Dunia di Mata Mereka

Konser Lady Gaga terus menuai polemik di berbagai media massa. Padahal “Gaga” itu sendiri  memiliki arti kekosongan pikiran yang identik dengan  mind control dan sarat dengan simbol-simbol satanism dan illuminaty.  Sikap pro-kontra masyarakat pun bermunculan. Pihak Polda Metro Jaya,  didukung sejumlah ormas, pejabat dan budayawan tetap bersikukuh merekomendasikan dibatalkannya konser tersebut. Namun tetap saja ada yang merestui  konser 3 Juni mendatang itu, baik dari kalangan pejabat, artis, budayawan bahkan umat Islam sendiri.

Timbul pertanyaan, “Kenapa untuk urusan penolakan konser, umat Islam begitu lemah di tengah negeri komunitas muslim terbesar?” Padahal di negeri non muslim saja; Cina, Korea, Filipina, Korea Selatan dan Australia bisa dicekal.
Rasululllah `telah menjawab, “Nyaris orang-orang kafir menyerbu dan membinasakan kalian, seperti halnya orang-orang menyerbu makanan di atas nampan”. Sahabat bertanya, “Apakah karena sedikitnya kami waktu itu?” Beliau melanjutkan, “Bahkan kalian waktu itu banyak, tetapi kalian seperti buih di atas air. Dan Allah mencabut rasa takut musuh-musuh terhadap kalian serta menjangkitkan pada hati kalian penyakit wahn”. Mereka lalu bertanya, “Apakah wahn itu ya Rasulullah?” “Cinta dunia dan takut mati”. (HR. Ahmad).
Inilah akar permasalahan penyakit  umat yang mesti diobati. Jundab bin Abdullah zmengatakan, “Mencintai dunia adalah pangkal segala kesalahan”.  Ketika terpesona oleh kemegahan dunia. Orang-orang kafir justru akan bertepuk tangan melihat umat Islam berlomba-lomba mengejar dunia. “Suatu hal yang paling saya takutkan menimpa kalian sepeninggalku adalah jika gemerlap duniawi dihamparkan untuk kalian.” (Muttafaqun ’alaihi).
Ketika, “Surga itu dikelilingi dengan hal-hal yang tidak disukai dan neraka itu dikelilingi hal-hal berbagai macam syahwat.” (HR. Bukhari Muslim), maka yang haram bisa saja dibenarkan oleh hawa nafsu.
Dunia memang manis menawan, disuguhi berbagai kenikmatan dan syahwat. Apalagi godaan harta dan wanita. Rasulullah `bersabda, “Sesungguhnya dunia itu manis menawan. Dan sesungguhnya Allah memberikan penguasaanya kepada kamu sekalian, kemudian Dia melihat apa yang kamu kerjakan. Maka berhati-hatilah kamu terhadap (godaan) dunia dan wanita. Karena sesungguhnya sumber bencana Bani Israil adalah wanita” (HR. Muslim).
Nilai Sebuah Dunia
Suatu ketika Ali bin Abi Thalib zpernah didatangi seorang yang memuji dunia maka ia mengatakan, “Dunia terus membelakangi kita, sementara akhirat terus menghadapi kita. Dan keduanya mempunyai anak-anak. Maka jadilah kalian anak-anak akhirat dan jangan mau menjadi anak-anak dunia. Sesungguhnya hari ini hanyalah amal dan tak ada perhitungan, sementara esok yang ada hanyalah perhitungan dan tak ada lagi  kesempatan beramal.”
Manusia yang mengejar dunia ibarat sedang memperebutkan bangkai. Begitulah penggambaran Rasululah `ketika menemukan bangkai lalu bertanya pada sahabatnya, “Mengapa bangkai ini dibiarkan saja oleh pemiliknya?” Jawab sahabat, “Oleh karena bangkai itu tak berharga lagi bagi pemiliknya”. Maka Nabi `bersabda, “Demi Allah yang menguasai diriku, dunia itu lebih rendah dalam pandangan Allah daripada bangkai kambing dalam pandangan pemiliknya.  Beliau juga pernah mengatakan, “Kalaulah dunia di sisi Allah senilai dengan sehelai sayap nyamuk, niscaya Allah tak akan memberi minuman orang kafir meski hanya seteguk daripadanya.” (HR. Tirmidzi).
Ibnul Qoyyim juga mengatakan, “Dunia bagaikan wanita pelacur yang tidak pernah menetap dengan satu laki-laki, ia meminta dipinang laki-laki hanya agar mereka meladeninya dan ia tidak puas selain dengan laki-laki asusila”. Orang yang sudah memiliki satu gunung emas tidak akan pernah puas sampai ingin menambahnya lagi.
