliputi tema-tema tsaqafah dan ruhiyah dai. Mata kuliah pokok meliputi mata kuliah dai dan khatib, mata kuliah murabbi, mata kuliah manajemen dan leadership, serta beberapa mata kuliah penunjang.

Menanggapi program Pembekalan Calon Dai Wahdah Islamiyah Tahun 2020 tersebut , Ustaz Ahmad Hanafi selaku ketua STIBA Makassar mengatakan bahwa pihaknya secara umum menerima kerja sama ini.

“Secara umum kita menerima kerja sama ini. Tinggal persoalan waktu yang belum kita tetapkan. Kalau pihak DPP WI mengusulkan pembelajaran berlangsung tiap hari selama lima bulan. Tapi kita minta cukup dua hari penuh karena selebihnya akan digunakan mahasiswa untuk fokus menyelesaikan skripsi mereka,” ujar Ustaz Ahmad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image