landakSesama hewan landak tidak mungkin saling merapat satu dengan lainnya.
Duri-duri tajam yang menyelimuti tubuhnya adalah penghalang utama mereka untuk melakukan hal di atas. Bahkan kepada anak kandungnya sendiri.

Ketika musim dingin tiba, membawa hembusan badai salju susul-menyusul, serta cuaca dingin yang menggigit tulang, dalam kondisi kritis seperti ini, para landak itu terpaksa saling merapat satu dengan lainnya. Demi menghangatkan tubuh-tubuhnya meski mereka harus berjuang menahan perih dan sakitnya  duri-duri landak lain yang menusuk, melukai kulit-kulit mereka.

Jika sekawanan landak itu telah merasakan sedikit kehangatan, segera saja mereka saling menjauh. Namun jika  rasa dingin kembali merasuk ke dalam tubuh mereka, mereka akan segera merapat lagi. Demikianlah seterusnya, sepanjang malam, landak-landak itu disibukan oleh kegiatan saling menjauh dan saling mendekat.

Merapat terlalu lama akan menimpakan atas mereka banyak luka. Sementara jika mereka saling menjauh dalam waktu yang lama, justru bisa saja rasa dingin menewaskan mereka.

Demikianlah keadaan kita manusia dalam hubungan interaksi sosial antara sesama kita dalam hidup ini, tentu tak seorang manusia pun terbebas dari duri-duri ( kesalahan)  yang mengitari dirinya, demikian halnya orang lain.

Tentu mereka sama sekali tidak akan dapat merasakan kehangatan jika mereka tidak rela bersabar menanggung perihnya duri-duri (kesalahan) orang lain pada saat saling merapat.
Karena itulah, siapa saja yang hendak mencari sahabat tanpa kesalahan, niscaya ia akan hidup sebatang kara.
Barang siapa yang ingin mencari pendamping hidup sempurna tanpa kekurangan, niscaya ia akan hidup membujang.

Barang siapa yang berusaha mencari saudara yang tak akan menimbulkan masalah, niscaya ia akan hidup dalam pencarian yang tiada akhirnya.

Barang siapa yg hendak mencari kerabat ideal dan sempurna, niscaya ia akan lalui seluruh hidupnya dalam permusuhan.

Maka, bersabarlah menanggung perihnya kesalahan orang lain, agar kita dapat mengembalikan keseimbangan dalam hidup ini.

Camkanlah…. Jika Anda ingin hidup bahagia, jangan menafsirkan segala sesuatu, jangan pula terlalu kritis pada segala hal, serta jangan terlalu jeli meneliti segala sesuatu.

Sebab jika seseorang jeli meneliti asal usul berlian, ia akan mendapati ternyata berlian itu bermula dari bongkahan batu hitam.

Diterjemahkan oleh Fadlan Akbar, Lc. dari artikel berbahasa Arab di bawah ini:

لا يُمكن للقنافذ أن تقترب من بعضها البعض ..
فالأشواك التي تُحيط بها تكون حصناً منيعاً لها ، ليس عن أعدائها فقط بل حتى عن أبناء جلدتها ..
فإذا أطلّ الشتاء برياحه المتواصلة وبرودته القارسة اضطرت القنافذ للاقتراب والالتصاق ببعضها طلباً للدفء ومتحملة ألم الوخزات وحدّة الأشواك ..
وإذا شعرت بالدفء ابتعدت .. حتى تشعر بالبرد فتقترب مرة أخرى وهكذا تقضي ليلها بين اقتراب وابتعاد ..
الاقتراب الدائم قد يكلفها الكثير من الجروح ..
والابتعاد الدائم قد يُفقدها حياتها ..
كذلك هي حالنا في علاقاتنا البشرية .. لا يخلو الواحد منا من أشواك تُحيط به وبغيره ولكن لن يحصل على الدفء مالم يحتمل وخزات الشوك والألم ..
لذا ..
من ابتغى صديقاً بلا عيب عاش وحيداً ..
ومن ابتغى زوجةً بلا نقص عاش أعزباً ..
ومن ابتغى أخا بدون مشاكل عاش باحثاً ..
ومن ابتغى قريباً كاملاً عاش قاطعاً لرحمه ..
فلنتحمل وخزات الآخرين حتى نعيد التوازن إلى حياتنا
إذا أردت أن تعيش سعيدا ..
فلا تفسر كل شيء ..
ولا تدقق بكل شيء ..
ولا تحلل كل شيء …
فإن الذين حللوا الألماس وجدوه ( فحماً ) …!!

Loading

Tinggalkan Balasan