Tanggal12 Rabi’ul Awwal merupakan hari kelahiran Rasulullahr, menurut salah satu pendapat. Sudah menjadi tradisibagi sebagian besar kaum Muslimin di Indonesia untuk memperingati maulid (hari kelahiran) Nabi r. Bahkan sebagian orang yang hampir tidak pernah terlihat melaksanakan shalat lima waktu pun, sangat antusias ketika tiba bulan maulid.Tanpa pikir panjang mereka akan turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, berapa pun dana yang harus mereka kucurkan. Seolah-olah maulid adalah suatu  ibadah yang wajib untuk dilaksanakan bahkan melebihi kewajiban shalat lima waktu.
          Maulid dianggap sebagai hari besar (hari raya) yang harus diperingati secara rutin tiap tahun. Peringatan secara rutin dan terus menerus dalam istilah Arab disebut dengan Ied, sedangkan kalau kita mau meneliti dalam kitab-kitab hadits, bab tentang hari raya, di dalamnya biasanya tertulis Kitabul ‘Iedain(kitab tentang dua hari raya atau hari besar), maksudnya Idul Fithri dan Idul Adha.
          Dari sini jelas sekali bahwa hari besar dalam Islam yang diperingati secara rutin tiap tahun hanya ada dua hari saja, yaitu Idul Fithri dan Idul Adha. Sekiranya ada hari besar lain yang waktu itu dirayakan oleh Rasulullah r dan para sahabatnya, tentu kaum muslimin mulai zaman sahabat, tabiin dan tabiut-tabiin sudah lebih dahulu melakukannya. Sebagaimana mereka merayakan Idul Fithri dan Idul Adha secara mutawatir, tanpa ada khilaf (perbedaan pendapat), dan sudah barang tentu juga akan dijelaskan adab-adabnya dan bagaimana praktiknya.
BEBERAPA ALASAN MENGAPA KITA TIDAK PERLU MEMPERINGATI MAULID
1. Merupakan amalan baru yang tertolak
          Rasulullah r bersabda, “Barangsiapa mengada-adakan (sesuatu hal baru) adalam urusan (agama) kami, padahal amalan itu bukan berasal dari agama ini, maka amalan tersebut tertolak.”   ( HR.Bukhari dan Muslim). 
2.  Menyelisihi sunnah Nabi r dan Khulafaur Rasyidin
          Nabi r bersabda,
 ]فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فسيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّيْنَ مِنْ بَعْدِيْ [
“Sesungguhnya barangsiapa diantara kalian yang dipanjangkan umurnya, maka ia akan melihat banyak terjadi perselisihan (dalam agama), maka hendaklah kalian berpegang teguh pada sunnahku dan sunnah khulafaur Rasyidin yang mendapat petunjuk Allah setelahku.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).
3. Mengambil ajaran bukan dari Nabi r
          Firman Allah U, artinya, “Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah; dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya.” (QS. Al Hasyr: 7).
4. Tidak pernah dicontohkan dan diteladankan oleh Nabi r
          Firman Allah U, artinya, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (keda-tangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab: 21).
5. Agama Islam telah sempurna, tidak perlu penambahan ajaran baru lagi
Firman Allah U, artinya, “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhai Islam itu jadi agamamu.” (QS. Al Maidah: 3).
Mereka yang memperingati Maulid seakan-akan menganggap bahwa;
@Allah I belum menyempurnakan agama ini untuk hamba-hamba-Nya.
@Rasulullah r belum menyampaikan segala hal yang sepantasnya diamalkan oleh umatnya.
@Para sahabat y belum menyampaikan bagaimana cara mengagungkan Rasulullah r dan mencintai serta menghormati beliau dengan penghormatan yang semestinya, sebagaimana yang dilakukan oleh orang yang datang setelah mereka.
          Padahal Rasulullah r telah bersabda, “Tidaklah Allah mengutus seorang nabi, melainkan diwajibkan baginya untuk menunjukkan kepada ummatnya jalan kebaikan yang diketahuinya kepada mereka.” (HR. Muslim).
          Seandainya upacara peringatan maulid itu betul-betul datang dari agama yang diridhai Allah I, niscaya Rasulullah r akan menerangkan kepada ummatnya atau beliau mengerjakannya semasa hidupnya, atau paling tidak diamalkan oleh para sahabatnya y.
Hudzaifah bin Yaman t berkata, “Setiap ibadah yang tidak dilakukan oleh sahabat Rasulullah r, maka janganlah kalian melakukannya.”
