Di bawah bimbingan langsung pemimpin pertama Islam, kaum muslimin bersatu padu. Kemudian kepemimpinan itu dilanjutkan oleh khalifah pertama, Abu Bakar ash-Shiddiq . Sepeninggal beliau, tampuk khilafah diemban oleh al-Faruq Umar bin Khattab .
Umat Islam masih padu, tak ada paham-paham yang menyimpang tapi menisbatkan diri kepada Islam. Para sahabat di bawah kepemimpinan sang khalifah hidup bersama, bahu membahu menyebarkan Islam ke seluruh pelosok bumi. Mengangkat bendera jihad, meninggikan kalimat tauhid, dan merealisasikan firman Allah: “Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci.” (QS. Ash-Shaf: 9). Terbukti, Islam pada saat itu, di bawah pimpinan Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq  dan al-Faruq Umar bin Khatthab —yang keduanya juga merupakan mertua Rasulullah —tersebar luas hingga ke negeri para penyembah api, Persia (Iran saat ini). “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. An-Nur: 55).

ANTARA KHULAFA’ AR-RASYIDIN DAN AHLUL BAIT
Bukti Ikatan Cinta di antara Khulafa’ ar-Rasyidin dan Ahlul Bait Pemberian Nama Ahlul bait memberi nama putra putri mereka dengan Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Aisyah. Hal ini sudah barang tentu menunjukkan kecintaan ahlul bait kepada para Khulafa‟ ar-Rasyidin dan istri Rasulullah , Aisyah radhiyallahu anha. Masuk akalkah seseorang memberi nama putra-putrinya dengan nama musuh-musuhnya?

Hubungan Pernikahan
Di kalangan masyarakat Arab, hubungan keluarga melalui pernikahan mempunyai posisi istimewa. Mereka sangat berbangga dengan bapak-bapak dan keturunan. Dari situ mereka pun merasa bangga atas suami putri-putri mereka dan kedudukan mereka. Orang Arab tidak akan menikahkan putri mereka dengan orang-orang yang mereka pandang berderajat rendah. Hal ini lazim di kalangan mereka. Bahkan pandangan seperti itu juga terdapat pada bangsa-bangsa lain. Contoh pertama: Saudara perempuan Hasan dan Husein dinikahkan oleh bapaknya dengan Umar bin Khathab . Dapatkah kita katakan, bahwa Ali  menikahkan putrinya atas dasar takut kepada Umar? Manakah keberanian Ali? Mana pulakah rasa sayang beliau kepada putrinya? Mungkinkah beliau akan menyerahkan putri beliau kepada orang zhalim? Manakah sikap kecemburuan beliau kepada agama Allah? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang tiada pernah berakhir.

Ataukah Ali  menikahkan putri beliau (Ummu Kultsum) dengan Umar atas dasar
cinta kepada Umar dan senang kepada beliau? Memang Umar  telah menikah dengan cucu Rasulullah  dengan pernikahan yang sah. Pernikahan ini membuktikan adanya jalinan kasih sayang antara dua keluarga ini. Betapa tidak, bahkan Rasulullah  sendiri menikah dengan putri Umar, Hafshah radhiyallahu „anha. Dengan begitu hubungan ini telah terjalin erat di antara dua keluarga sebelum pernikahan Umar dengan Ummu Kultsum binti Ali. Contoh kedua: Cukuplah kiranya pernyataan Imam Ja’far ash Shadiq rahimahullah yang menyatakan, “Saya dilahirkan oleh Abu Bakar dua kali!” Tahukah Anda siapakah ibu Ja’far ash-Shadiq? Beliau bernama Ummu Farwah binti Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar. Pembaca budiman, mengapa Ja’far—rahimahullah—menyebut nama Abu Bakar, dan tidak menyebut Muhammad bin Abu Bakar? Memang, beliau terang-terangan menyebut nama Abu Bakar karena sebagian orang Syiah mengingkari keutamaan beliau. Sedang putra beliau Muhammad, Syiah sepakat atas keutamaannya. Sekarang bagaimana menurut Anda, dengan siapa seseorang berbangga?