Lanjut kata beliau, “Dunia itu tak sebanding dengan langkah kakimu untuk menjemputnya, namun mengapa engkau malahan menjemputnya dengan berlari?” Tidak perlu tergesa-gesa apalagi mengejar dunia belaka. Karena dunia juga ikut sendirinya di saat kita mengejar akhirat. Ibarat menanam padi (akhirat) dan rumput (dunia). Menanam rumput jangan mengharap tumbuh padi. Menanam padi rumput pun akan tumbuh sendiri.  
Dunia yang awalnya adalah kepayahan, akhirnya kemusnahan, yang halal akan ada hisabnya sedang yang haram ada hukumannya, siapa yang memburunya akan memperoleh godaan. Dan siapa yang memerlukannya akan memperoleh kesedihan, begitulah Ali bin Abi Thalib radiallahu ‘anhu mengilustrasikan dunia. Sebagian ahli zuhud juga berpesan, “Tinggalkanlah dunia untuk pemuja-pemujinya, sebagaimana mereka tinggalkan akhirat untuk pemiliknya”.
Seorang penyair mengibaratkan dunia, “Itu hanyalah mimpi tidur atau bagaikan naungan yang akan musnah. Orang cerdas tak bakalan tertipu terhadap yang semisal. Dunia hanyalah sesaat, maka jadikanlah ketaatan. Sedang jiwa berkecenderungan rakus, maka biasakanlah puas terhadap kesederhanaan ”. 
Di kesempatan lain, Ali bin Abi Thalib z juga pernah didatangi seseorang. Kali ini justru mencela dunia maka beliau mengatakan,  “Dunia adalah tempat kebenaran bagi yang jujur dengannya. Tempat kesuksesan bagi yang faham tentangnya. Tempat kekayaan bagi yang berbekal dengannya. Tempat turunnya wahyu Allah. Tempat shalatnya para malaikat. Tempat sujudnya para nabi. Tempat berdagangnya para wali-wali  Allah. Beruntunglah di dalamnya yang mendapatkan rahmat-Nya. Dan juga mendapatkan surga-Nya”.
Dunia tempat kebenaran bagi orang yang memahaminya. “Dan kehidupan dunia ini hanyalah sendau gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka  mengetahui” (QS. al-Ankabut: 64). Jika dunia adalah tempat mengumpulkan kekayaan, maka tidak ada kekayaan (perbekalan) yang lebih baik daripada taqwa. “Berbekallah, karena sebaik-baik bekal adalah taqwa (QS. al-Baqarah: 197)”.
Dan dunia adalah sebaik-baik tempat berdagang mengumpulkan keuntungan sebanyak mungkin,  “Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu.” (QS. as-Shaff: 10-11).
Ibnu Mas’ud zmenasihatkan,  “Siapa yang menginginkan akhirat, maka ia akan mencederai dunianya. Sebaliknya siapa yang menginginkan dunia ia akan mencederai akhiratnya. Wahai kaumku maka cederailah yang fana untuk peroleh yang kekal”.
Kita meletakkan dunia di tangan dan akhirat di hati. Suatu saat jika harus diambil, maka tangan akan mudah melepaskan dunia. Karena,  “Siapa yang jiwanya mulia, maka dunia baginya terasa sepele (remeh temeh)” seperti kata Ibnu Hanafiyah.  Allah Uberpesan, “Wahai manusia, janji Allah adalah benar, maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakan kamu dan jangan (pula) penipu (setan) memperdayakan kamu dalam (menaati) Allah (QS. Luqman: 33).
Tentu kehidupan dunia ini hanyalah tempat persinggahan, “Permisalan dunia tiada lain sebagaimana seorang yang bernaung di bawah pohon, kemudian ia beristirahat lalu meninggalkannya (HR. Tirmidzi)”. Tidak ada waktu untuk berlama-lama apalagi terpedaya dengan dunia. Seorang musafir jika melihat suatu pohon di hari yang panas, tak relevan jika ia membangun rumah di bawahnya kecuali sekedar keperluannya saja.
Isa bin Maryam menasihatkan, “Siapa yang sudi membangun negeri di atas gelombang laut? Itulah dunia. Maka jangan engkau jadikan sebagai hunian”. Begitupula, “Seberangilah dunia, jangan engkau dirikan bangunan padanya” (Musa). Karena, “Semua yang ada di bumi itu akan binasa” (QS. ar-Rahman : 26).&
Muhammad Scilta Riska.

Loading

Tinggalkan Balasan