Orang tua, tahukah Anda siapa mereka? Kedua orang tua adalah sebab eksistensi manusia. Bagi keduanyalah  sepantasnya bakti terbaik dipersembahkan. Sang ayah tak kenal letih mencari nafkah. Adapun ibu, cukuplah rasa perih tak terperi saat melahirkan kita sebagai alasan untuk berbakti.

Syukur kepada Allah l atas nikmat penciptaan dan keberadaan kita di bumi ini, kemudian syukur kepada kedua orang tua kita atas nikmat tarbiyah dan yang telah melahirkan kita ke dunia ini.

Abdullah bin Abbas E berkata, “Ada tiga ayat yang terkait dengan tiga hal, di mana tidak akan diterima salah satunya jika tidak diikuti dengan hal yang menyertainya tersebut:

1.   “Dan taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul, jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban Rasul Kami hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang.”  (QS. Ath-Thaghabun: 12). Barangsiapa menaati Allah tapi tidak taat kepada Rasulullah `, maka ketaatannya itu tak akan diterima.

2.   “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat.” (QS. al-Baqarah: 43). Barangsiapa mendirikan shalat, tapi tidak menunaikan zakat maka shalatnya tak ada arti baginya.

3.     “Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu.” (QS. Luqman: 14). Maka barangsiapa hanya bersyukur kepada Allah lalu melupakan jasa-jasa kedua orang tuanya, syukurnya itu tak akan diterima di sisi Allah l.

Karena persoalan inilah, Allah banyak mengulang wasiat dan mewajibkan untuk berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua. Demikian pula peringatan keras akan bahaya durhaka dan berlaku buruk kepada keduanya. Allah berfirman, artinya, “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak.” (QS. An-Nisa: 36).

Berbuat baiklah kepada keduanya, bagaimana pun rupa dan caranya. Allah berfirman, artinya, “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu..”(QS. Luqman: 14).

Ayat-ayat ini telah cukup menjelaskan akan hak, keutamaan mereka yang besar atas anak-anak mereka. Dan terkhusus bagi sang ibu yang telah mengandung dengan susah payah. Adapun proses melahirkan, maka itu adalah pergumulan dengan maut. Tak ada yang tahu beratnya penderitaan saat proses melahirkan selain para ibu yang telah menjalani masa tersebut.

Hadits-hadits Rasullullah ` pun telah memberikan penegasan akan wajibnya berbakti kepada kedua orang tua.

Rasulullah ` bersabda, “Ridha Allah tergantung kepada ridha kedua orang tua, dan kemurkaan-Nya tergantung pada kemurkaan kedua orang tua.” (HR. Thabrani, dishahihkan al-Albani).

     Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah r dan meminta izin untuk ikut serta berjihad, maka beliau r bertanya,

“Apakah salah seorang dari kedua orang tuamu masih hidup? Dia berkata, “Ya, keduanya masih hidup”. Beliau bersabda, “Bukankah kamu mengharapkan pahala dari Allah?” Dia berkata, ”Ya”. Maka Rasulullah r bersabda, “Kembalilah kepada kedua orang tuamu dan pergaulilah mereka berdua dengan baik.(HR. Muslim).

Dari Abu Bakrah t ia berkata bahwasanya Rasulullah r bersabda, “Maukah kalian aku sampaikan tentang dosa yang paling besar? Beliau mengulangi pertanyaannya hingga tiga kali. Kami menjawab, “Ya, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Menyekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua.” (HR. Bukhari).

     Dan petunjuk birrul walidain yang terbaik adalah sikap yang telah ditunjukkan oleh para nabi p sebagai simbol panutan dan petunjuk bagi setiap manusia.

Sebagaimana menghormati kedua orang tua adalah tuntunan Nabi kita Muhammad `, maka ia juga adalah petunjuk para nabi sebelum beliau baik melalui perkataan dan perbuatan.

Himbauan Nabi `melalui perkataannya telah kita bahas. Adapun perbuatan beliau, pada peristwa Hudaibiyah, saat Rasulullah `berlalu di kuburan ibunya Aminah bintu Wahb di al-Abwa’—daerah yang terletak antara Makkah dan Madinah—bersama para sahabat dan pasukan beliau yang berjumlah sekira 1.000 orang penunggang kuda. Maka rombongan itu pun berhenti sejenak. Rasulullah ` bergegas menziarahi pusara ibunda tercinta. Saat itu beliau menangis, lalu menangis pula para sahabat yang ada di sekitar beliau. Rasulullah `bersabda, “Aku meminta izin Tuhanku untuk memintakan ampunan baginya tapi Ia tidak mengizinkanku. Lalu aku memohon untuk diizinkan menziarahi kuburnya maka Allah mengizinkanku. Maka berziarah kuburlah kalian karena hal itu bisa mengingatkan kalian kepada kematian.” (HR. Muslim).