Pujian-pujian Ahlul Bait kepada para Khulafa’ ar-Rasyidin
Ahlul Bait dan keturunan-keturunnya yang merupakan Imam-imam Syiah banyak mengutarakan pernyataan-pernyataan memuji para sahabat . Ada banyak riwayat yang menjelaskan pujian-pujian terhadap Khulafa’ ar-Rasyidin (Khalifah empat yang lurus) dan Ummahaat al-Mukminiin (Ibu-ibu bagi orang beriman) dan sahabat lainnya. Sekiranya dihimpun, tentu akan menjadi kitab yang berjilid-jilid.

ISU PERPECEHAN ANTARA SAHABAT DAN AHLUL BAIT
Isu perpecahan antara para sahabat dan ahlul bait mulai dihembuskan oleh pendiri sekte Syiah, Abdullah bin Saba‟. Seorang Yahudi yang mulai memproklamirkan keislamannya pada masa pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan . Hal ini juga diakui dalam buku-buku referensi Syiah. Menurutnya, pengganti Rasulullah  setelah wafatnya adalah ahlul baitnya, yaitu Ali bin Abi Thalib . Sehingga kekhalifahan Abu Bakar, Umar bin Khatthab dan Utsman bin „Affan  tidak sah.

SUNNI SYIAH BERSATU?
Salah satu rukun iman Syiah, rukun iman ke-3 adalah Imamah. Yaitu wajibnya meyakini keimamahan bagi Ali  dan 11 keturunannya dari jalur Husain . Maka bagi siapa yang tidak meyakini imamah, dan sebaliknya justru mengakui sahnya kekhalifahan Abu Bakar, Umar dan Utsman  maka telah keluar dari Islam. Dalam Biharul Anwar jilid 23 hal 391, al-Majlisi, salah seorang ulama rujukan Syiah mengatakan, “Seluruh penganut Syiah imamiyah sepakat bahwa siapa saja yang mengingkari imamah salah satu dari para imam dan menolak kewajiban yang digariskan Allah atasnya yaitu menaati mereka, maka dia adalah kafir dan sesat, terancam masuk neraka dan kekal di dalamnya.” Di sini jelas bahwa penganut Syiah Imamiyah sepakat bahwa ahlussunnah adalah kafir, sesat dan layak masuk neraka dan kekal di dalamnya.

Khomeini—yang juga disebut Syiah sebagai imam—mengatakan dalam kitabnya Al Arba’un Haditsan hal 512, “Seperti disebutkan dalam hadits bahwa mengakui wilayah ahlulbait dan
mengenal mereka adalah syarat diterimanya amalan, maka hal itu sudah disepakati, bahkan menjadi ajaran pokok mazhab Syiah yang suci, dan hadits yang memuat hal itu melebihi kemampuan buku ini untuk menuliskan seluruhnya, dan lebih dari derajat mutawatir…” Di sini lebih jelas lagi, bukan hanya mengklaim hanya dirinya yang benar tetapi juga menyatakan amalan ahlussunnah tertolak di akhirat karena tidak mengakui 12 imam Syiah. Dari sini perbedaan antara Ahlussunnah dan Syiah bukanlah sekadar perbedaan mazhab dalam hal furu’. Karena perbedaan pendapat dalam hal furu’ tidaklah menyebabkan orang jadi kafir. Sampai di sini pembaca mulai dapat mengukur jarak perbedaan yang ada. Seorang ulama Syiah bernama Ni’matullah Al-Jazairi dengan tegas dan gamblang mengungkapkan sisi perbedaan antara Syiah dan ahlussunnah, “Kami tidak mengakui tuhan, nabi dan imam yang mereka ikuti, karena mereka mengatakan Tuhan mereka adalah yang mengutus Muhammad sebagai nabi, dan khalifah sepeninggalnya adalah Abu Bakar, kami tidak mengakui tuhan mereka, juga nabi mereka, kami mengatakan, “Tuhan yang khalifah nabinya adalah Abu Bakar bukanlah tuhan kami, juga nabinya bukanlah nabi kami.” Dapat dilihat dalam Al Anwar An-Nu’maniyah Jilid 2 hal 279. Artinya, Ahlussunnah menyembah tuhan lain selain Allah, dan mengikuti nabi selain Muhammad . Mengapa? Karena Ahlussunnah tidak mengakui adanya imamah, pokok penting dalam ajaran Syiah. Akhirnya, Ahlussunnah harus menerima kenyataan bahwa ia bukanlah orang Islam seperti yang dijelaskan di atas.

