: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Seminar Alquran dan Bahasa Arab Akhiri Rangkaian Kegiatan Muslimah Event II

(STIBA.ac.id) Makassar –  Seminar Alquran dan Bahasa Arab menjadi acara puncak dari rangkaian kegiatan Muslimah Event II. Seminar yang digelar oleh Departemen Diklat BEM Putri dan Bidang Hafalan UKM Raudhatul Huffaazh Putri STIBA Makassar, Ahad, 5 Rabiulawal/3 November 2019 ini berlangsung di Onyx Ballroom Myko Hotel and Convention Center.

Acara ini dihadiri oleh 1.154 peserta dengan bintang tamu seorang hafizh Alquran cilik bernama Zuhrah Maysaroh (Juara III Hafiz Indonesia 2019). Ia hadir bersama ibundanya. Peserta takjub dan haru mendengar pemaparan Zuhrah dan Ibundanya yang mengisahkan perjuangan mereka dalam menghafalkan Alqur’an. Tidak sedikit air mata peserta yang menetes melihat dan mendengarkan motivasi-motivasi ruhiyah  yang mereka bagikan tentang Alquran.

Di acara inti seminar, Ustadzah Dewi Indriani, Lc., S.H., M.H. menyentuh ruh-ruh peserta yang memang butuh untuk dihidupkan kembali dengan nasihat-nasihat Kalamullah. Dalam tausiahnya ia mengatakan, “Alquran adalah inti kehidupan yang memberikan ruh dalam hati seseorang, sehingga ketika tidak dibaca, maka seseorang itu sama seperti orang yang mati.

Dosen STIBA Makassar tersebut juga menekankan keutamaan bahasa Arab sebagai bahasa Alquran. Ia memotivasi agar peserta juga ikut takjub dengan keindahan bahasa Arab sebagai bahasa Alquran.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bagian Keputrian STIBA Makassar Ustadzah Armida, Lc. Dalam sambutan ia mengatakan­ bahwa seorang muslimah seharusnya tidak hanya semangat dalam belajar menghafalkan Alquran, tapi juga dibarengi dengan semangat mempelajari bahasa Arab. Pasalnya, Alquran dan bahasa Arab tidak akan pernah bisa dipisahkan.

Acara ini diselingi dengan persembahan panitia yang memukau dan mengundang decak kagum para peserta, seperti tampilan drama, nasyid dan syair-syair indah berbahasa Arab maupun bahasa Indonesia. Penampilan-penampilan ini turut memengaruhi dan semakin menambah kesadaran, rasa rindu membuncah dan cinta yang kembali bersemi kepada Alquran dan bahasa Arab.

Di akhir acara, panitia mengumumkan peraih juara musabaqah Muslimah Event II yang telah diikuti sebanyak 235 peserta dengan enam macam musabaqah, seperti: Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Cerdas Cermat Qawaid Bahasa Arab, Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz, Musabaqah Hifzhil Qur’an 10 Juz, Musabaqah Pidato Bilingual (Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia) dan Musabaqah Desain Poster. Adapun daftar pemenang musabaqah dari juara I sampai III maupun yang meraih juara harapan sebagai berikut:

Musabaqah Fahmil Quran

1. STIBA Makassar

2. Darul Marhamah (tim  2) Makassar

3. Darul Marhamah (tim 1) Makassar

 

Musabaqah Cerdas Cermat Qawaid Bahasa Arab

1. STIBA Makassar

2. Man 3/PK makassar

3. UNM

 

Harapan 1. Ponpes Rahmatul Asri (Enrekang)

 

Musabaqah Hifzhil 5 juz

1. Mustab Syroh (STIBA Makassar)

2. Sheima Adam Nasir (SMA IT WI Makassar)

3.Nailah Rahma Muidz (SMAN 2 Enrekang)

 

Musabaqah Hifzhil 10 juz

1. Nidaul Haq (STIBA Makassar)

2. Himmah Aliyah (Mahad Khairatul Hisan Sidrap)

3. Salsabila Ramdani (Ponpes Darul Aman Makassar)

 

Musabaqah Pidato

1. Man 3 / PK Makassar

2. SMP Al-Fityan Gowa

3. IAIM Sinjai

 

Musabaqah Design Poster

1.Nur Fadhilah (Ma’had Tahfizhul Quran WI Makassar)

2.Nur Khalisa Salsabila (SMP IT Wahdah Islamiyah Gowa)

3.Nurul Rahmadhani (STIBA Makassar)

 

Harapan 1. Khaerana Rauf (umum)

Reporter: Tim Humas Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image