          Imam Maliktpernah berkata, “Barangsiapa yang melakukan bid’ah dalam Islam dan menganggapnya sebagai bid’ah hasanah (baik), maka sungguh ia telah menyangka bahwa Muhammad r telah berbuat khianat dalam penyampaian risalah (tidak menyampaikan semua risalah).”
6. Memperingati maulid bukan indikator cinta kepada Rasulullah r
          Berapa banyak orang yang menghidupkan perayaan ini, namun mereka adalah orang-orang yang jauh dari petunjuk Rasulullah r, menganggap remeh shalat apalagi shalat berjamaah di masjid.
          Kecintaan yang sebenarnya kepada Rasulullah r adalah sebagaimana yang Allah U kehendaki dalam firman-Nya, (artinya), “Katakanlah, jika kamu benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihimu.” (QS. Ali Imran: 31).
Dan sabda Rasulullah r,  
“Setiap ummatku akan masuk surga kecuali yang enggan.” Mereka (sahabat) bertanya, “Siapa yang enggan, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Siapa yang taat kepadaku akan masuk surga, dan siapa yang berbuat maksiat kepadaku maka ia adalah orang yang enggan.” (HR. Bukhari).
          Jadi kecintaan yang sebenarnya terhadap beliau r adalah dengan cara mengikuti beliau dengan berpegang teguh kepada petunjuknya dan mengikuti jalannya, serta menjadikannya sebagai teladan, baik dalam ucapan maupun perbuatan serta kelakuan dan akhlak beliau r.
7. Membuat ajaran baru dalam Islam merupakan seburuk-buruk perkara
          Sebagaiamana disebutkan dalam hadits dari Jabir bin Abdullah t, bahwasanya Rasulullah r sering mengatakan dalam khutbahnya,
“Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah firman Allah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad r, dan seburuk-buruk perkara adalah yang dibuat-buat, dan setiap bid’ah itu sesat.” (HR. Muslim).
8. Merupakan sikap tasyabbuh (menyerupai) terhadap kaum Nasrani
          Perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang menyerupai orang-orang Nasrani yang memperingati kelahiran Isa u, sedangkan kita telah dilarang untuk menyerupai mereka dan mengikuti peringatan-peringatan hari raya mereka. Rasulullah r bersabda, (artinya),
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongannya.” (HR. Abu Daud dan Ahmad).
          Belum lagi jika dalam acara tersebut terdapat ghuluw (sikap berlebihan) terhadap Nabi r, misalnya berkeyakinan kalau Nabi r datang dalam acara tersebut dan bisa menjawab doa mereka, ikhtilath (bercampur baur antara pria dan wanita yang bukan mahram), atau diselingi dengan pentas musik dan sebagainya.
9. Hari kelahiran Rasulullah r merupakan hari wafat beliau juga, yaitu pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal, apakah termasuk bukti cinta ketika kita justru bergembira pada hari tersebut—Wallahu al Musta’an.
AMAL SHALEH TIDAK CUKUP HANYA DENGAN NIAT YANG BAIK   
          Islam telah mengajarkan bahwa suatu amal dikatakan shaleh dan dapat diterima oleh Allah, selain harus diniatkan dengan ikhlas, juga harus mengikuti cara dan petunjuk yang dibawa oleh Nabi r. Karena kalau kita lihat dalam Al-Qur’an, orang kafir yang dikatakan oleh Allah sebagai orang yang paling rugi amalnya ternyata penyebabnya adalah karena mereka salah prediksi (perkiraan). Mereka sangka apa yang mereka lakukan adalah kebaikan-kebaikan sebagaimana yang mereka niatkan, padahal sebenarnya adalah kesesatan.
          Firman  Allah I, artinya, “Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya. Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedang mereka menyangka bahwa mereka telah berbuat sebaik-baiknya.” (QS. Al Kahfi: 103-104).
          Dan yang lebih memilukan hati kita adalah ketika amalanitu tidak sekadar tertolak, tapi juga dianggap sebagai perbuatan yang sesat, sebagaimana sabda Rasulullah r, “Setiap hal yang baru (dalam urusan agama) adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat.” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah).
Wallohul Muwaffiq Ilaa Sawaai Assabiil

Sumber: Al Fikrah No. 17 Tahun V, 13 Rabi’ul Awwal 1426 H/22 April 2005 M

Loading

Tinggalkan Balasan