Penjelasan ini membuat kita sadar bahwa perbedaan antara Sunni dan Syiah adalah seperti berbedanya Islam dengan agama lain, karena ulama Syiah menyebut mereka yang tidak mengakui imamah ahlul bait sebagai kafir, menyembah Tuhan lain dan tidak diterima amalnya. Kutipan ini hanyalah sedikit dari pernyataan ulama Syiah. Lalu, mungkinkah orang kafir bersatu dengan orang beriman? Mungkinkah ajaran Islam disatukan dengan ajaran orang kafir? Jelas tidak mungkin. Barangkali kita sering mendengar bahwa konflik antara Ahlussunnah dan Syiah adalah disebabkan oleh provokasi musuh Islam. Perkataan ini bisa jadi benar dan bisa jadi salah. Jika memang provokator pertikaian Ahlussunnah dan Syiah dianggap sebagai musuh Islam, maka apakah ucapan dan kutipan dari penyataan ulama-ulama Syiah di atas mencerminkan semangat persatuan atau memantik pertikaian? Lalu apakah ulama yang mengatakan ucapan-ucapan di atas bisa dikatakan musuh Islam? Jelas ucapan mereka di atas memantik permusuhan, karena dengan jelas menganggap selain Syiah sebagai kafir dan ditolak seluruh amal ibadahnya. Sebagaimana orang kristen memandang kaum muslimin adalah kafir. Maka apakah salah jika dikatakan Ahlussunnah menganggap Syiah sebagai kafir karena anggapan Syiah yang mengatakan bahwa selain Syiah adalah kafir?
Ternyata ucapan ulama di atas masih tercantum dalam literatur Syiah sampai hari ini. Tak pernah ada upaya untuk mengingkari
dan mengadakan upaya reformasi terhadap ajaran yang memantik pertikaian ini. Mestinya ustadz-ustadz Syiah mereformasi dulu ajaran Syiah baru memulai mengajak persatuan mazhab. Sayangnya, mereka tidak berkompeten untuk mengoreksi ulamanya sendiri, karena mengoreksi mereka berarti mengoreksi mazhab “ahlulbait”, di mana salah satu ajaran pokoknya adalah imamah. Apalagi pendapat bahwa syarat diterimanya amalan adalah iman pada imamah ahlulbait, seperti kata Khomeini di atas.
Menggugat pokok ajaran Syiah yang suci berarti keluar dari Syiah. Maka keyakinan ini mustahil untuk dikoreksi. Tinggal alibi-alibi yang selalu keluar dari mulut mereka, namun tidak akan dapat mengubah kenyataan yang tertulis dalam buku mereka.
Tragisnya, konsep imamah mau tak mau berkonsekuensi terhadap pencelaan, laknat dan pengafiran para sahabat khususnya para khalifah yang telah merampas imamah—menurut Syiah—dari Ali radhiyallahu „anhu.
Kalaulah sekiranya celaan mereka hanya ditujukan kepada kita saja, niscaya kita akan maafkan. Tak perlu Seminar Internasional untuk mewujudkan persatuan umat, karena Sunni-lah yang akan pertama mewujudkan itu. Sayangnya, celaan dan laknat itu mereka tujukan kepada keluarga, sahabat, istri-istri, mertua, dan menantu Rasulullah  yang dimuliakan oleh Sunni. Lalu persatuan macam apa yang mereka harapkan? Wallahul Haadi Ilaa Aqwam Ath Thoriq

Dari berbagai sumber

Loading

Tinggalkan Balasan