Inilah akhlak Nabi Ibrahim Khalil ar-Rahman, bapak para nabi, ketika berbicara kepada ayahnya dengan penuh kesabaran dan kelembutan—meskipun ia adalah seorang kafir—ketika ia berkata, “Wahai, Bapakku!” Kemudian Ibrahim pmenyeru ayahnya untuk menyembah Allah semata dan meninggalkan kesyirikan.  Ketika sang ayah tercinta justru berpaling, bahkan mengancam dengan kekerasan dan pengusiran, yang meluncur dari lisan Nabi Ibrahim p tak lebih dari, “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan meminta ampun bagimu kepada Tuhanku.” (QS. Maryam: 47).

    Di lain ayat, Allah mengabadikan perkataan Nabi Nuh u (artinya), “Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman”. (QS. Nuh: 28).

     Nabi Yahya u juga disifati oleh Allah I demikian yang disebutkan dalam firman-Nya (artinya), “Dan banyak berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka”. (QS. Maryam: 14).

     Demikian pula pengakuan  Nabi Isa u sebagaimana firman Allah I (artinya), Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.” (QS. Maryam : 32).

Demikianlah para nabi ‘alaihimus salam dalam berbakti kepada orang tua mereka.

Dan inilah para salafus shaleh umat ini. Merekalah manusia terdepan dalam berbakti kepada orang tua mereka.

Abu Hurairah E ketika akan keluar rumah, terlebih dahulu berdiri di depan pintu kamar ibunya, lalu berkata, “Keselamatan atasmu beserta rahmat dan berkah Allah wahai hamba Allah.” Ibunya menjawab, “Dan atasmu keselamatan beserta rahmat dan berkah-Nya wahai Anakku!” Lalu Abu Hurairah berkata, “Semoga Allah mengasihimu sebagaimana engkau telah merawatku ketika kecil.” Ibunya menimpali, “Semoga Allah mengasihimu sebagaimana engkau telah berbakti kepadaku di usiaku yang telah tua.”

Adapun Abdullah bin Mas’ud E, pada suatu malam ibunya pernah meminta air. Maka Ibnu Mas’ud pun bergegas mengambil air. Ketika ia datang membawa air ibunya telah tertidur. Maka ia pun menunggu di sisi ibunya hingga pagi. Ia tidak membangunkan ibunya karena takut hal itu akan mengganggu ibunya, tidak pula meninggalkannya karena takut ibunya terbangun dan butuh air tapi ia tidak menemukan Ibnu Mas’ud E.

DURHAKA KEPADA ORANG TUA

Jika kita bandingkan dengan kehidupan kita saat ini, maka kita akan mendapatkan banyak kelalaian yang telah kita lakukan dalam sisi ini. Barangkali, kita telah banyak durhaka kepada kedua orang tua kita. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa dan kelalaian kita.

Ada banyak bentuk dan jenis sikap durhaka terhadap kedua orang tua, sayang sekali banyak yang tidak menyadarinya, di antaranya:

1.   Seorang anak yang merasa lebih tinggi dan mulia dari kedua orang tuanya, sombong dan angkuh di hadapan mereka karena beberapa alasan, karena ia telah kaya raya, atau karena derajat akademiknya maupun pangkat dan jabatannya, dan lain sebagainya.

2.   Sorang yang membiarkan orang tuanya hidup terlantar tanpa memberi mereka nafkah. Akhirnya, orang tuanya hidup dari meminta-minta, dan makan dari belas kasihan orang lain.

3.   Mengutamakan orang lain dari kedua orang tuanya, seperti mendahulukan teman-teman, atau istri, atau bahkan dirinya sendiri.

Sang ibulah yang telah mengandung Anda dalam rahimnya selama sembilan bulan. Kesulitan demi kesulitan, pertumbuhan Anda ketika masih dalam rahim dari hari ke hari akan semakin terasa memberatkan baginya. Lalu ia pun melahirkan Anda dengan susah payah, bahkan maut sebagai taruhannya. Namun demikian, angan-angan dan impian sang ibu telah terfokus pada Anda semata. Ia memandangi Anda dengan penuh kebahagiaan. Kehadiran Anda di bumi ini telah menjadi penambah semangat dan cinta dalam kehidupannya.

Kemudian mulailah sang ibu menyibukkan diri dengan mengurusi Anda siang dan malam. Anda beristirahat di atas keletihannya. Makanan Anda adalah air susunya. Rumah Anda adalah pangkuannya. Kendaraan Anda adalah kedua tangan dan dadanya. Ia rela lapar demi membuat Anda kenyang. Rela begadang agar Anda tidur dengan nyenyak. Jika Anda menghilang dari hadapannya ia akan memanggil-manggil Anda. Ketika Anda ditimpa sesuatu yang kurang Anda senangi, kepadanya Anda mengadu, karena Anda tahu padanya berkumpul semua kebaikan dan perhatian, dan segala keburukan akan terhindar manakala Anda bersandar di dadanya atau ketika matanya mengawasi Anda.

Lalu apakah setelah semua kebaikan ini balasan untuknya adalah kedurhakaan dan pembangkangan kita? Ya Allah, ampunilah kami dan kedua orang tua kami.



Loading

Tinggalkan Balasan