Sejatinya, setiap Muslim punya niat kuat untuk menunaikan ibadah satu ini. Bayangkan, jika kita dipanggil oleh atasan atau orang yang kita segani, maka secara bergegas kita meresponnya. Tak peduli seberapa sulit kondisi kita saat itu. Namun untuk panggilan haji, yang terjadi justru sebaliknya. Si kaya tak segera merespon panggilan tersebut dengan dalih waktunya belum tepat, atau sayang dengan harta yang telah terlanjur ditumpuk. Yang muda masih mengulur-ulur waktu dengan alasan masih ada hari esok. Si miskin enggan menjawab panggilan tersebut dengan dalih tidak punya harta.
          Memang, mampu menjadi salah satu syarat pergi haji. Namun mampu tak sama dengan menyerah. Mampu harus dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh,sementara menyerah jelas tanpa upaya.
          Jangan-jangan, kita bukan orang yang termasuk tidak mampu berhaji, namun orang yang menyerah untuk bisa berhaji. Tulisan ini untuk mengajak kita menggelorakan niat.
Seruan Bagi Anda yang Mampu
          Lantunan jamaah haji, talbiyah, tahukah Anda dari mana asalnya?
          Inilah jawaban atas pertanyaan Nabi Ibrahim ‘alaihissalamribuan tahun silam. Ketika Allah Subhanahu wa Ta’aalaberfirman kepada beliau, “Wa adzdzin finnaasi bilhajj…” (“Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji…”).
          Ibrahim ‘alaihissalampun bertanya, “Bagaimana mungkin suaraku akan sampai kepada mereka semua, Rabbi?”
          Allah berfirman, “Wahai Ibrahim, engkau cukup menyeru, dan Kamilah yang akan menyampaikannya.”
          Nabi Ibrahim ‘alaihissalampun berdiri di puncak gunung Arafah dan segera berseru, “Wahai manusia! Telah diwajibkan atas kalian ibadah haji, maka kerjakanlah haji…!”
          Kemudian setelah sekian ribu tahun, kita datang dengan melantunkan,
لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ
          “Kami datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah! Kami datang memenuhi panggilan-Mu dan tiada sekutu bagi-Mu. Kami datang memenuhi panggilan-Mu.Sesungguhnya segala puji dan kenikmatan hanyalah milik-Mu semata, begitu juga segala kekuasaan. Tiada sekutu bagi-Mu.”
Tidakkah seruan Ibrahim alaihissalamini telah disampaikan Allah Subhanahu wa Ta’aalakepada Anda? Mengapa Anda tidak bergegas menjawabnya?
          Sungguh, jika yang memanggil kita adalah seorang presiden, maka barangkali kita akan menjual rumah beserta seluruh perabotannya untuk memenuhi panggilan itu.
Ya Allah! Beginilah kami hamba-hamba-Mu yang mengaku cinta kepada-Mu, namun masih sebatas pernyataan di bibir saja.
Allah Subhanahu wa Ta’aalaberfirman (artinya),
“Dan mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup melakukan perjalanan ke Baitullah; barangsiapa mengafiri, maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu)  dari semesta alam.” (QS. Ali Imran: 97).
Perhatikan kata-kata ini: Barangsiapa mengafiri”!Seolah, orang kaya yang merasa tidak membutuhkan ibadah haji, telah memasuki daerah yang amat berbahaya ini.
Firman Allah Subhanahu wa Ta’aalalagi (artinya),
“Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai onta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.” (QS. Al Hajj: 27).
Kata-kata “wa’adzdzin” (“dan berserulah”) memiliki pengaruh dalam jiwa. Setiap kali mendengarnya, kita pun teringat kepada seruan “adzan” yang dilantunkan dalam suara keras yang didengar semua orang. Subhanallah!Seolah Allah Subhanahu wa Ta’aalamenginginkan agar panggilan haji ini betul-betul memenuhi telinga kita. Sudahkah seruan ini sampai ke telinga Anda?
Kemudian kata “rijaalan” (dengan berjalan kaki), dan “Dhaamirin(“onta yang kurus”) yang kecapaian, serta “fajjin ‘amiiq” (“dari segenap penjuru yang jauh”), yaitu dari segenap pelosok negeri, yang terpencil sekalipun.
Bisakah Anda bayangkan? Apakah Anda juga berpikir, mengapa mereka datang beramai-ramai? Tidakkah Anda berharap Anda termasuk di antara mereka?
Seruan haji telah sampai. Sambutlah seruan ini, meski tempat Anda bagitu jauh.
Ibadah yang Dirindu Hati
          Bagaimana mungkin seorang Muslim tidak merindukannya? Padahal janji-janji Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallamterekam jelas dalam kitab-kitab hadits,
] مَنْ حَجَّ هَذَا الْبَيْتَ فَلَمْ يَرْفُثْ وَلَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ[
“Barangsiapa berhaji ke Baitullah, tanpa berkata/berbuat kotor maupun berbuat kefasikan, maka ia akan kembali (pulang dalam keadaan suci) seperti saat ia dilahirkan oleh ibunya.”(Muttafaqun ‘alaihi).
Demikian pula kabar gembira dari beliau shallallahu ‘alaihi wasallam,
]الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لمِاَ بَيْنَهُمَا وَالْحَجُّ الْمَبْرُوْرُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ[
“Antara satu umrah dengan umrah lainnya, adalah kaffarah (penebus) dosa-dosa yang dilakukan antara kedua umrah itu. Dan haji yang mabrur tidaklah mempunyai balasan yang setimpal selain surga.” (Muttafaqun ‘alaihi).
Selagi Masih di Dunia
          Firman Allah Ta’ala(artinya),
          “Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara mereka, dia berkata, “Ya Rabbku! Kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku bisa berbuat amal shaleh terhadap yang telah aku tinggalkan…”(QS. Al Mukmin: 99-100).
          Dalam menafsirkan “terhadap yang telah aku tinggalkan”,Ibnu Abbas—radhiyallahu ‘anhuma—berkata, “Ia telah meninggalkan haji dan zakat, padahal seharusnya ia berhaji… Maka ia pun memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’aalauntuk kembali ke dunia agar bisa menunaikan ibadah haji.”
Dan alhamdulillah, kita masih berada di dunia! Maka tunaikanlah haji jika sebenarnya Anda adalah orang yang mampu.
Wallahu Waliyyut Taufiq

Loading

Tinggalkan Balasan